Pengertian Qurban (Udhiyah)

PENGERTIAN QURBAN (UDHIYAH)

Qurban adalah binatang yang disembelih dengan tujuan ibadah kepada Allah pada Hari Raya Haji dan tiga hari kemudian (tanggal 11 sampai 13).

31 Pengertian Qurban

Hukum Ibadah Qurban

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa qurban dihukumi wajib. Sedangkan pada sebagian besarulama lainnya berpendapat qurban itu sunnah. Alasan yang berpendapat bahwa qurban wajib yaitu Firman Allah SWT :

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَر . فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَر

“Sesungguhnya Kami telah memberi kepadanya nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah”. (Al-Kautsar : 1-2)

Sabda Rasulullah SAW yang artinya :

“Dari Abu Hurairah, “Rasulullah SAW telah bersabda, ‘Barang siapa yang mempunyai kemampuan tetapi ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami”. (Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah).

Alasan untuk pendapat bahwa qurban dihukumi sunnah adalah Sabda Rasulullah SAW :

امرت باالنحروهو سنة لكم. رواه الترمذئ

“Saya disuruh menyembelih qurban dan qurban itu sunnah bagi kamu”. (Riwayat Tirmidzi)

علئ النحر وليس بوا جب عليكم. روه االدارقطني كتب

“Diwajibkan kepadaku berqurban, dan tidak wajib atas kamu”. (Riwayat Daruqutni)

Pengetahuan mengenai binatang yang sah untuk qurban ialah yang tidak bercacat, misalnya pincang, sangat kurus, sakit, putus telinga, putus ekornya dan telah berumur sebagai berikut :

  1. Domba (da’ni) yang telah berumur satu tahun lebih atau sudah berganti giginya.
  2. Kambing yang telah berumur dua tahun lebih.
  3. Unta yang telah berumur lima tahun lebih.

Sabda Rasulullah Muhammad SAW yang artinya :

Dari Barra’ bin Azib, “Rasulullah SAW telah bersabda, ‘Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban : (1) rusak matanya, (2) sakit, (3) pincang, (4) kurus yang tidak berlemak lagi.” (Riwayat Ahmad, dan dinilai sahih oleh Tirmidzi).

Dari Jabir, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Janganlah kamu menyembelih untuk qurban kecuali yang musinnah (telah berganti gigi). Jika sukar didapati, maka boleh jaz’ah (yang baru berumur 1 tahun lebih) dari biri-biri.” (Riwayat Muslim).

Seekor kambing hanya untuk qurban satu orang, diqiaskan dengan denda meninggalkan wajib haji. Tetapi seekor unta, kerbau dan sapi boleh diatasnamakan qurban tujuh orang. Dari Jabir, “Kami telah menyembelih qurban bersama-sama Rasulullah SAW pada tahun Hudaibiyah, seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi untuk tujuuh orang.” (Riwayat Muslim)

Dari Ibnu Abbas, “Pernah kami bersama-sama Rasulullah SAW dalam suatu perjalanan, ketika itu datang Hari Qurban, maka kami bersama-sama menyembelih seekor sapi untuk tujuh orang dan seekor unta untuk sepuluh orang.” (Riwayat Tirmidzi dan Nasai).

Waktu Menyembelih Qurban

Waktu untuk menyembelih binatang qurban yang dianjurkan Islam adalah mulai dari matahari setinggi tombak pada Hari Raya Haji sampai terbenam matahari tanggal 13 bulan Haji. Sabda Rasulullah SAW yang artinya :

“barang siapa menyembelih qurban sebelum shalat Hari Raya Haji, maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya sendiri. Dan barang siapa menyembelih qurban sesudah shalat hari Raya dan dua khotbahnya, sesungguhnya ia telah menyempurnakan ibadahnya, dan ia telah menjalani aturan Islam.” (Riwayat Bukhari)

Pada hadits tersebut, yangg dimaksud dengan shalat Hari Raya ialah waktunya, bukan shalatnya. Karena mengerjakan sholat tidak menjadi syarat menyembelih qurban. Sabda Rasulullah SAW :

