Monthly Archives: July 2018

Jual Kambing Qurban Jakarta Selatan

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Jual Kambing Qurban Murah Jakarta Selatan

Para sahabat yang berbahagia kini sebelum kami mengulas mengenai kambing qurban murah di Bogor. Kami akan mengulas dahulu mengenai syarat-syarat penyembelihan. Simak ulasan berikut ini..

SYARAT-SYARAT PENYEMBELIHAN

Syarat-syarat penyembelihan, antara lain :

1. Orang yang Menyembelih Adalah Seorang Muslim atau Ahli Kitab (yahudi atau nashrani), Laki-laki atau Wanita
Allah SWT berfirman;
”Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al-Kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal (pula) bagi mereka.”

Adapun seorang penyembah berhala, maka sembelihannya tidak dihalalkan, demikian pula orang yang murtad.
Diantara dalil yang menunjukkan bolehnya memakan sembelihan yang dilakukan olah wanita adalah hadits Ka‟ab bin Malik r.a ia berkata;
”Bahwasannya seorang wanita menyembelih seekor domba dengan batu, lalu Nabi a ditanya tentang hal itu, kemudian beliau memerintahkan untuk memakannya.”

Dan Nabi SAW pernah memakan kambing yang dihadiahkan oleh seorang wanita yahudi. Beliau juga pernah memakan roti yang kurang enak pada penjamuan yang diadakan oleh seorang yahudi yang mengundang beliau.

2. Orang yang Menyembelih Adalah Orang yang
Berakal dan Tamyiz Tamyiz adalah dapat membedakan yang berbahaya dan tidak. Tamyiz biasanya dimulai sejak anak berusia tujuh tahun. Dengan demikian tidak halal hukumnya sembelihan orang gila, orang yang dalam keadaan mabuk, anak kecil yang belum tamyiz, atau orang tua yang telah kehilangan sifat tamyiz, dan yang semisalnya.

3. Ada Kesengajaan Untuk Menyembelih
Menyembelih merupakan suatu perbuatan yang membutuhkan niat. Sehingga jika tidak ada niat menyembelih, maka sembelihannya tidak sah.

4. Meyebut Nama Allah Ketika Menyembelih
Menyebut Nama Allah SWT adalah syarat kehalalan hewan sembelihan. Barangsiapa yang tidak menyebut Nama Allah dengan sengaja, maka sembelihannya tidak halal. Allah SWT berfirman;
“Maka makanlah hewan-hewan (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika engkau beriman kepada ayat-ayat-Nya.”

Apabila disebutkan padanya nama selain Allah, maka menjadi tidak halal, meskipun nama Allah juga disebut. Dalam hadits qudsi yang shahih, Allah SWT berfirman;
“Barangsiapa yang beramal dengan menyekutukan-Ku dengan sesuatu yang lain, maka Kutinggalkan ia bersama sekutunya tersebut.”

Catatan :

  1. Apabila seorang muslim lupa tidak membaca Basmalah, maka sembelihannya tetap halal.
    Pendapat mayoritas ulama‟ diantara tiga imam madzhab yang empat, bahwa membaca basmalah bagi seorang muslim ketika menyembelih adalah wajib ketika ingat, tidak mengapa jika lupa.
    Berdasarkan hadits dari Ibnu „Abbas p dari Nabi SAW beliau sabda;
    ”Sesungguhnya Allah memaafkan perbuatan umatku yang disebabkan oleh salah, lupa, atau dipaksa.”
  2. Apabila penyembelihnya dilakukan oleh orang yang bisu sehingga tidak bisa mengucapkan bismillah, maka ia dapat menggantikan dengan isyarat. Ini adalah pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al- ‟Utsaimin rahimuhullah.
  3. Tidak ada keharusan untuk menanyakan cara penyembelihan. Diriwayatkan dari „Aisyah r.a, ia berkata;
    “Beberapa orang berkata kepada Nabi SAW, “Ada sekelompok orang memberi kami daging namun kami tidak tahu apakah mereka menyebut Nama Allah atau tidak?” Maka Nabi a bersabda, “Bacalah Bismillah oleh kalian dan makanlah.”
    „Aisyah r.a berkata, „Orang-orang yang menghadiahkan daging tersebut adalah orang yang
    baru saja meninggalkan kekufuran.‟”
    Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al- „Utsaimin rahimahullah;
    “Tidak ada keharusan untuk menanyakan cara menyembelih yang dilakukan oleh seorang muslim atau kitabi (ahli kitab), apakah membaca bismillah atau tidak. Bahkan hal tersebut tidak pantas dilakukan, karena itu termasuk sikap berlebih-lebihan dalam beragama. Nabi a sendiri memakan sembelihan yahudi tanpa bertanya terlebih dahulu.”
  4. Apabila seorang mengetahui dengan jelas, bahwa seorang ahli kitab yang menyembelih dengan menyebut nama selain Allah, maka sembelihan tersebut menjadi tidak halal baginya. Imam Az-Zuhri rahimahullah berkata;
    “Sembelihan nashara halal. Apabila engkau mendengarnya menyebut atas nama selain Allah ketika menyembelih, maka janganlah engkau makan.”

5. Menyembelih Dengan Menggunakan Alat yang Dapat Mengalirkan Darah, Selain Tulang dan Kuku
Hal ini berdasarkan riwayat dari Rafi‟ bin Khudaij r.a ia berkata, Rasulullah SAW bersabda;
”Apa saja yang dapat mengalirkan darah dan disebutkan Nama Allah, makanlah, asalkan alat tersebut bukan gigi dan kuku. Adapun gigi adalah tulang dan kuku adalah pisau orang Habasyah.”

