Paket Aqiqah Surabaya Peduli untuk Anda

Assalamualaikum semuanya, terimakasih kami ucapkan karena sudah berkunjung di website ini. Kali ini akan menjelaskan mengenai hakekat dari aqiqah, syarat umur untuk kambing aqiqah, cara pembagian daging aqiqah, dan juga mengenai paket aqiqah peduli beserta daftar harga paket dan juga cara pemesanannya. Langsung saja saya jelaskan mengenai hal hal yang sudah saya tulis sebelumnya, silahkan simak penjelasa penjelasan berikut ini.

A. Hakekat Aqiqoh

Aqiqah diartikan memotong atau menyembelih. Sementara pengertian aqiqah dalam istilah agama islam ialah penyembelihan hewan ternak untuk anak yang baru dilahirkan ke dunia sebagai perwujudan bentuk rasa syukur orang tua si anak kepada Allah swt. dengan disertai niat dan juga syarat syarat tertentu. Makna aqiqah secara syar’i adalah hewan yang disembelih oleh orang tua untuk menebus bayi nya yang telah dilahirkan ke dunia. Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah mu’akkad, meskipun orang tua dalam keadaan belum mampu. Aqiqah yang afdhal untuk anak laki laki adalah dengan menggunakan 2 ekor kambing atau domba, sedangkan untuk anak perempuan hanya dengan menggunakan 1 ekor kambing atau domba. Disunnahkan melaksanakan penyembelihan hewan untuk aqiqah anak pada hari ketujuh dari kelahiran bayi, dengan syarat orang tua anak sudah mampu. Jika dihari ketujuh orang tua belum mampu, maka dihari ke empat belas dari kelahiran anak. Dan apabila masih belum mampu, maka dihari ke dua puluh satu dari hari kelahiran si anak. Jika masih tidak memungkinkan lagi untuk beraqiqah, maka boleh dilakukan kapan saja saat orang tua sudah mampu.

B. Umur Minimal Kambing Aqiqah

Imam Nawawi berkata di dalam kitab Al-Majmu’, bahwa hewan ternak yang layak atau sah untuk disembelih sebagai hewan aqiqah adalah domba yang sudah dewasa dan kambing yang sudah memiliki gigi seri atau gigi depan. Domba dan kambing yang dijadikan sembelihan aqiqah haruslah yang sehat dan tidak memilik cacat di tubuhnya. Dan sifat sifat hewan ternak yang akan disembelih untuk aqiqah sama dengan sifat sifat hewan yang akan disembelih untuk qurban, yaitu antara lain sebagai berikut:

  1. Kambing, untuk hewan kambing memiliki syarat yaitu kambing harus sempurna atau tidak ada cacat ditubuh nya dan kambing harus berusia minimal satu tahun masuk usia dua tahun.
  2. Domba, dengan syarat tubuh hewan tersebut haruslah sempurna atau tidak memliki cacat sama sekali dan berusia minimal enam bulan masuk ke usia tujuh bulan
  3. Daging hasil nya tidak boleh dijual
  4. Saat pemotongan atau penyembelihan hewan aqiqah, jangan sampai memotong, merusak, atau bahkan menghancurkan tulang dari hewan tersebut.

C. Cara Membagikan Daging Aqiqah

Ulama yang ahli dalam pakar fikih, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin pernah ditanya tentang siapa yang berhak menerima daging aqiqah, dan beliau menjawab yang artinya, “hendaknya daging aqiqah dimakan sebagiannya. Sebagiannya lagi dihadiahkan dan disedekahkan. Adapun kadar pembagiannya tidaklah ada kadar tertentu. Yang dimakan, yang dihadiahkan dan yang disedekahkan dibagi sesuai kemudahan. Jika ia mau, ia bagikan pada kerabat dan sahabat sahabatnya. Boleh jadi pembagiannya tersebut di negeri yang sama atau di luar daerahnya. Akan tetapi, mestinya ada jatah (porsi) untuk orang miskin dari daging aqiqah tersebut. Tidak mengapa juga daging aqiqah tersebut dimasak (direbus) dan dibagi setelah matang atau dibagi dalam bentuk daging mentah. Seperti itu ada kelapangan.” (Fatawa Nur’ala Ad-Darb, 5:228)

Jadi, menurut ahli fikih diatas daging hewan aqiqah sebaiknya dibagikan dalam keadaan setelah dimasak untuk mempermudah orang orang yang menerimannya. Dan juga sebaiknya dihadiahkan dan disedekahkan untuk orang lain.

D. Aqiqah Peduli Solusi untuk Anda

Aqiqah peduli dapat menjadi solusi yang sangat tepat untuk Anda yang tidak sempat melaksanakan aqiqah anak karena kegiatan kegiatan Anda yang sangat padat. Layanan jasa qurban dan aqiqah via online ini akan menyajikan menu menu masakan siap saji yang dipersembahkan dari Badan Wakaf Zakat Infaq dan Shodaqoh Peduli Dhuafa, yang biasanya cukup dikenal dengan sebutan Peduli Dhuafa. Layanan ini sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia, antara lain di daerah Jombang, Kediri, Tulungagung (yang mencakup Blitar dan juga Trenggalek), Madiun (yang mencakup Ponorogo dan juga Magetan), dan Ngawi. Khusus untuk aqiqah, kami telah menyediakan dua jenis layanan paket aqiqah, yaitu Paket Aqiqah Mandiri dan Paket Aqiqah Peduli. Perbedaan antara kedua paket ini adalah jika Paket Aqiqah Mandiri akan dikirim ke alamat tempat tinggal shohibul aqiqah, maka Paket Aqiqah Peduli akan disalurkan ke tempat tempat yang membutuhkan sesuai yang pemesan kehendaki.

E. Kemana Saja Aqiqah Peduli Dibagikan?

Jika di benak anda ada pertanyaan kemana aqiqah peduli dibagikan? Maka saya akan menjelaskannnya pada blog kali ini. Paket aqiqah peduli akan dikirimkan atau dibagikan ke tempat tempat yang membutuhkan, seperti pondok pesantren, panti asuhan, dan ke rumah rumah masyarakat yang membutuhkan. Namun, jika Anda memiliki tempat yang Anda kehendaki untuk menyalurkannya, maka kami akan menyalurkan paket aqiqah ke tempat yang anda kehendaki.

F. Daftar Paket Aqiqah Peduli

G. Cara Pemesanan Paket Aqiqah Peduli

Cara pemesanannya cukup mudah, yaitu:

  1. Silahkan Anda hubungi nomor layanan kami yang sudah tertera di website kami, dan tim kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai Aqiqah Berkah.
  2. Informasikan kepada tim kami melalui SMS atau email tentang nama anak, tempat dan tanggal lahir anak, nama ayah & bunda, tanggal permintaan untuk pelaksanaan aqiqah, dan alamat Anda untuk pengiriman laporan aqiqah.
  3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga yang sudah direkomendasikan oleh tim Aqiqah Berkah
  4. Konfirmasi pemesanan Anda kepada tim Aqiqah Berkah jika Anda sudah melakukan transfer dana tersebut.
  5. Aqiqah akan dilaksanakan sesuai tanggal yang sudah Anda informasikan sebelumnya.
  6. Kurang lebih pada hari ketiga pelaksanaan, tim Aqiqah Berkah akan mengirim laporan aqiqah via pos ke alamat yang sudah ditentukan.
  7. Segera konfirmasi ke tim Aqiqah Berkah jika laporan sudah samapi di Shohibul Aqiqah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.