Tebarkan Kebaikan Melalui Paket Aqiqah di Semarang Peduli

By September 2, 2019 Artikel No Comments

Assaalamualaikum semuanya, saya ucapkan terimakasih bagi yang sudah mengunjungi website kami, Pada artikel diwebsite ini nanti kami akan menjelaskan tentang aqiqah secara lengkap lagi, meskipun diartikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai materi tentang aqiqah. Oke langsung saja kita bahas mengenai hal tersebut dibawah ini.

A. Arti Aqiqah Dalam Bahasa Arab

Sekarang kita mulai dari pembahasan pertama, dan pada pembahasan ini kami akan memberi informasi tentang arti aqiqah didalam bahas arab. Kata aqiqah sebenarnya berasal dari kata bahasa arab yang dapat diartikan sebagai penyembelihan dan pemotongan.

Jika diartikan secara panjang atau dijelaskan secara panjang ialah Proses penyembelihan dan pemotongan hewan kambing atau domba yang diniatkan khusus untuk ibadah aqiqah.

Menurut sunnahnya waktu untuk aqiqah ialah di hari ketujuh, hari ke empat belas, ataupun di hari kedua puluh satu sesudah hari dilahirkannya sang bayi tersebut. Namun jika anda belum mampu mengaqiqahi di salah satu hari tersebut, maka anda bisa mengaqiqahi dihari kapan saja sampai anda sudah mampu mengaqiqahi.

B. Aqiqah Setelah Dewasa

Oke sekarang kita dipembahasan kedua, yaitu tentang Aqiqah setelah dewasa. Maksud dari aqiqah setelah dewasa yaitu jika anda sekarang sudah tumbuh dewasa bahkan sudah akan menikah dan sudah bisa mencari nafkah sendiri namun diwaktu kecil atau masih bayi anda belum sempat diaqiqah oleh kedua orang tua anda, maka anda masih bisa untuk melaksanakan aqiqah sendiri.

Untuk hari dan waktu pelaksanaanya pun anda juga bisa memilih sendiri, sebab jika waktu untuk aqiqah setelah dewasa anda bebas memilih hari dan waktunya.

Kecuali jika anda baru dilahirkan maka waktu untuk aqiqah ditentukan menurut perarturan sunnah aqiqah. Waktu yang disunnahkan ialah di waktu hari ketujuh sesudah dilahirkan, hari keempat belas sesudah dilahrkan, atau hari kedua puluh satu sesudah dilahirkan.

Tidak hanya setelah dewasa saja, aqiqah juga bisa dilaksanakan setelah anda menikah bahkan sudah memiliki anak sekaligus. Sebab tidak batas akhirnya dan tidak ada batas waktunya untuk melaksanakan aqiqah.

Jadi intinya selama belum diaqiqahi oleh orang tua anda, maka masih disunnahkan dan dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah. Aqiqah tersebut juga untuk kebaikan anda sendiri, sebab jika anda belum diaqiqah, maka status anda masih tergadai.

C. Apa Hukum Daging Aqiqah ?

Hukum daging aqiqah adalah harus dibagikan kepada orang orang sekitar. Apalagi pada saat banyak orang orang sekitar yang mengalami krisis dan kelaparan.

Jadi jika hal itu terjadi, usahakan agar membagikan semua daging aqiqah kepada orang orang yang mengalami hal tersebut. Dan jika hal itu tidak terjadi di lingkungan sekitar, maka diperbolehkan bagi orang yang beraqiqah untuk menyimpan daging hasil aqiqah tersebut sebagian.

Membagikan daging aqiqah harus dalam keadaan sudah dimasak terlebih dahulu. Dengan tujuan agar mempermudah orang orang yang menerimanya, karena tentunya memasak daging tersebut akan membutuhkan banyak biaya untuk membeli bumbu serta bahan masakan lainnya dan tentunya orang orang yang mengalami krisis dan kelaparan yang menerima daging aqiqah tersebut akan kesulitan untuk memasaknya.

