Paket Aqiqah Pondok Gede Peduli

By September 7, 2019 Artikel No Comments

Selamat datang diartikel Aqiqah Berkah untuk anda semua, kali ini Aqiqah Berkah hadir dengan membawa materi tentang Aqiqah dan Qurban. Dari anda semua tentunya ada yang belum mengerti betul mengenai materi tersebut.

Dan dibawah ini nanti kami akan memberi pengetahuan mengenai qurban dan aqiqah tersebut. Oke mari langsung saja kita bahas dibawah ini.

Jelaskan Pengertian Aqiqah dan Qurban

Diawal ini kita akan bahas mengenai penjelasan dari aqiqah dan qurban, namun yang akan bahas terlebih dahulu yaitu tentang aqiqah.

Dan penjelasan dari aqiqah ialah suatu kegiatan atau suatu prosesi ibadah sunnah yang pelaksanaannya dilakukan dengan cara menyembelih dan memotong hewan berupa domba/kambing dengan niat aqiqah dan dilaksanakan di hari ke-7, 14, atau bisa dilaksanakan dihari ke 21 sesudah bayi dilahirkan.

Sedangkan pengertian dari qurban tidak jauh beda dengan penjelasan aqiqah, dan penjelasan dari qurban ialah suatu kegiatan atau juga prosesi penyembeliha hewan yang diantaranya sapi, kambing, domba ataupun unta yang pelaksanaannya dilakukan dihari raya idul adha dan hari tasrik saja.

Jika ibadah dilakukan hanya 1 kali saja dalam hidup dan bebas untuk dilakukan kapan saja. Namun beda dengan ibadah qurban, Dan ibadah qurban dilakukan hanya 1 kali saja dalam setahun namun bisa dilakukan berkali-kali jika ia mampu.

Bagaimana Cara Aqiqah Menurut Islam ?

Cara untuk aqiqah sebenarnya sangatlah mudah dan tidak terlalu rumit yang anda bayangkan. Dan aqiqah dapat dilakukan dengan cara sembelih hewan aqiqah, dan hewan tersebut bisa berupa kambing atau domba putih.

Saat sembelih hewan juga diharuskan dengan niat sembelih hewan khusus untuk aqiqah, prosesi penyembelihan tersebut dapat dilakukan di 7 hari, 14 hari ataupun 21 hari sesudah dilahirkannya sang bayi.

Waktu tersebut bisa anda laksanakan untuk melaksanakan ibadah aqiqah jika anda sudah mampu, namu jika anda belum mampu anda boleh melaksanakan ibadah aqiqah kapan saja sesuai dengan kemampuan anda.

Walaupun anak anda sudah tumbuh dewasa dan belum diaqiqah, maka masih disunnahkan untuk ia beraqiqah. Sebab ibadah aqiqah sangatlah penting untuk kita semua, jadi laksanakan aqiqah jika anda sudah mampu.

Cara Niat Aqiqah Anak Lelaki

Tujuan dari ibadah aqiqah ialah untuk membebaskan anak dari kekangan para jin atau untuk penebusan seorang anak yang masih tergadai. Niat adalah hal terpenting sebelum melakukan berbagai hal.

Seperti disebukan oleh rasulullah dalam hadits riwayat bukhari, bahwa segala amal itu tergantung dari niat. Untuk memulainya aqiqah setiap umat muslim dianjurkan lebih baik berniat, berikut doa ketika menyembelih hewan aqiqah :

Bismillah allahu akbar allahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiqotu ( sebutkan nama bayi )

Artinya : “Dengan nama allah, Allah adalah yang terbesar, Ya Allah ini dariMu. Ini adalah aqiqah (sebutkan nama bayi).”

Inspirasi Acara Aqiqah

Untuk orang tua yang baru memiliki anak pastinya akan merasa bahagia dengan begitu akan bersyukur kepada Allah SWT penyampaiannya dengan melaksanakan aqiqah untuk anaknya.

Melaksanakan aqiqah tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit dengan begitu perlu dilakukan berbagai hal seperti menyusun rencana acara aqiqah dengan baik.

Menyusun biaya untuk aqiqah dengan baik. Memilih waktu yang lebih baik untuk acara aqiqah putra putri anda. Memilih layanan atau jasa yang sesuai. Menentukan jumlah untuk tamu yang diundang dalam acara aqiqah anak anda. Menentukan bagaimana cara membuat acara aqiqah putra putri anda.

Konsep Acara Aqiqah

Aqiqah merupakan suatu ungkapan rasa syukur pada Allah SWT karena lahirnya Anak baik anak laki-laki atau perempuan. Konsep acara aqiqah yang pertama sudah pasti diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh pembawa acara dengan mengucap salam dan bacaan bismillah.

Dan kedua yaitu membaca ayat suci Al-Qur’an dan bisa dibacakan oleh ayah dari sang bayi. Yang ketiga sambutan yang disampaikan oleh tuan rumah bermaksud untuk berterimaksaih kepada tamu undangan yang telah datang.

Yang keempat yaitu prosesi mencukur rambut serta memberi nama dilakukan oleh ayah dari bayi yang diaqiqah selanjutnya yaitu tausiyah.

Kemudian yang terakhir yaitu penutup dan setelah selasai prosesi acara aqiqah maka tamu undangan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang sudah disajikan. Tersebut merupakan konsep acara dari aqiqah anak.

Menu Masakan Aqiqah

Tidak ada aturan aqiqah mengenai menu apa saja yang harus dihidangkan pada saat acara aqiqah. Didalam acara aqiqah pastinya ada hidangan entah itu jajan basah ataupun snack kecil, dan yang paling utama didalam acara aqiqah yaitu menu olahan dari daging hewan aqiqah.

Kemudian Daging tersebut bebas dimasak menjadi apapun dan juga bisa dengan keinginan dan selera anda, tetapi biasanya didalam acara aqiqah olahan dari hewan aqiqah dibagi menjadi dua, yaitu untuk dihidangkan atau dinikmati pada saat akhir acara aqiqah, dan selanjutnya yaitu dibungkus dan dijadikan nasi kotak dengan lauk pendukung lainnya.

Nasi kotak tersebut dapat dibagikan ketika para tamu undangan hendak akan pulang dan acara tersebut sudah selesai. Namun jika anda bingung mengenai menu masakan atau menu hidangan acara aqiqah, anda bisa pesan langsung ke Aqiqah Berkah, dan dibawah ini akan dijelaskan mengenai apa itu Aqiqah Berkah.

Menu Dan Harga Aqiqah Berkah Peduli

Nah disini akan dijelaskan mengenai Aqiqah Berkah, Aqiqah Berkah menyediakan nasi kotak yang isinya berupa nasi, acar, sambal goreng kentang, kerupuk, dan menu olahan dari daging kambing tersebut.

Aqiqah Berkah juga menyediakan kambing guling, untuk kambing guling di Aqiqah Berkah rasanya dijamin enak, lezat dan tidak akan berbau prengus.

Apabila anda yang rumahnya jauh dan berada diluar jawa, kami juga melayani dengan Pelayanan Aqiqah Berkah Peduli yang nanti akan kami salurkan di tempat-tempat yang anda amanahkan seperti podok pesantren, panti asuhan ataupun tempat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.