كل ايام التشريق ذ بح. رواه احمد

“Semua haris Tasyriq (tanggal 11-13 Haji) adalah waktu menyembelih qurban.” (Riwayat Ahmad)

Sunnah Tatkala Menyembelih

Sewaktu menyembelih qurban disunnahkan beberapa perkara di bawah ini :

  1. Membaca bismillah
  2. Membaca sholawat atas nabi SAW
  3. Takbir (membaca Allahu Akbar)
  4. Berdoa supaya qurban diterima Allah, seperti : (Ya Allah, ini perbuatan dari perintah-Mu, saya kerjakan karena-Mu, terimalah oleh-Mu amalku ini)
  5. Binatang yang disembelih tersebut hendaklah dihadapkan ke arah kiblat

عن انس انه صلي الله عليه وسلم ضحي بكبشين املحين اقر نين ذبحهما بيد ه اكر يمة سمي و كبر. رواه البخا ريو مسلم

Dikabarkan oleh Anas bahwa Rasulullah SAW telah berqurban dengan dua ekor kambing yang baik-baik, beliau sembelih sendiri, beliau baca bismillah, danbeliau baca takbir (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW tatkala berqurban telah mengucapkan, “Ya Allah terimalah qurban Muhammad, keluarga dan umatnya.” (Riwayat Ahmad dan Muslim).

Paket Qurban Aqiqah Berkah

Agar ibadah qurban berjalan dengan lancar, Anda dapat memesan paket qurban syar’i pada Aqiqah Berkah. Tersedia hewan qurban sapi dan kambing. Harga hewan qurban sangat terjangkau untuk Anda khususnya di wilayah Jawa Timur. Pemesanan hewan qurban diluar Kab. Nganjuk, Madiun, Kediri, Jombang, Tulungagung dan Blitar minimal 10 ekor untuk kambing, dan minimal 5 ekor untuk sapi. Pemesanan hewan qurban secara kolektif atau grosir.

Anda dapat memesan hewan qurban secara online di nomor layanan Aqiqah Berkah :

SMS: 085749622504

Whatsapp: +6281335680602

PinBB: 7C0B38CE

Atau pemesanan secara offline dengan datang langsung ke kantor pusat Aqiqah Berkah di Jl. Raya Baron Timur No. 1 Baron Nganjuk.

Untuk menjawab kebutuhan hewan qurban saudara, saat ini Aqiqah Berkah telah menyediakan sapi dan kambing qurban untuk idul qurban 2016. Adapun hewan qurban yang saat ini ready stock dan dapat di pesan adalah :

A. Harga Sapi qurban 2016

1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-

2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Kambing qurban 2016

– Jenis : Kambing / Domba Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-

(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan melalui beberapa Paket Qurban 2016 Aqiqah Berkah yakni sebagai berikut :

Paket Qurban Peduli Syar’i : Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (seluruh Indonesia).

Paket Qurban Mandiri Syar’i : Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Selanjutnya kami siap mengantar hewan qurban yang telah Anda pesan.

Adapun ketentuan sapi qurban yang diajarkan dalam islam diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sapi telah memiliki kecukupan umur yaitu lebih dari 2 tahun

2. Sapi tidak memiliki aib (cacat fisik)

Kecacatan yang dilarang pada sapi qurban diantaranya adalah :

– Cacat matanya
– Kurus
– Sakit
– Patah tanduknya
– Pincang
– Terpotong telinganya

3. Sapi tidak kurus, sapi yang baik adalah sapi yang memiliki gemuk di bagian pantat, dada, dan leher

4. Sapi harus sehat

Sapi yang sehat diantaranya memiliki ciri-ciri :

– Bulunya terlihat mengkilat dan mulus
– Posisi kaki sapi : tidak bengkok, tungkai tegak, kuku sapi tidak bengkak, kaki depan sapi tegak dan relatif lurus.

5. Sapi jenis jantan dan betina dapat dijadikan qurban

Leave a Reply

Your email address will not be published.