Percayakan Aqiqah Anda Dengan Paket Aqiqah Blitar

By August 21, 2019 Artikel No Comments

Assaalamualaikum ayah dan bunda semuanya, bertemu kebali di artikel kami. Dan pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai penjelasan aqiqah, makna dari aqiqah, pengertian dari tradisi aqiqah, tata cara beraqiqah, dan cara melakukan aqiqah, serta bagaimana cara membagi daging aqiqah yang benar. Dan mari langsung saja kita bahas bersama dibawah ini.

A. Pengertian Aqiqah

Aqiqah secara bahasa berasal dari Bahasa Arab adalah memotong atau menyembelih. Dan jika menurut Istilah, Aqiqah ialah penyembelihan hewan ternak kambing atau domba sebagai bentuk wujud rasa syukur orang tua dari sang bayi kepada Allah SWT atas kehadiran seorang bayi dengan syarat ketentuan aqiqah yang sesuai syariat agama Islam.

Ada ulama yang menjelaskan bahwa fungsi aqiqah untuk anak ialah untuk menebus status tergadai dari diri sang bayi tersebut yang baru dilahirkan. Untuk orang tua disunnahkan untuk mengaqiqahi anak pada hari ketujuh dari hari lahirnya sang bayi.

Jika pada hari tersebut kedua orang tua belum bisa mengaqiqahi anaknya, maka bisa mengaqiqahi pada hari ke empat belas setelah hari lahirnya sang bayi. Dan jika dihari tersebut kedua orang tua masih belum juga mengaqiqahi anak nya, maka bisa melaksanakan aqiqah di hari ke dua puluh satu setelah hari lahirnya si bayi tersebut.

B. Apa Makna Aqiqah Itu ?

Kata aqiqah ialah arti dari kata serapan yang diambil dari Bahasa Arab yakni memotong atau menyembelih. Aqiqah merupakan salah satu ibadah sunnah sebagai perwujudan rasa syukur orang tua dari sang bayi kepada Allah SWT karena telah dilahirkannya seorang bayi laki-laki ataupun perempuan, dan bayi tersebut harus di aqiqahi sesuai dengan syarat aqiqah yang ada di agama Islam.

Waktu aqiqah yang lebih baik menurut agama adalah di hari ketujuh, empat belas, dan dua puluh satu setelah kelahiran sang bayi. Apabila di hari hari yang tersebut kedua orang tua belum mampu mengaqiqahi anaknya, maka waktu aqiqah bisa diganti kapan saja ketika orang tua sudah berkemampuan melaksanakan aqiqah sang anak.

Namun jika anak tersebut sudah beranjak dewasa dan sudah mampu mengaqiqahi dirinya sendiri, maka anak tersebut bisa melaksanakan aqiqah untuk dirinya sendiri.

C. Pengertian Tradisi Aqiqah

Arti dari aqiqah adalah memotong atau menyembelih. Sedangkan penjelasan dari aqiqah dalam istilah agama Islam, adalah penyembelihan binatang ternak kambing atau domba untuk bayi yang baru dilahirkan sebagai wujud ungkapan rasa syukur kedua orang tua dari sang bayi tersebut kepada Allah SWT.

Dan seperti yang dijelaskan diatas bahwa anak yang sudah lahir di dunia disunnahkan untuk di aqiqahi guna untuk menebus dirinya dari status yang masih tergadai.

Dan hukum mengaqiqahi anak ialah sunnah mu’akkad, untuk kedua ayah dan bunda yang sudah mampu mengaqiqahi putra putrinya. Dan jumlah hewan aqiqah untuk anak putri berjumlah satu ekor kambing atau domba sedangkan untuk anak putra berjumlah dua ekor kambing atau domba.

D. Bagaimana Tata Cara Aqiqah ?

Berikut adalah tata cara beraqiqah:

  1. Aqiqah disunnahkan untuk melakukan aqiqah di hari ke tujuh, empat belas, ataupun di hari dua puluh satu setelah hari lahirnya sang bayi
  2. Untuk jumlah hewan aqiqah ialah satu ekor untuk anak putri dan dua ekor untuk anak putra
  3. Aqiqah sebaiknya dilaksanakan di tempat dimana kedua orang tua si bayi berada dan tempat dimana si bayi dilahirkan. Akan tetapi jika orang tua si bayi tidak bisa mengurusi aqiqah anaknya, maka aqiqah boleh dilakukan di tempat linnya.
  4. Hasil daging ibadah aqiqah anak sebaiknya diberikan dan dihadiahkan kepada fakir miskin, kerabat, sahabat, tetangga, dan yang lainnya. Dan boleh juga dibagikan ke panti asuhan dengan maksud untuk bersedekah.