6. Memutuskan Dua Saluran Darah dan Dua Urat Leher; Tenggorokan (Saluran Pernafasan), Dan Kerongkongan (Saluran Pencernaan)
Dalam hal peyembelihan hewan dibagi menjadi dua, yaitu :

a. Hewan yang dapat disembelih
Untuk hewan yang dapat disembelih, maka hewan tersebut disembelih pada pangkal lehernya, dengan memutuskan dua saluran darah dan dua urat leher; tenggorokan (saluran pernafasan), dan kerongkongan (saluran pencernaan). Sebagaimana atsar dari Ibnu ‟Abbas rahimahullah, ia berkata;
”Menyembelih itu pada leher dan pangkal lehernya.”

Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‟Utaimin rahimahullah;
”Terpotongnya semua saluran (dua saluran urat leher, kerongkongan, dan tenggorokan) itu jelas lebih utama, lebih bersih, dan lebih suci, akan tetapi jika hanya dicukupkan dengan dua saluran urat leher saja, maka menurut pendapat yang benar bahwa sembelihannya halal. Adapun jika hanya dicukupkan dengan tenggorokan dan kerongkongan saja, maka berdasarkan pendapat yang benar bahwa sembelihan itu diharamkan.”

Catatan :
Adapun hewan yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam hewan buas, yang masih dalam keadaan hidup dan masih sempat disenyembelih secara syar‟i, maka menjadi halal.

Adapun tanda-tanda hewan tersebut masih dalam keadaan hidup adalah masih bergerak dan memancarkan darah segar yang deras ketika disembelih.

b. Hewan yang tidak dapat disembelih
Adapun hewan yang yang tidak dapat disembelih, maka hewan tersebut dilukai sesuai dengan kemampuan dengan melukai di tempat mana saja dari badannya, asalkan darah bisa mengalir pada bagian tubuh yang mana saja sudah mencukupi (sah). Akan tetapi yang lebih utama adalah memilih bagian tubuh yang menyebabkan nyawa lebih cepat keluar, karena hal tersebut labih menyenangkan bagi hewan dan tidak menyiksa.

Diriwayatkan bahwa para sahabat mendapatkan rampasan perang berupa unta dan kambing, lalu seekor unta manjadi liar dan lari. Kemudian seorang melepaskan panah ke arahnya dan tepat mengenainya. Rasulullah SAW bersabda;
”Sesungguhnya unta itu memiliki sifat liar seperti liar hewan lainnya. Apabila ada unta yang lari lagi, maka lakukanlah seperti itu.”

Ibnu „Abbas p berkata; “Apa saja yang engkau tidak mampu untuk menyembelihnya dari hewan, maka hukumnya seperti buruan. Unta yang lari dan jatuh kedalam sumur dan engkau mampu menyembelihnya pada bagian mana saja, maka sembelihlah. Ini adalah pendapat „Ali, Ibnu „Umar, dan „Aisyah r.a.”

Nah itulah mungkin yang dapat kami sampaikan. Berikut ini harga kambing yang ada di jakarta selatan. mari di simak agar tau harganya sesuai dengan jenis kambingnya.

Daftar Harga Kambing dan Sapi Qurban di Jakarta Selatan

Untuk sobat semua yang tinggal di Jakarta Selatan dan ingin membeli kambing untuk berqurban kami memberikan referensi harga kambing qurban berikut ini:

A. Kambing qurban 2018 (Ready Stock)
– Jenis : Kambing / Domba Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Harga Sapi qurban 2018 (Ready Stock)
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Nilai tambah hewan qurban Aqiqah Berkah
– Syarat hewan qurban sesuai syar’i
– Umur hewan telah mencukupi (Nishab)
– Dipelihara secara baik dan tidak ber-aib
– Ternak berasal dari daerah bebas penyakit menular
– Ternak berasal dari penampungan yang jelas
– Ternak mendapatkan perlakuan yang layak

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ada di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS / TELPON :

0858-5344-4472

Kambing Qurban Murah di Bogor

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Kambing Qurban Murah di Bogor

gibas
Para sahabat yang berbahagia kini sebelum kami mengulas mengenai kambing qurban murah di Bogor. Kami akan mengulas dahulu mengenai pembagian daging qurban. Simak ulasan berikut ini..

PEMBAGIAN DAGING QURBAN

Tidak ada ketentuan seberapa banyak daging qurban yang harus dibagikan. Tetapi sebaiknya daging qurban tersebut; sepertiga dimakan, sepertiga disedekahkan kepada fakir miskin dan dihadiahkan kepada orang kaya, dan sepertiganya sisanya disimpan.

Sebagaimana diriwayatkan dari Salamah bin Al-Akwa’ r.a , sesungguhnya Nabi SAW bersabda;
“Makanlah daging hewan qurban, berilah makan orang lain dengannya dan simpanlah.”

Makna “memberi makan” mencakup sedekah untuk para fakir miskin dan hadiah untuk orang kaya. Seandainya seorang menyedekahkan seluruh daging qurbannya, maka ini diperbolehkan. Berdasarkan hadits dari Ali bin Abi Thalib r.a berkata;
“Rasulullah SAW memerintahkan kepadaku untuk mengurusi qurban-qurbannya; membagi-bagikan daging, kulit, dan pakaiannya kepada orang-orang miskin, dan aku tidak diperbolehkan memberi suatu apapun dari qurban kepada penyembelihnya.”

