Paket Aqiqah Murah Gresik Peduli

By September 9, 2019 Artikel No Comments

Hallo apa kabar masyarakat gresik dan sekitarnya, semoga hari ini anda semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam perlindungan Allah SWT. Nah gimana dengan putra putri anda? apakah sudah di aqiqah? jika ada yang belum di aqiqah mari beraqiqah dengan Aqiqah Berkah. tapi sebelum itu mari kita bersama belajar atau menyimak tentang pengetahuan dari aqiqah dibawah ini.

A. Apa Arti Aqiqah ?

Sebelum anda melaksanakan aqiqah tentunya anda harus tau terlebih dulu dengan arti dari aqiqah, dan kata aqiqah juga memiliki arti yaitu potong dan sembelih.

Maksud dari potong dan sembelih yaitu pada saat aqiqah kita diwajibkan untuk memotong atau menyembelih hewan aqiqah, dan hewan aqiqah tersebut boleh dengan kambing dan boleh dengan domba.

Untuk waktu yang harus dilaksanakan ialah juga harus dengan waktu yang disunnahkan oleh aqiqah. Waktu tersebut dapat dilakukan untuk anda yang sudah mampu, tetapi jika anda belum dapat mampu melakasanakan aqiqah diwaktu yang disunnahkan aqiqah, maka anda dapat melaksanakan aqiqh dilain waktu biasa samapi anda sudah mampu meskipun anak anda sudah tumbur dewasa.

B. Apakah Aqiqah Boleh Dimakan Sendiri ?

Memakan daging aqiqah bagi pelaksana aqiqah adalah diperbolehkan dengan sebagian diberikan kepada orang lain termasuk para fakir miskin, sahabat, dan kerabat.

Walaupun orang orang yang akan diberi tersebut berada jauh dari tempat dilaksanakannya aqiqah. Jadi ketika pada saat daging aqiqah dibagi sebaiknya sisakan sedikit untuk dimakan oleh yang beraqiqah, sebab didalam peraturan aqiqah tidak ada bagian bahwa daging aqiqah harus dibagikan kepada siapa saja dan harus dimakan siapa saja.

Maka dari itu kebanyakan orang yang melaksanakan aqiqah banyak yang memilih dengan kambing jantan, sebab daging kambing jantan lebih banyak dari daging kambing betina. Jadi keluarga maupun orang yang dibagikan bisa merasakan daging aqiqah tersebut secara rata tanpa harus kekurangan.

C. Persiapan Acara Aqiqah

Hal hal yang perlu dipersiapkan untuk acara aqiqah adalah sebagai berikut:

  1. Diawali dengan persiapkan mental, yakinlah bahwa acara bertujuan positif. Kumpulkan sanak saudara dengan kondisi diri yang senang dan tidak ada tekanan. Jangan sampai saat acara berlangsung diri tidak tenang, dan marah marah hanya karena masalah yang sepele.
  2. Tulis semua kebutuhan. Mulai dari rencana dimana akan dilaksanakannya acara, dimana tempat menata barang yang akan dibagikan, atau yang lainnya.
  3. Buat konsep untuk acara aqiqah, agar saat ada kendala ketika acara berlangsung bisa langsung diselesaikan.
  4. Mintalah saran dari orang tua, karena mereka yang lebih tau bagaimana nantinya acara aqiqah tersebut.
  5. Sadarlah akan kemampuan diri, jika tidak punya, pinjamlah kepada orang tua dari pada menyewa pada orang lain yang tentunya akan mengeluarkan biaya.

D. Perlengkapan Acara Aqiqah

Perlengkapan perlengkapan yang sekiranya akan dibutuhkan dalam acara aqiqah adalah sebgai berikut:

  1. Yang paling penting tentunya adalah kambing yang disembelih untuk aqiqah. Dengan jumlah 2 ekor jika anak yang diaqiqahi laki laki, jika perempuan hanya cukup 1 ekor kambing saja.
  2. Alat cukur rambut, yaitu gunting, tempat untuk meletakkaan rambut yang sudah dicukur (bisa mangkok atau yang lainnya), dan nampan untuk menaruh gunting dan tempat untuk menyimpan rambut.
  3. Sound system, jika mengundang banyak orang dan juga untuk memutar lagu lagu sebelum acara dimulai.
  4. Undangan, buat daftar siapa yang akan hadir diacara terlebih dahulu lalu buatlah undangan sebanyak orang yang ada pada daftar tersebut.
  5. Souvenir dan menu makanan, yang nantinya akan dibagikan kepada para tamu yang sudah hadir.

E. Doa Niat Aqiqah

Segala sesuatu yang dilakukan haruslah disertai dengan niat, termasuk ibadah aqiqah jika tidak disertai dengan niat, bisa jadi ibadah tersebut tidak diterima oleh Allah swt.

Jadi, berikut ini adalah bacaan niat yang hendaknya dibaca saat beraqiqah.

“Bismillah Allahu Akbar. Allahumma minka wa laka, hadzihi ‘aqiiqotu fulaan” yang artinya “

dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah fulan”

Kata fulan dalam doa tersebut ditujukan untuk orang yang diaqiqahi. Dan ketika doa tersebut dibaca saat menyembelih, kata fulan tersebut diganti dengan nama anak yang diaqiqahi. Doa ini berdasarkan perkataan dari ‘Aisyah r.a. yang hadits nya diriwayatkan oleh Al-Baihaqy dan dishahihkan oleh Ibnus Sakan

F. Pembagian Daging Aqiqah

Untuk bagian membagi daging aqiqah dapat dibagikan ketempat atau ke masyarakat yang kurang mampu, tidak hanya itu daging aqiqah juga bisa dibagikan kepada teman, sahabat bahkan kerabat jauh, sebab pembagian daging aqiqah boleh dibagikan secara merata karena niat kita tiak hanya membagia daging aqiqah saja tetapi sekaligus memberi kabar gembira atas kehadiran bayi baru serta meminta doa agar sang bayi sehat selalu dan menjadi anak yang sholeh dan sholekah.

Dan karena memasak daging tersebut bisa membutuhkan banyak baya untuk membeli bahan bahan masakan dan bumbu bumbu masakan. Yang belum tentu para orang yang menerima daging tersebut mampu membeli bahan dan bumbu masakan sekaligus memasak daging aqiqah tersebut.

G. Menu Aqiqah Berkah Gresik Yang Enak dan Murah

Banyak sekali variasi menu masakan di Aqiqah Berkah yang belum anda ketahui, diantaranya yaitu menu masakan gule, sate, kambing guling, rendang, dendeng ragi, daging lapis, krengseng dan masih ada lagi menu lainnya.

Dan jika anda ingin juga memesan nasi kotak Aqiqah Berkah juga menyedia beserta dengan lauk pendampingnya. Dan jika anda ingin tau tentang harga masakan di Aqiqah Berkah, berikut kami beri gambaran dibawah ini:

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.