E. Bagaimana Cara Melakukan Aqiqah ?

Berikut adalah cara melaksanakan aqiqah:

  1. Yang pertama ialah menyembeli binatang ternak bisa kambing dan domba dengan jumlah satu ekor untuk anak putri dan dua ekor untuk anak putra. Dan hewan tersebut harus sudah cukup umurnya, dan apabila menggunakan binatang kambing minimal harus berusia satu tahun dan apabila menggunakan binatang domba minimal harus berumur 6 bulan. Dan kedua hewan tersebut harus benar-benar sehat atau tidak ada cacat fisiknya
  2. Selanjutnya ialah menyembelih hewan aqiqah di hari ke tujuh, empat belas, atau dua puluh satu setelah kelahiran sang bayi dengan niat aqiqah yang benar dan sesuai syariat islam
  3. Kemudian mencukur sebagian rambut dari bayi sambil memanjatkan doa untuk sang bayi. dan diiringi dengan pembacaan Al-qur’an dan pembacaan tahlil
  4. Dan yang terakhir adalah membagikan daging aqiqah kepada para tamu undangan, tetangga, saudara, atau bisa juga disalurkan ke podok pesantren, panti asuhan dan masyarakat yang membutuhkan

F. Bagaimana Cara Pembagian Daging Hewan Aqiqah ?

Daging hasil sembelihan hewan aqiqah anak dapat dibagikan kepada siapa saja termasuk pada para kerabat, seperti pada fakir miskin, tetangga, sahabat, dan yang lainnya.

Daging aqiqah boleh di bagikan dalam keadaan masih mentah, boleh juga dibagikan dalam keadaan matang atau yang sudah dimasak lebih dulu. Tetapi lebih baik dibagikan dengan keadaan sudah dimasak terlebih dahulu.

Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah orang orang yang menerima daging hasil aqiqah agar tak perlu memasak lagi dan tinggal memakannya saja.

Untuk fakir miskin yang menerima juga, mereka jadi tidak perlu memasak terlebih dahulu daging hasil aqiqah tersebut karena memasak juga memerlukan biaya yang mungkin dari mereka belum cukup memiliki biaya untuk memasaknya.

G. Aqiqah Berkah Blitar, Aqiqah Terbaik Untuk Anak Anda

Untuk Anda yang berada di daerah Blitar dan sekitarnya, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memesan jasa aqiqah dimana. Karena kami, Aqiqah Berkah siap membantu pelaksanaan aqiqah putra putri Ayah dan Bunda.

Di Aqiqah Berkah juga menyediakan dua macam paket aqiqah, yakni Paket Aqiqah Berkah Mandiri dan Paket Aqiqah Berkah Peduli. Kini Aqiqah Berkah siap membantu aqiqah putra putri Ayah dan Bunda dengan menyalurkan aqiqah ayah dan bunda ke tempat yang membutuhkan, seperti pondok pesantren, panti yatim piatu, panti asuhan, dan tempat tempat yang membutuhkan lainnya.

Selain tempat tempat rekomendasi kami, Anda juga bisa menentukan tempat tempat yang Anda inginkan untuk menyalurkan aqiqah anak Anda yang kemudian iformasikan kepada kami agar kami dapat menyalurkan aqiqah anak Anda ketempat tersebut.

Dengan pelayanan yang profesional, kami siap menyalurkan berbagai pesanan Anda ke tempat tempat yang Anda inginkan dan sudah diinformasikan kepada kami sebelumnya.

Kami juga akan mengirimkan foto foto dokumentasi dan berkas berkas aqiqah yang sudah kami laksanakan kepada Anda via pos ke alamat Anda. ayah dan bunda juga akan mendapatkan sertifikat aqiqah dan buku risalah aqiqah secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.