Catatan :

  1. Dianjurkan bagi orang yang berqurban agar memakan daging qurbannya dan bersedekah dengannya. Allah SAW berfirman;
    ”Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”
  2. Daging qurban hendaknya dibagikan didaerah dimana orang yang berqurban tinggal. Tetapi jika ada hajat dan manfaat yang lebih besar untuk dikirim ke daerah lain yang memerlukannya, maka diperbolehkan. Syaikh ‟Abdullah bin Muhammad Ath-Thayar r.a mengatakan;
    “Pada asalnya qurban itu disembelih oleh orang yang berqurban di daerahnya. Akan tetapi, apabila ada hajat dan manfaat yang lebih besar untuk dikirim (ke daerah lain) –misalnya; ke negeri yang sedang mengalami kelaparan atau tertimpa bencana,- maka diperbolehkan.”
  3. Diperbolehkan memberikan daging qurban kepada orang kafir, selama orang kafir tersebut bukan merupakan kafir harbi (orang kafir yang memerangi kaum muslimin). Hal ini sebagaimana fatwa dari Lajnah Da’imah, sebagai berikut;
    “Kita dibolehkan memberi daging qurban kepada orang kafir Mu‟ahid (orang kafir yang mengikat perjanjian damai dengan kaum muslimin) baik karena statusnya sebagai orang miskin, kerabat, tetangga, atau karena dalam rangka menarik simpati mereka. Namun tidak dibolehkan memberikan daging qurban kepada orang kafir harbi, karena kewajiban kita kepada kafir harbi adalah merendahkan mereka dan melemahkan kekuatan mereka. Hukum ini juga berlaku untuk pemberian sedekah.”
  4. Jika setelah disembelih daging qurban busuk, dicuri, atau diambil orang lain yang tanpa ada kecerobahan dari pihak pemilik qurban, maka pemilik qurban tidak wajib mengganti. Namun jika hal itu diebabkan karena kecerobahan pemilik qurban, maka wajib mengganti daging qurban yang harus disedekahkan dan kemudian menyedekahkannya. Ini adalah pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah.
  5. Tidak diperbolehkan memperjual-belikan bagian apapun dari hewan qurban, termasuk kulitnya.
    Haramnya menjual kulit qurban merupakan pendapat mayoritas ulama‟. Berdasarkan hadits Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda;
    “Barang siapa yang menjual kulit hewan qurbannya, maka tidak ada (nilainya ibadah) qurbannya.”
  6. Upah untuk penyembelih harus diambilkan dari harta lain (selain qurban). Dan penyembelih boleh diberi daging qurban sebagai sedekah, dan bukan sebagai upah. Ali bin Abi Thalib r.a berkata;
    “Rasulullah SAW memerintahkan kepadaku untuk mengurusi unta qurban beliau; menyedekahkan daging, kulit, dan bagian punggungnya, dan aku tidak diperbolehkan memberi kepada penyembelihnya suatu (apapun) dari hewan qurban.” Lalu Ali r.a berkata, “Kami memberinya (upah) dari apa yang kami miliki.”
  7. Bagi seorang yang memperoleh hadiah atau sedekah daging qurban, maka diperbolehkan memanfaatkan sekehendaknya, daging tersebut dapat dijual atau dimanfaatkan dalam bentuk lain.
    Akan tetapi tidak diperkenankan untuk menjualnya kembali kepada orang yang memberi hadiah atau sedekah kepadanya. Ini adalah pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al-„Utsaimin rahimahullah.
  8. Diperbolehkan menyimpan daging qurban sampai waktu yang lama, selama masih enak dimakan. Kecuali jika qurban disembelih pada saat-saat kelaparan, maka tidak boleh menyimpan daging qurban lebih dari tiga hari. Berdasarkan hadits Salamah bin Al-Akwa’ r.a , Rasulullah bersabda;
    “Barangsiapa berqurban, maka tidak boleh ada daging qurban yang masih tersisa dirumahnya setelah hari ketiga.” Maka pada tahun berikutnya para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah apakah kami harus berbuat sebagaimana telah kami lakukan pada tahun lalu?” Beliau bersabda,
    “Makanlah daging hewan qurban, berilah makan orang lain dengannya, dan simpanlah, karena pada tahun kemarin orang berada dalam kesusahan, maka aku ingin kalian membantu mereka.”
    Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi kami Muhammad, kepada keluarganya, dan para sahabatnya.

Nah itulah mungkin yang dapat kami sampaikan mengenai pembagian hewan qurban. Barikut ini harga kambing qurban di Bogor.

Daftar Harga Kambing dan Sapi Qurban di Bogor

Untuk sobat semua yang tinggal di Bogor dan ingin membeli kambing untuk berqurban kami memberikan referensi harga kambing qurban berikut ini:

A. Kambing qurban 2018 (Ready Stock)
– Jenis : Kambing / Domba Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Harga Sapi qurban 2018 (Ready Stock)
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga kambing qurban dan sapi qurban tersebut dapat anda dapatkan melalui penawaran Paket Qurban 2018 Aqiqah Berkah. Berikut Paket Qurban 2018 yang telah kami sediakan :

  1. Paket Qurban Peduli Syar’i
    Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan dari kota semarang dan sekitarnya.
  2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
    Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban.
    Adapun area atau tempat untuk pendistribusian daging (Paket Qurban Peduli Syar’i) dan pengantaran hewan qurban (Paket Qurban Mandiri Syar’i) yang dapat kami sediakan meliputi kabupaten dan kota :
    (a) Jombang
    (b) Mojokerto
    (c) Nganjuk
    (d) Kediri
    (e) Tulungagung
    (f) Ngawi
    (g) Magetan
    (h) Ponorogo
    (i) Madiun

Nilai tambah hewan qurban Aqiqah Berkah
– Syarat hewan qurban sesuai syar’i
– Umur hewan telah mencukupi (Nishab)
– Dipelihara secara baik dan tidak ber-aib
– Ternak berasal dari daerah bebas penyakit menular
– Ternak berasal dari penampungan yang jelas
– Ternak mendapatkan perlakuan yang layak

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ada di wilayah Bogor dan sekitarnya yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS / TELPON :

0858-5344-4472

Memasak Kambing Guling Lezat

By | Berita | No Comments

MEMASAK KAMBING GULING LEZAT

Resep memasak kambing guling sangat jarang di share, karena memasak kambing guling hanya untuk acara dan moment tertentu saja. Nah berikut ini akan diberikan resep memasak kambing guling yang enak dan lezat. Selamat mencoba 🙂

#RESEP

Untuk membuat kambing guling, diperlukan beberapa peralatan khusus untuk memutar daging kambing salah satunya, serta alat panggang yang ukurannya lebih besar dari pemanggang sate. Sedangakan bumbu-bumbunya hampir sama cara membuatnya dengan membuat bumbu olahan lainnya, yang berbeda mungkin takarannya saja karena digunakan untuk bumbu 1 ekor kambing sekaligus.

