Feed

You Are Here: Home » Tentang Qurban » Syarat Qurban

Syarat Qurban

syarat qurban 300x200 Syarat Qurban

Syarat Qurban terbagi menjadi dua bagian, yaitu syarat sunat dan syarat syah. Rincian penjelasannya adalah sebagai berikut:

Adapun syarat sunat adalah sebagai berikut :

  1. Mampu. Qurban disunatkan bagi kaum muslimin yang mampu, yaitu orang yang mampu membeli hewan Qurban. Bahkan menurut madzab Hanabilah sekalipun dengan berhutang dalam membeli hewan Qurban sekiranya ia dapat membayar hutang maka terkategori mampu untuk berQurban.
  2. Merdeka. Qurban tidak disunahkan bagi hamba sahaya.

Sementara Syarat Syahnya Qurban adalah sebagai berikut :

  1. Hewan Qurban tidak cacat (tidak buta, tidak pincang, tidak sakit yang menjadikannya kurus dan dagingnya rusak, tidak terpotong telinganya, tidak berekor kecuali sejak dari lahir dll).
  2. Cukup umur, yakni genap satu tahun bila Qurban berupa seekor domba (kibas) atau telah tanggal gigi depannya dengan syarat tanggalnya gigi depan setelah mencapai umur enam bulan.Sementara untuk kambing kacang telah berumur dua tahun, sapi/kerbau dua tahun dan unta telah genap berumur lima tahun.
  3. Qurban dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, yakni setelah sholat Idul Adha sampai 3 hari setelah sholat Idul Adha (hari tasyriq).

Syarat Qurban

2 Comments

  1. Ganksier says:

    Assalammualaikum
    terimakasih atas informasi
    mohon izin untuk mengcopy artikelnya buat tugas artikel di sekolah pak

    Sadap BBM

    • Wa’alaikumsalam, Kami persilahkan untuk mengcopy dan mohon untuk mencantumkan link URL sumber dari website ini terima kasih. Semoga tugad sekolah adek mendapatkan hasil yang memuaskan. amin.

Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk Kami, Pesan Anda akan dimoderasi

© 2012 Qurban dan Aqiqah, Peduli Dhuafa
Designed by: Web Indonesia | Supported by: XML Sitemap
Syarat Qurban