Pengertian Aqiqah Menurut Istilah Syara’

By September 13, 2019 Artikel No Comments

Assalamu’alaikum untuk anda semuanya, salam sehat dan sukses dari Aqiqah Berkah. Nah dari anda semuanya pasti ada yang belum mengerti tentang pengertian aqiqah menurut syara’. Dibawah ini akan kami ulas mengenai penjelasan aqiqah menurut istilah syara’.

A. Pengertian Aqiqah Menurut Istilah Syara’

Dan pengertian aqiqah menurut istilah syara’ ialah sama dengan pengertian dari aqiqah seperti biasanya yaitu suatu prosesi penyembelihan dan pemotongan hewan ternak yang dilakukan sesuai waktu dan hari yang disunnahkan aqiqah.

Hewan yang dimaksud didalam aturan aqiqah ialah hewan kambing dan hewan domba, jadi ketika anda melaksanakan aqiqah, maka anda bisa memilih dari salah satu hewan tersebut untuk disembelih dan dipotong pada saat aqiqahan.

Kedua hewan tersebut juga harus cukup umurnya, yaitu umur untuk hewan kambing sekitar 1 tahun untuk bisa disembelih dan dipotong. Sedangkan untuk hewan domba haru berumur sekitar 6 bulan untuk siap disembelih dan dipotong.

Ibadah Aqiqah juga bisa sebagai bukti rasa syukur kita kepada Allah SWT telah diberikan dan dilahirkannya bayi. Aqiqah juga dapat menambah persaudaraan sesama kaum muslimin.

B. Cara Aqiqah Nu

Sebenarnya cara aqiqah Nu dan yang lainnya sama saja, dan doa serta tata caranya pun juga hampir sama, hanya saja yang menjadi pembeda adalah pada waktu acaranya.

Semisal cepat lambatnya acara aqiqah tersebut, dan biasanya ada yang ingin menambahkan acara aqiqah diisi dengan do’a yang lain atau sambutan yang lain atau bisa juga diisi dengan acara acara hiburan.

Cara cara nya yaitu dengan menyembelihkan bianatang aqiqah dihari ketujuh sesudah kelahiran bayi seklaigus dengan mencukur rambut bayi serta memberikan bayi nama nama yang memiliki arti yang baik.

Setelah hewan disembelih kemudia daging hewan tersebut dimasak dan dibagikan kepada fakir miskin, tetangga, sahabat, dan kerabat lainnya.

C. Bagaimana Proses Aqiqah ?

Cara aqiqah yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Sembelih hewan pada saat anak berumur 7 hari, empat bel;as hari ataupun berumur 14 hari.
  2. Pencukuran rambut dan pemberian nama untuk sang bayi, dan sebaiknya carilah dan berilah nama yang memiliki arti yang bagus untuk sang bayi.
  3. Membacakan doa-doa untuk kebaikan sang bayi agar kelak bayi tersebut tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholekah serta bisa membahagiakan kedua orang tuanya.
  4. Membagikan daging aqiqah kepada masyarakat yang membutuhkan, atau bisa juga dibagikan kepada para sahabat, tetangga bahkan kerabat yang jauh.

D. Acara Aqiqah Anak

Acara aqiqah anak dapat dilaksanakan seperti acara aqiqahan pada umumnya, yaitu pertama pada acara aqiqahan mestinya membuka acara terlebih dahulu dan membukanya akan dibuka oleh pembawa acara.

Lalu acara yang kedua ialah membacakan ayat-ayat suci al-qur’an, dan dilanjut dengan sedikit sambutan dari ayah anak yang diaqiqahi.

Setelah itu kita akan langsung pada prosesi mencukur rambut serta memberikan nama untuk anak serta diiringi dengan bacaan sholawat nabi dan juga doa-doa.

Sesudah prosesi tersebut selesai maka lanjut diisi dengan tausiyah dari pak ustadz.

Yang kemudian setelah itu para tamu hendak menikmati hidangan aqiqah sambil pemilik rumah mambagikan bingkisan aqiqah atau nasi kotak aqiqah untuk para tamu undangan.

E. Doa Aqiqah Sesuai Sunnah

Berikut ini adalah doa doa yang bisa dipanjatkan saat acara aqiqah anak:

“Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami’is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmadati wa bidawami ‘inayatika wa ri’ayatika an-nafidzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huquqi rububiyyatika al-karimati nadabtana ilaihi fima bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj’alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur’ani wa la taj’alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyani.”

F. Pembagian Daging Aqiqah Menurut Nu

Membagikan daging aqiqah menurut NU ialah sama dengan pembagian daging aqiqah seperti biasanya.

Yaitu sebelum pada proses pembagian daging aqiqah hendaknya harus dimasak terlebih dahulu dan baru dibagikan.

Dengan memasak daging aqiqah terlebih dahulu sebelum dibagikan, maka kita akan meringankan dan memudahkan untuk masyarakat yang kita bagikan daging aqiqah untuk tidak mengolah lagi daging aqiqah tersebut.

Ketika kita membagi daging aqiqah kita bebas untuk membagikan kepada siapaun, adn artinya bebas.

Sebab didalam aturan aqiqah tidak ada ketentuan membagikan daging aqiqah kepada siapapun. Karena niat kita ialah berbagi kebahagiaan kepada sesama umat muslim.

G. Harga Menu Aqiqah Yang Ada di Aqiqah Berkah

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.