Bahan Resep Kambing Guling Muda

1 ekor kambing muda ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah dibersihkan isi perutnya, dibuang bagian kepala dan bagian kakinya. Agar tidak mubazir bagian kepala, kaki, serta isi perutnya masih dapat digunakan sebagai bahan olahan makanan seperti sop kaki, tongseng kambing dan lain-lain.

Bahan Bumbu

  1. 150 gram gula merah
  2. 100 ml minyak goreng
  3. 1 botol kecap manis
  4. 1/4 kg bawang putih dihaluskan
  5. 1/4 kg ketumbar disangrai dan dihaluskan.
  6. 1 sendok teh biji pala halus
  7. 1 sendok makan lada bubuk
  8. 2 sendok makan garam

#RESEP (1)

Setelah kambing yang akan dijadikan masakan siap dan bahan-bahan bumbu lainnya sudah didapatkan saatnya kita membuat kambing guling spesial namun sangat sederhana dalam membuatnya.

Pertama siapkan 1 ekor kambing muda yang sudah dibersihkan dari isi perutnya dan telah dibuang kaki dan kepalanya, sisihkan terlebih dahulu.

Kedua, tuang dalam satu wadah bahan-bahan olesan yang terdiri dari 150 gr gula merah yang dihaluskan atau diiris tipis, 100 ml minyak goreng, 1 botol kecap manis, 1/4 kg bawang putih yang sudah dihaluskan, 1/4 kg ketumbar yang disangrai dan dihaluskan, 1 sendok teh biji pala yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan lada bubuk dan 2 sendok makan garam. Semua bahan tersebut diaduk hingga merata.

Ketiga, setelah bumbu diaduk rata lumuri daging kambing dengan bumbu tersebut secara merata pada bagian luarnya juga pada bagian perut yang telah dikosongkan isinya. Usahakan agar seluruh bagian tubuh kambing terlumuri dengan sempurna. Lalu biarkan selama kurang lebih 1 jam agar bumbu-bumbu tadi meresap pada daging kambing.

Ke empat, siapkan alat panggang, khusus untuk alat kambing guling ini dapat diperoleh di toko penjual alat panggang atau alat barbeque grill. Lalu panggang kambing guling tersebut di atas bara api sambil diputar-putar hingga merata. Jarak antara daging dengan bara sekitar 40cm sambil tetap diputar dan sesekali olesi kembali daging kambing dengan bahan bumbu yang masih tersisa dengan menggunakan kwas makanan. Panggang terus hingga daging matang merata.

Kelima, untuk menghidangkannya potong bagian kambing guling  yang diinginkan dan sajikan dipiring dengan diberi sambal kecap.

Bahan Membuat Sambal untuk Cocolan Kambing Guling

  1. 200 gr bawang merah dipotong-potong
  2. 30 lembar daun jeruk
  3. 10 buah jeruk limau
  4. 1/2 botol kecap manis
  5. 1/2 kg tomat dipotong kotak-kotak kecil
  6. 1/4 kg cabe rawit hijau dirajang

Cara membuat sambal kecap untuk cocolan kambing guling :

Campurkan semua bahan yang terdiri dari potongan 200 gr bawang merah, 30 lembar daun jeruk, 10 buah jeruk limau dibelah dua dan diperas, 1/2 botol kecap manis, potongan 1/2 kg tomat dan rajangan 1/4 kg cabe rawit hijau. Aduk hingga merata dan sisihkan.

Nah, bila Anda menginginkan daging kambing panggang yang lebih matang, setelah dipotong dapat dipanggang kembali pada alat pemanggang. Tambahkan kembali bumbu bila masih ada yangg tersisa. Hidangkan sambal kecap yang sudah dibuat menggunakan piring atau mangkuk kecil untuk cocolan.

Domba Texel

By | Berita | No Comments

DOMBA TEXEL

Domba texel dikenal dengan nama ‘dombos’ yang artinta Domba Texel Wonosobo. Domba ini mampu beradaptasi dan berkembang dengan baik di daerah yang bersuhu panas.

about

Asal Domba Texel

Awalnya, pada tahun 1954/1955 Pemerintah mendatangkan 500 ekor Domba Texel dari Pulau Texel, Belanda dan dialokasikan ke beberapa daerah di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah (Baturaden Banyumas dan Tawangmangu Solo) dan Jawa Timur. Akan tetapi daerah tersebut tidak mampu mengembangkannya. Akhirnya pada tahun 1957, dipindahkan ke Daerah Wonosobo. Ternyata penduduk Wonosobo mampu mengembangkan Domba Texel tersebut. Pada akhir tahun 2006 populasi domba texel ini mencapai 8.753 ekor.

Ciri Domba Texel

Domba Texel mempunyai ciri khas yang mudah dibedakan dari domba jenis lain yaitu :

  1. Mempunyai bulu wol yang keriting halus berbentuk spiral berwarna putih yang menyelimuti bagian tubuhnya kecuali perut bagian bawah, keempat kaki dan kepala.
  2. Postur tubuh tinggi besar dan panjang dengan leher panjang dan ekor kecil.