D. Apakah Aqiqah Harus Hari Ke 7 ?

Jawabannya adalah tidak harus dihari ketujuh. Karena boleh juga dilaksanakan pada hari ke-14, atau pada hari ke-21 dari hari kelahiran bayi. Tetapi dengan syarat jika dihari ketujuh belum mampu melaksanakannya boleh dilaksanakan dihari ke-14 nya.

Atau jika dihari ke-14 juga masih belum mampu, maka aqiqah boleh dilaksanakan di hari ke-21 dari hari kelahiran Apabila dihari hari tersebut masih belum bisa melaksanakan, maka pelaksanaan aqiqah diperbolehkan untuk dilaksanakan kapan saja saat orang tua sudah mampu melaksanakannya.

Dan apabila sampai dewasa si anak belum juga diaqiqahi karena orang tua belum juga mampu melaksanakannya, maka diperbolehkan bagi si anak untuk meng-aqiqah-i dirinya sendiri dengan syarat si anak tersebut sudah mampu.

E. Cara Aqiqah Yang Syar’i

Cara aqiqah yang sesuai syar’i adalah sebagai berikut:

  1. Sembelih kambing aqiqah, dengan jumlah kambing yaitu 2 ekor untuk anak putra dan 1 ekor kambing saja untuk anak putri, saat sembelih tidak lupa disertai dengan bacaan niat menyembelih hewan aqiqah serta menyebutkan nama yang diaqiqahi
  2. Mencukur sebagian dari rambut bayi sambil memberi nama bayi yang memiliki arti nama yang bagus
  3. Masak daging aqiqah menjadi masakan siap santap atau siap saji
  4. Membagi daging aqiqah kepada para tetangga, sahabat, kerabat dan orang lain yang berhak menerima aqiqah

F. Cara Niat Aqiqah Untuk Diri Sendiri

Ada sebagian yang belum tau betul mengenai niat aqiqah untuk diri sendiri, dan disini kami akan memberi sedikit ilmu tentang niat aqiqah untuk diri sendiri.

Namun sebelum kita pada niat aqiqah kami akan memberi sedikit pengetahuan mengenai hal tersebut. Sebagian dari ulama berkata bahwa aqiqah untuk diri sendiri boleh dilakukan, namun ada sebagian ulama lagi yang berkata bahwa aqiqah untuk diri sendiri tidak boleh dilaksanakan.

Sebab tanggungan aqiqah untuk diri sendiri ialah tanggungan dari orang tua kita. Oke sekarang kita kembali ke pembahasan atas tadi, yaitu tentang niat dari aqiqah, dan berikut ialah bunyi dari niat aqiqah tersebut:

“Bismillah. Allahu Akbar. Allahumma minka wa laka, hadzihi ‘aqiqati” sebagi niat beraqiqah bagi diri sendiri. Atau juga bisa menggunakan bacaan niat “Bismillahi. Allahu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni, Hadzihi aqiqatu…(ucapkan nama orang yang diaqiqahi)” jika saat menyembelih hewan diwakilkan oleh orang lain yang lebih berpengalaman dan orang yang bersangkutan tidak berani menyembelihnya.

G. Menu Masakan Aqiqah Berkah Beserta Harganya

Dengan harga yang terjangkau, kami menyediakan menu menu masakan aqiqah yang beragam dan tentunya tidak akan bau prengus kambing dan rasanya pun tidak perlu diragukan lagi.

Karena masakan dari Aqiqah Berkah dimasak oleh juru masak yang sudah berpengalaman dan tentunya sudah profesional. Dan juga kami akan melayani pesanan dengan profesional. Jika Anda ingin memesan jasa aqiqah kepada kami.

Berikut adalah daftar harga Paket Aqiqah Mandiri dan Paket Aqiqah Peduli dari kami yang tipe tipe nya dibedakan berdasarkan jenis kambingnya,.


daftar harga aqiqah mandiri


daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.