Tebarkan Kebaikan Melalui Paket Aqiqah Indramayu Peduli

By September 12, 2019 Artikel No Comments

Hallo semuanya, sebelumnya saya ucapkan Asslamu’alaikum untuk ayah bunda dan masyarakat yang ada di kota Indramayu juga sekitarnya.

Kali ini di artikel Aqiqah Berkah akan mengulas tentang materi aqiqah dengan lengkap dan jelas.

Dan setelah itu Aqiqah Berkah juga akan menjelaskan mengenai tebarkan kebaikan melalui paket aqiqah indramayu peduli.

Arti Aqiqah Menurut Istilah Syara

Menurut istilah Syara artinya aqiqah ialah penyembelihan hewan tertentu yang dilakukan pada hari ketujuh.

Dan jika diartikan dengan jelas arti dari aqiqah ialah hewan ternak yang disembelih dan juga dipotong dengan niat aqiqah dan dilakukan sesuai waktu yang disunnahkan untuk aqiqah.

Hewan yang disembelih tersebut bisa berupa hewan domba ataupun hewan kambing, asalkan kedua hewan tersebut dapat memenuhi syariat dalam islam.

Jika anda sudah baligh dan ingin melaksanakan sendiri karena sudah ada biaya sendiri, maka anda juga boleh beraqiqah sendiri menggunakan biaya anda sendiri. Dengan begitu anda akan lebih meringankan beban orang tua untuk tidak mengaqiqahi anaknya.

Arti Nazar Aqiqah

Aqiqah merupakan ibadah yang dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan kambing. Hukum dari aqiqah adalah Sunnah Mu’akkad.

Nazar merupakan janji, dan arti dari nazar aqiqah jika mereka mempunyai janji untuk melaksanakan ibadah sunnah untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Allah, dan jika Allah menghendaki keinginannya tersebut ia harus melaksanakan ibadahnya.

Nazar hanya boleh dilakukan untuk ibadah sunnah saja tidak dengan wajib, seperti sholat sunnah, puasa sunnah dan ibadah sunnah lainnya.

Apabila permintaannya tidak dihendaki oleh Allah maka ia tidak wajib melaksanakannya. Seperti itulah penjelasan tentang nazar.

Anda berjanji untuk melaksanakan ibadah aqiqah apabila permintaan anda dikehendaki oleh Allah, dan permintaan anda dikabulkan oleh Allah anda haruslah melaksanakan aqiqah tersebut.

Arti Mimpi Aqiqah

Arti dari aqiqah sudah kami jelaskan diparagraf atas tadi. Waktu pelaksanaan aqiqah dapat dilakukan kapan saja, namun waktu aqiqah yang lebih afdal ialah dilaksanakan pada waktu bayi umur 7 hari, 14 hari, ataupun umur 21 hari.

Apabila ayah bunda sudah mempunyai biaya untuk beraqiqah, sebaiknya hendak lakukan aqiqah dihari tersebut. Mimpi tentang acara, sudah semestinya semua orang telah mengalami mimpi.

Dijaman nabi nabi mimpi merupak wahyu dari Allah seperti kisah pada Nabi Ibrahim AS.

Mimpi merupakan bentuk komunikasi dalam alam bawah sadar tentang sesuatu yang akan kita alami dalam waktu dekat. Jadi seperti itu yang bisa saya bahas.

Rentetan Acara Aqiqah

Rentetan acara aqiqah yang pertama adalah pembukaan yang dibacakan oleh mc terlebih dahulu membaca salam dan basmallah.

Dan acara yang kedua ialah membacakan ayat-ayat suci al-qur’an yang bisa dibacakan oleh ayah dari bayi yang diaqiqah.

Kemudian yang ketiga yaitu memberi kata sambutan kepada semua pra tamu undangan, kata sambutan tersebut juga bisa disampaikan oleh ayah dari bayi yang diaqiqah.

Dan yang keempat ialah prosesi pencukuran rambut serta dilanjutkan dengan memberi nama untuk bayi yang diaqiqah.Yang kelima tausiyah bisa menyampaikan tentang arti aqiqah atau lainnya.

Acara terakhir do’a penutup dan selesai acara tamu undangan dipersilahkan memakan hidangan dari daging kambing yang dihidangkan.

Doa Aqiqah

Sebelum dilaksanakan aqiqah semestinya membaca do’a terlebih dahulu, berikut ini adalah do’a untuk aqiqah :

Inni u’iidzuka bikalimaatillahit taammati min kulli syaythaanin wa haammatin wamin kulli ‘aynin laammatin

Artinya : Aku berlindung untuk anak ini, dengan kaalimat Allah yang sempurna, dari segala gangguan syaitan serta gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya (HR. Bukhari).

Tata Acara Aqiqah

Tata cara untuk aqiqah yang perlu disiapkan adalah waktu pelaksanaannya, menurut sunnah aqiqah dilaksanakan pada waktu hari ketujuh setelah kelahiran anak.

Syarat yang harus diperhatikan adalah dalam memilih hewan aqiqah, haruslah yang sehat tidak cacat fisik dan minimal hewan aqiqah kambing berusia satu setengah tahun.

Kemudian cara membagi daging aqiqah dalam islam yaitu sangat dianjurkan memebagi dengan keadaan matang sebab dengan begitu sang penerima aqiqah dapat langsung menikmati tanpa harus bingung masak serta mengeluarkan biaya.

Daging aqiqah dibagikan kepada kerabat atau tetangga, orang fakir dan miskin. Dalam islam disunnahkan saat aqiqah memberi nama untuk si bayi dan mencukur rambut.

Sebelum menyembelih hewan aqiqah harusalah diawali dengan membaca basmallah.

Mari Tebarkan Kebaikan Dengan Cara Menyalurkan Aqiqah Anda Melalui Aqiqah Berkah Peduli

Mari kita bersama menebarkan kebaikan kepada anak yatim ataupun kepada masyarakat yang kurang mampu dengan cara berbagi makanan aqiqah melalui Aqiqah Berkah.

Buat mereka selalu senyum bahagia dan dapat merasakan rasa masakan daging kambing yang anda salurkan melalui Aqiqah Berkah.

Di Aqiqah Berkah terdapat berbagai menu masakan dan anda bisa memilih sesuai denga keinginan anda. Untuk keterangan lebihnya tentang Aqiqah Berkah silahkan kunjungi aqiqahberkah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.