Domba Texel tergolong ternak unggulan yang berpotensi sebagai penghasil daging. Bobot badan dewasa texel jantan dapat mencapai berat 100 kg dan yang betina hingga 80 kg dengan karkas sekitar 55 %. Dalam penggemukkan secara intensif dapat menghasilkan pertambahan berat badan 265 – 285 gram/hari.

about (1)

Masyarakat di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah telah banyak merintis usaha penggemukan intensif terhadap Domba Persilangan Texel dengan Domba Lokal, yang menghasilkan keuntungan memadai. Di samping itu pula, Domba Texel dapat menghasilkan bulu wool berkualitas sebanyak 1000 gram/ekor/tahun, yang dapat diolah sebagai komoditas yang mempunyai nilai tambah. Di pedesaan Wonosobo yang potensial Domba texel telah dirintis industri rumah tangga yang mengolah bulu wool Domba Texel.

Domba Texel ini tergolong hewan ternak yang cepat berkembang biak. Hewan ini mampu beranak pertama kali pada umur 15 bulan dan selanjutnya dapat melahirkan setiap delapan bulan. Anak pertama cenderung tunggal dan anak berikutnya kadang-kadang kembar dua. Domba Texel mempunyai karakter genetik yang cenderung dominan. Di Kabupaten Wonosobo, Domba Texel telah banyak memberi kontribusi genetik terhadap domba-domba lokal melalui proses kawin silang, menghasilkan domba domba persilangan yang potensial sebagai penghasil daging.

Di tahun 2009, peternak dari Lampung Timur mencoba mendatangkan domba texel ini untuk di budidaya. Hasilnya, ternyata domba texel ini mampu beradaptasi dan berkembangbiak di suhu yang panas. Sangat menguntungkan memilih ternak domba texel karena kaya akan daging.

Mengingat domba ini berasal dari negeri Belanda yang memiliki iklim dingin sehingga dataran tinggi yang berhawa dingin seperti Dieng dan Wonosobo sangat cocok untuk berkembangbiak. Domba texel merupakan jenis domba yang jinak. Ketika ada seseorang yang mendekati, maka domba ini biasanya tidak begitu bereaksi. Bahkan ketika disentuh sekalipun, domba iniakan tetap terlihat tenang dan tetap meneruskan memakan rumput yang ada di hadapannya.

Domba texel umumnya memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan domba lokal pada umumnya seperti domba ekor tipis. Domba ini juga dapat berkembang dengan baik meski hanya dipellihara dengan cara dilepas atau digembala di padang rumput hijau.

Dengan adanya bulu yang tebal serta daging yangbanyak, domba texel ini memiliki dwifungsi yang dapat dimanfaatkan. Dapat dimanfaatkan bulunya sebagai bahan dasar wol dan dapat diambil dagingnya. Nah, jika Anda tertarik untuk memulai usaha ternak domba, usaha ternak do,ba texel ini akan sangat menguntungkan bagi Anda. Anda akan memperoleh dua manfaat sekaligus yakni dagingnya serta bulunya.

Harga Kambing Qurban Malaysia

By | Tentang Qurban | No Comments

Harga Kambing Qurban Malaysia

Jenis dan Daftar Harga Kambing Jakarta Selatan Terbaru 2018

Harga Kambing Kacang (jawa)
Untuk harga yang pertama adalah kambing jawa atau biasa di panggil kambing jawa (lokal). Untuk ras ini, paling banyak di Indonesia dan paling mudah untuk di cari, terutama di daerah jawa timur dan jawa tengah. Dan untuk masalah harga, jenis kambing jawa atau kacang sangat bervariasi di lihat dari umur kondisi fisik , kesehatan, jenis kelamin dan lainnya. Untuk harganya mulai dari harga 800 ribu sampai 2,5 juta rupiah.
Berikut daftar Harga Kambing Kacang
• Kambing betina anakan umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 800.000,-
• Kambing betina anakan Umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.300.00,-
• Kambing betina Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 1.800.000,-
• Kambing Betina Umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.300.000,-
• Kambing Jantan anakan Umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 1.000.000,-
• Kambing jantan anakan umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.600.000,-
• Kambing jantan Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 2.300.000,-
• Kambing jantan umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.600.000,-

Daftar Harga Kambing Etawa
Kemudian ada kambing etawa, hewan pemakan rumput ini berasal dari india yang berhasil di kembangkan dan di budidaya di Negara kita dengan sangat baik, dan menjadi andalan para peternak kambing sukses di era modern ini. Untuk populasi dan perkembangannya pun tidak kalah saing dengan kambing lokal atau kambing jawa (kacang). Namun kambing etawa ini memiliki keunggulan yaitu dengan postur tubuh yang lebih besar seta menghasilkan daging yang sangat banyak. Untuk urusan harga tentunya jauh di atas kambing lokal.

Untuk saat ini jenis kambing etawa sangat menjadi primadona di dalam pasar kambing. Banyak dari peternak kambing beralih fungsi menjadi peternak kambing etawa. Mungkin karena bersifat multi fungsi kambing besar ini menjadi andalan para peternak sukses. Sebab dengan beternak kambing etawa keuntungan yang di dapat bisa berkali kali lipat. Etawa sendiri bisa di fungsikan sebagai kambing pedaging, penghasil susu, dan sebagai kambing kontes.
Dan untuk masalah harga kambing etawa anda bisa melihatnya di bawah ini,
• Etawa betina anakan Umur 3 – 5 bulan —>> Rp 1.700.000,-
• Etawa Betina nakan Umur 6 – 7 bulan —>> Rp 2.200.000,-
• Etawa Betina Umur 8 – 12 bulan —>> Rp Rp 3.000.000,-
• Etawa Betina Dewasa Umur 1 – 2 tahun —>> Rp 3.500.000,-
• Etawa Jantan Anakan Umur 3 – 5 bulan —>> Rp 2.000.000,-
• Etawa jantan Anakan Umur 6 – 7 bulan —>> Rp 3.000.000,-
• Etawa Jantan Umur 8 – 12 bulan —>> Rp 4.000.000,-
• Etawa Jantan Umur 1 – 2 tahun —>> Rp 5.000.000,-

