Qurban Kambing Betina

qurban kambing betina

Hai Sobat Aqiqah Berkah …. Bagaimana kabar kalian? Pasti baik dan sehat semuakan? Sebentar lagi kita akan merayakan hari raya idul adha, dalam hari raya idul adha Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk berqurban bagi yang mampu. Tapi apakah sobat Aqiqah Berkah sudah mengetahui apakah qurban itu? Dan apakah berqurban dengan kambing atau hewan ternak betina diperbolehkan? Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasannya berikut ini.

Hari Raya Idul Adha atau dinamakan juga dengan Idul Qurban, Idul Nahr dan Hari Raya Haji mempunyai derajat dan nilai yang lebih tinggi daripada idul fitri, hari raya idul adha diberikan predikat Idul Akbar artinya hari raya agung, sedangkan idul fitri diberi predikat Idul Ashghar artinya hari raya yang kecil. Idul fitri itu dengan predikat idul ashghar, hari raya kecil adalah karena tingkat perjuangan kaum muslimin pada waktu itu barulah dalam taraf yang kecil. Pengorbanan yang diminta, hanyalah baru terbatas pada pengorbanan jasmaniah. Sedangkan idul adha itu diberikan predikat idul akbar, hari raya agung sebab pada saat itu bentuk perjuangan sudah meningkat memasuki tahap yang lebih besar dan tinggi, yaitu mengorbankan kesenangan diri dalam menunaikan ibadah haji dan melaksanakan qurban.

Berqurban merupakan bagian dari Syariat Islam yang sudah ada semenjak manusia ada. Ketika putra-putra nabi Adam as. diperintahkan berqurban. Maka Allah Swt. menerima qurban yang baik dan diiringi ketakwaan dan menolak qurban yang buruk.

Secara syara’ memang tidak ada masalah dengan penyembelihan hewan betina untuk qurban. Berdasarkan Madzhab Syafi’i boleh-boleh saja berkurban dengan hewan jantan maupun betina. Hal ini berdasarkarkan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda:
“Anak laki-laki hendaklah diaqiqahi dengan 2 kambing, sedangkan anak perempuan dengan 1 kambing. Tidak mengapa bagi kalian memilih yang jantan atau betina dari kambing tersebut.” (HR. An Nasai no. 4222 dan Abu Daud no. 2835).

Namun menyembelih sapi betina yang masih produktif sebaikanya jangan dilakukan karena dilarang oleh pemerintah, mengingat semakin minimnya jumlah sapi betina di Indonesia. Dasar Hukum Larangan Pemotongan Sapi Betina Produktif adalah Undang-Undang No. 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan pasal 18 ayat 2 bahwa ternak ruminansia betina produktif dilarang disembelih karena merupakan penghasil ternak yang baik, kecuali untuk keperluan penelitian atau untuk keperluan pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan.

Ketentuan larangan tersebut tidak berlaku apabila hewan besar betina:

  1. Berumur lebih dari 8 (delapan) tahun atau sudah beranak lebih dari 5 (lima) kali.
  2. Tidak produktif (mandul) dinyatakan oleh dokter hewan atau tenaga asisten kontrol teknik reproduksi di bawah penyeliahan dokter hewan.
  3. Mengalami kecelakaan yang berat.
  4. Menderita cacat tubuh yang bersifat genetis yang dapat menurun pada keturunananya sehingga tidak baik untuk ternak bibit.
  5. Menderita penyakit menular yang menurut Dokter Hewan pemerintah harus dibunuh/dipotong bersyarat guna memberantas dan mencegah penyebaran penyakitnya, menderita penyakit yang mengancam jiwanya.
  6. Membahayakan keselamatan manusia (tidak terkendali).

Imam Nawawi memberi keterangan: Syarat sah dalam kurban adalah hewan kurban harus berasal dari hewan ternak yaitu unta, sapi dan kambing. Termasuk pula berbagai jenis unta, semua jenis sapi dan semua jenis kambing yaitu domba, ma’iz (kambing jawa) dan sejenisnya. Sedangkan selain hewan ternak seperti rusa dan keledai tidaklah sah sebagai hewan kurban tanpa ada perselisihan di antara para ulama. Begitu juga sah berkurban dengan hewan jantan dan betina dari semua hewan ternak tadi. Tidak ada khilaf sama sekali mengenai hal ini menurut kami (Syafi’iyah).

Itulah tadi penjelasan tentang bolehkah kita berqurban dengan kambing betina. Bagi sobat semua yang ingin berqurban dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai qurban, kami Aqiqah Berkah siap membantu anda.

Untuk Informasi Lebih lanjut Hubungi Kami :

TELPON/SMS :

0858-5344-4472

Leave a Reply

Your email address will not be published.