Qurban Kambing Hamil

Qurban Kambing Hamil

Hai sobat Aqiqah Berkah….Bagaimana kabar kalian hari ini?. Kabar Baik kan….Ok Kali ini kita akan membahas tentang berqurban dengan kambing yang sedang hamil. Dari judulnya saja sudah membuat penasarankan….apakah boleh berqurban dengan kambing yang sedang hamil? Lebih lengkapnya kita lihat penjelasannya berikut.

Kata qurban yang kita fahami, berasal dari bahasa Arab, artinya pendekatan diri, sedangkan maksudnya adalah menyembelih binatang ternak sebagai sarana pendekatan diri kepada Allah. Arti ini dikenal dalam istilah Islam sebagai udhiyah. Udhiyah secara bahasa mengandung dua pengertian, yaitu kambing yang disembelih waktu Dhuha dan seterusnya, dan kambing yang disembelih di hari ‘Idul Adha. Adapun makna secara istilah, yaitu binatang ternak yang disembelih di hari-hari Nahr dengan niat mendekatkan diri (taqarruban) kepada Allah dengan syarat-syarat tertentu (Syarh Minhaj).

Adapun binatang yang boleh digunakan untuk berqurban adalah binatang ternak (Al-An’aam), unta, sapi dan kambing, jantan atau betina. Sedangkan binatang selain itu seperti burung, ayam dll tidak boleh dijadikan binatang qurban.

Allah Swt berfirman:” Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka” (QS Al-Hajj 34).

Kambing untuk satu orang, boleh juga untuk satu keluarga. Karena Rasulullah Saw. Menyembelih dua kambing, satu untuk beliau dan keluarganya dan satu lagi untuk beliau dan umatnya. Sedangkan unta dan sapi dapat digunakan untuk tujuh orang, baik dalam satu keluarga atau tidak, sesuai dengan hadits Rasulullah Saw.: Dari Jabir bin Abdullah, berkata “Kami berqurban bersama Rasulullah Saw. di tahun Hudaibiyah, unta untuk tujuh orang dan sapi untuk tujuh orang” (HR Muslim).

Berqurban merupakan amal ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga hewan yang dijadikan qurban juga disyaratkan bagus, sehat, dagingnya banyak, dan sebagainya. Memang terdapat beberapa kriteria hewan yang tidak mencukupi apabila dijadikan qurban, yaitu hewan yang jelas butanya (buta sebelah), jelas pincangnya, jelas sakitnya, dan jelas kurusnya. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi saw. bahkan hewan yang jelas putus telinga dan ekornya juga tidak mencukupi untuk dijadikan sebagai hewan qurban.

Nah, sekarang apabila hewan yang dijadikan qurban tersebut betina apalagi sedang bunting (hamil), bagaimana hukumnya? Dalam hal ini perlu dijelaskan bahwa hewan yang dijadikan qurban haruslah yang sehat, bagus, banyak dagingnya, dan telah memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai hewan qurban, tidak memandang apakah jantan atau betina. Sehingga kesimpulannya, Hewan betina tidak masalah apabila dijadikan sebagai hewan qurban. Apabila ternyata hewan tersebut sedang bunting (hamil), maka dalam hal ini terjadi khilaf (perbedaan pendapat) di antara ulama, Ibn ar-Rif’ah berpendapat bahwa hewan yang sedang bunting boleh dijadikan sebagai hewan qurban, karena janinnya justru bisa digunakan sebagai tambahan daging, tetapi terdapat pula imam lain (seperti Ibn an-Nuqaib) yang mengatakan tidak boleh, karena bunting termasuk kategori cacat. Dan terdapat pula yang memerinci, apabila hewan yang bunting tersebut gemuk serta dagingnya bagus dan banyak, maka boleh dijadikan sebagai hewan qurban, akan tetapi apabila kurus tak berdaging, maka tidak boleh dijadikan sebagai hewan qurban. Sehingga kesimpulannya, diperbolehkan berqurban dengan hewan betina termasuk apabila ternyata sedang bunting, asalkan gemuk, dagingnya banyak, bagus dan tidak cacat, dan telah memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai hewan qurban. (Kifayatul Akhyar, Juz II, hlm. 236-239).

Nah, sobat semua sudah mengertikan bahwa berqurban dengan kambing atau bintang ternak yang sedang hamil atau bunting diperbolehkan asalkan hewan qurban tersebut sudah memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Jika sobat semua akan berqurban tetapi bingung memilih hewan qurban yang bagus dan memenuhi kriteria untuk berqurban, kami siap membantu sobat untuk memilih hewan qurban yang berkualitas baik untuk sobat Aqiqah Berkah.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

TELPON/SMS :

0858-5344-4472

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Kurban Anda_-_

Leave a Reply

Your email address will not be published.