Daftar harga Kambing Peranakan Etawa (PE)
Kambing peranakan Etawa (PE) adalah kambing hasil dari kawin silang antara kambing etawa dan jawa (lokal). Untuk kualitasnya tidak kalah dengan kambing lain dan termasuk kambing yang mempunyai keunggulan, keunggulan yang sangat menonjol dari Peranakan etawa ini adalah tingkat adaptasinya yang sangat tinggi. Atas keunggulannya tersebut sudah banyak para peternak yang membudidayakan kambing ini.
Untuk harganya bisa anda lihat di bawah ini,
• PE Betina Anakan Berumur 3 – 5 bulan >> Rp 1.000.000,-
• PE Betina anakan Berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.500.000,-
• PE betina Berumur 8 – 12 bulan >> Rp 2.000.000,-
• PE betina Berumur 1 – 2 tahun >> Rp 2.500.000,-
• PE Jantan Anakan Berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 1.400.000,-
• PE Jantan Anakan Berumur 6 – 7 bulan >> Rp 1.800.000,-
• PE Jantan Berumur 8 – 12 bulan >> Rp 2.500.000,-
• Pe Jantan Berumur 1 – 2 tahun >> Rp 3.200.000,-

Daftar Harga kambing Gibas
Selanjutnya kambing gibas, untuk urusan harga kambing yang satu ini memiliki harga yang paling rendah jika di banding dengan harga kambing lain. Nah langusung saja, berikut harga kambing gibas,
• Kambing Gibas Betina Anakan Berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 600.000,-
• Kambing Gibas Betina Anakan Berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.200.000,-
• Kambing Gibas Betina Berumur 8 – 12 Bulan >> Rp 1.600.000,-
• Gibas Jantan Anakan Jantan berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 1.000.000,-
• Gibas Jantan Anakan Jantan berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.200.000,-
• Gibas Jantan Umur 8 – 12 Bulan >> Rp 2.100.000,-
• Gibas jantan Umur 1 – 2 Tahun >> Rp 2.400.000,-

Itulah tadi informasi mengenai harga kambing terbaru yang bisa kami sampaikan, daftar di atas kami ambil dari beberapa lapak kambing dan tentunya setiap daerah memiliki harga yang sangat berbeda beda, namun daftar di atas bisa di jadikan patokan dasar untuk anda dalam membeli atau menjual kambing.

Jika anda membutuhkan kambing untuk Aqiqah atau Qurban bisa beli di Rumah Aqiqah Nganjuk atau Aqiqah Berkah. Bersama kami dapatkan layanan dan paket sesuai syari dan amanah dalam mengelola kambing aqiqah anda Hub 0858-5344-4472.
Kami adalah penyedia jasa Layanan Aqiqah murah dengan kambing terbaik dan berkualitas, seputar aqiqah lengkap yang berlokasi di Nganjuk dan sekitarnya. Selama menjalankan usaha ini, kami memiliki komitment kuat untuk mendahulukan kepuasan pelanggan. Kami sangat percaya pelanggan yang mendapatkan kepuasan dari layanan kami akan membuat hasil kerja kami lebih manfaat dan tentu saja berkah.

Telp.

0858-5344-4472

Jual Kambing Qurban Murah di Jakarta

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Jual Kambing Qurban Murah di Jakarta

Sebelum membahas jual kambing qurban murah jakarta kami akan membahas terlebih dahulu adab-adab dalam menyembelih hewan qurban. Langsung saja sahabat…. untuk menambah wawasan anda mengenai qurban.

ADAB-ADAB DALAM MENYEMBELIH

Ada beberapa adab menyembelih yang harus diperhatikan, meskipun tidak menjadi syarat kehalalan sembelihan, diantara adab-adab tersebut adalah :

  1. Membawa Hewan Dengan Baik
    Dari Ibnu Sirin rahimahullah bahwasanya „Umar r.a pernah melihat seseorang yang menarik dengan kasar kambing yang akan disembelihnya, „Umar r.a lantas memukulnya sambil berkata, „Celaka engkau, bawalah kambing itu menuju kematiannya dengan baik.”
  2. Menajamkan Alat Sembelihan
    Dianjurkan untuk menajamkan alat sembelihan, agar hewan yang disembelih tidak tersakiti dan cepat mati. Dari Abu Ya‟la Syaddad bin Aus r.a ia berkata,
    Nabi SAW bersabda;
    “Sesungguhnya Allah mewajibkan berlaku baik pada segala hal, maka jika engkau membunuh hendaklah membunuh dengan cara yang baik dan jika engkau menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik dan hendaklah menajamkan pisau dan menyenangkan hewan yang disembelihnya.”
  3. Tidak Menampakkan Pisau Kepada Hewan Pada
    Saat Mengasah Hewan tersebut seharusnya hanya melihat pisau pada saat masih diasah. Ibnu „Abbas rahimahullah berkata;
    “Rasulullah SAW pernah melihat orang yang sedang bersiap menyembelih seekor kambing, dan orang itu menajamkan pisaunya dihadapan kambing tersebut, melihat hal itu Rasulullah SAW bersabda;
    “Apakah sebelum ini engkau ingin membunuhnya dua kali?”
    Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‟Utsaimin rahimahullah;
    ”Tidak boleh (menajamkan pisau didepan hewan yang akan disembelih), karena Nabi SAW memerintahkan untuk menajamkan pisau dan tidak diperlihatkan kepada hewan sembelihan. Sebab, jika ia menajamkan pisau didepannya maka ia (hewan tersebut) akan tahu bahwa ia akan disembelih. Dan terkadang jika seseorang menajamkan pisau di depan hewan sembelihan, maka ia akan kabur kerena takut disembelih dan orang-orang pun akhirnya kesulitan.”
    Catatan :
    • Dimakruhkan hewan yang akan disembelih ikut menyaksikan proses penyembelihan (hewan lainnya). Ini adalah pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‟Utsaimin rahimahullah.
    • Dimakruhkan pula melakukan tindakan-tindakan yang menyakitkan setelah disembelih sebelum nyawa hewan tersebut meninggalkan jasad. Seperti; mematahkan leher, menguliti, atau memotong sebagian anggota tubuhnya, dan sebagainya. Ini adalah pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‟Utsaimin rahimahullah.
  4. Melakukan Nahr Untuk Unta dan Dzabh (Menyembelih) Untuk Hewan yang Lain
    Nahr untuk unta adalah dengan menusuk leher bagian bawah dekat dada. Unta di nahr dalam keadaan berdiri dan kaki depannya yang sebelah kiri dalam kondisi terikat. Jika tidak memungkinkan, maka nahr dilakukan pada saat unta dalam posisi menderum.
    Hewan selain unta disembelih dalam posisi lambung hewan sebelah kiri berada dibawah, karena akan memudahkan bagi yang menyembelih untuk mengambil pisau dengan tangan kanan dan memegang kepala hewan tersebut dengan tangan kiri.
    Jika penyembelih kesulitan menyembelih dengan posisi seperti itu, maka penyembelihan dilakukan dalam posisi lambung kanan hewan berada dibawah, dengan catatan posisi ini lebih menyenangkan hewan qurban dan lebih mudah bagi penyembelih.
  5. Menghadapkan Sembelihan Kearah Kiblat
    Mayoritas ahli ilmu menyebutkan bahwa hewan yang akan disembelih hendaknya dihadapkan kearah Kiblat. Hukumnya mustahab bukan merupakan syarat. Nafi‟ rahimahullah berkata;
    ”Adalah Ibnu ‟Umar r.a menyembelih unta dan menghadapkannya kearah Kiblat. Kemudian dia makan dan membagikan kepada orang lain.”
  6. Meletakkan Kaki Disisi Lambung Sembelihan
    Disunnahkan agar kaki penyembelih diletakkan pada sisi lambung hewan yang akan disembelihnya, supaya hewan tersebut lebih terkontrol. Anas bin Malik rahimahullah berkata;
    “Rasulullah SAW menyembelih dua ekor kambing yang bagus dan bertanduk, beliau menyembelih sendiri dengan tangannya, membaca bismillah, bertakbir, dan meletakkan kakinya pada sisi lambung hewan tersebut.”
  7. Bertakbir Setelah Membaca Basmalah
    Berdasarkan hadits dari Anas bin Malik rahimahullah diatas.
  8. Menyebut Nama Orang yang Berqurban, Setelah Membaca Basmalah dan Takbir
    Disunnahkan bagi orang yang akan menyembelih hewan qurban untuk menyebut nama orang yang berqurban, setelah membaca basmalah dan takbir, dengan mengucapkan;
    ”Dengan Nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah terimalah, Ya Allah ini dariku (atau dari Fulan), dan dari keluargaku (atau dan dari keluarganya) .”
    Atau mengucapkan;
    ”Dengan nama Allah yang Mahabesar, Ya Allah dariMu dan untukMu dariku (atau dari Fulan).”

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai persoalan adab-adab menyembelih. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat. Sekanjutnya kami akan mengulas sesuai topik utama ini,….

Terima kasih untuk semua customer Aqiqah berkah yang mempercayakan kami sebagai pusat layanan qurban dan aqiqah terbaik sampai saat ini.

Aqiqah Berkah merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produk dan jasa penyediaan kambing dan sapi kurban beserta jasa pemotongan, pengolahan, pengantaran, dan penyaluran serta menerima pesanan paket nasi box untuk kebutuhan aqiqah, qurban atau kebutuhan lainnya. Didirikan sejak tahun 2008 dan di dukung oleh tenaga-tenaga profesional di bidangnya dan berakhlakuk karimah islami.

Maka kami layanan qurban online terpanggil untuk membantu san memudahkan bagi anda yang belum berqurban. Sekarang tunggu apalagi..

Segera pesan layanan qurban online sekarang juga. Kami akan menyediakan kambing dan sapi yang murah memenuhi syar’i, penyembelihan secara islami, mudah praktis, dan nyaman dengan pilihan harga yang bervariasi.

Tujuan Aqiqah Berkah yaitu membuat semua orang bisa berkurban menjalankan sunnah Rasulullah SAW. Di Aqiqah Berkah harga jual kambing murah di bandingkan dengan jasa layananqurban lainnya dan terjangkau untuk seluruh umat.

Keunggulan layanan qurban online ini sebagai berikut:

  1. Kambing berkualitas tinggi dan telah memenuhi syarat untuk qurban
  2. Kambing disembelih oleh ahlinya sesuai syariat Islam (wajib dan sunnah) jika memilih qurban online.
  3. Kambing dapat dilihat dan dipilih langsung di kandang
  4. Kami melayani Qurban untuk daerah Sekarisidenan Kediri
  5. GRATIS ongkos kirim untuk Nganjuk, madiun, kediri dan sekitarnya
  6. Kambing sehat, baik/sesuai syariah
  7. Pembayaran setelah barang sampai / transfer.
  8. Siap menyalurkan kepada yang berhak: pondok pesantren, panti asuhan dan fakir miskin.

Daftar Harga Kambing dan Sapi Qurban di Jakarta

Untuk sobat semua yang tinggal di Jakarta dan ingin membeli kambing untuk berqurban kami memberikan referensi harga kambing qurban berikut ini:

A. Kambing qurban 2018 (Ready Stock)
– Jenis : Kambing / Domba Gibas
     – Berat : Mulai dari 24-29 kg
     – Umur : -+ 1 tahun
     – Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Harga Sapi qurban 2018 (Ready Stock)
1) Sapi Jawa
         – Berat : Mulai dari 300 kg
         – Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
     2) Sapi Bali
         – Berat : Mulai dari 300 kg
         – Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga kambing qurban dan sapi qurban tersebut dapat anda dapatkan melalui penawaran Paket Qurban 2018 Aqiqah Berkah. Berikut Paket Qurban 2018 yang telah kami sediakan :

  1. Paket Qurban Peduli Syar’i
    Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan dari kota seluruh indonesia untuk paket ini.
  2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
    Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban.
    Adapun area atau tempat untuk pendistribusian daging (Paket Qurban Peduli Syar’i) dan pengantaran hewan qurban (Paket Qurban Mandiri Syar’i) yang dapat kami sediakan meliputi kabupaten dan kota :
    (a) Jombang
    (b) Mojokerto
    (c) Nganjuk
    (d) Kediri
    (e) Tulungagung
    (f) Ngawi
    (g) Magetan
    (h) Ponorogo
    (i) Madiun

Nilai tambah hewan qurban Aqiqah Berkah
– Syarat hewan qurban sesuai syar’i
– Umur hewan telah mencukupi (Nishab)
– Dipelihara secara baik dan tidak ber-aib
– Ternak berasal dari daerah bebas penyakit menular
– Ternak berasal dari penampungan yang jelas
– Ternak mendapatkan perlakuan yang layak

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ada di wilayah Malang dan sekitarnya yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

0858-5344-4472

Syarat-Syarat Qurban

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

SYARAT QURBAN

Banyak diantara umat Islam yang berharap dapat ikut serta berqurban di hari Raya Idul Adha. Akan tetapi banyak pula yang belum mengetahui syarat qurban yang benar. Semoga artikel berikut ini akan membantu memahamkan saudara muslim lainnya dalam beribadah aqiqah.

SYARAT

Ibadah qurban akan sah hukumnya jika dilaksanakan dengan menyembelih hewan ternak berupa unta, sapi, kambing maupun domba. Banyak pula ulama yang menyebutkan, syarat hewan qurban selain tersebut tadi tidak layak dan tidak sah.

Udhiyyah atau berkurban termasuk salah satu syi’ar Islam yang agung dan termasuk bentuk ketaatan yang paling utama. Ia adalah syi’ar keikhlasan dalam beribadah kepada Allah semata, dan realisasi ketundukan kepada perintah dan larangan-Nya. Karenanya setiap muslim yang memiliki kelapangan rizki hendaknya melaksanakan perintah berqurban.

Usia hewan yang boleh dijadikan qurban adalah di usia yang telah mencapai umur tertentu. Sapi qurban haruslah yang memiliki umur diatas 5 tahun. Sedangkan kambing yang diperbolehkan untuk diqurbankan itu sudah berumur minimal 1 tahun. Meskipun ada beberapa pendapat yang menyatakan kalau kambing jenis domba itu umur 6 bulan saja bisa untuk dijadikan qurban namun banyak ulama yang menyatakan kalau domba juga harus memiliki umur 1 tahun penuh.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan, sedangkan ia tidak berkurban, janganlah dekat-dekat musholla kami.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan al-Hakim, namun hadits ini mauquf)

Syarat Qurban

Diantara urusan kurban yang harus diketahui oleh seorang mudhahhi adalah syarat-syaratnya. Apa yang harus dipenuhi oleh pengorban dari ibadah qurbannya:

Pertama, hewan sembelihan qurban merupakan hewan ternak berupa unta, sapi, kambing dan domba. Hal ini berdasarkan sabda firman Allah Ta’ala :

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka.” (QS. Al-Hajj: 34)

Kedua, usia hewan qurban sudah mencapai umur minimal yang ditentukan syari’at. Yakni sudah musinnah, kecuali bagi domba boleh jadza’ahnya. Ini berdasarkan sabda Nabi SAW :

لَا تَذْبَحُوا إِلَّا مُسِنَّةً إِلَّا أَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْبَحُوا جَذَعَةً مِنْ الضَّأْنِ

“Janganlah kalian menyembelih kecuali Musinnah (kambing yg telah berusia dua tahun), kecuali jika kalian kesulitan mendapatkannya, maka sembelihlah domba jadza’ah.” (HR. Muslim dari sahabat Jabir bin Abdillah RA)

Ketiga, Hewan qurban terbebas dari aib atau cacat. Di dalam nash hadits ada ada empat cacat yang disebutkan:

  1. Aur Bayyin (buta sebelah yang jelas)
  2. Araj Bayyin (kepincangan yang jelas)
  3. Maradh Bayyin (sakit yang jelas)
  4. Huzal (kekurusan yang membuat sungsum hilang).

Jika hewan qurban terkena salah satu atau lebih dari empat macam aib ini, maka hewan tersebut tidak sah dijadikan sebagai hewan qurban. Dari Al-Bara’ bin ‘Azib berkata: “Rasulullah SAW ditanya, ‘Apa yang harus dijauhi untuk hewan qurban?‘ Beliau memberikan isyarat dengan tangannya lantas bersabda: “Ada empat.” Barra’ lalu memberikan isyarat juga dengan tangannya dan berkata; “Tanganku lebih pendek daripada tangan Rasulullah SAW :

الْعَرْجَاءُ الْبَيِّنُ ظَلْعُهَا وَالْعَوْرَاءُ الْبَيِّنُ عَوَرُهَا وَالْمَرِيضَةُ الْبَيِّنُ مَرَضُهَا وَالْعَجْفَاءُ الَّتِى لاَ تُنْقِى

“(empat perkara tersebut adalah) hewan yang jelas-jelas pincang kakinya, hewan yang jelas buta sebelah, hewan yang sakit dan hewan yang kurus tak bersumsum.” (H.R.Malik)

Keempat, Hewan tersebut benar-benar dimiliki oleh orang yang berkurban atau yang diizikan dikurbankan atas namanya oleh syariat atau oleh orang yang memilikinya. Tidak sah kurban orang yang tidak memilikinya secara sah seperti hewan kurban yang dicuri, dikuasai dengan cara batil, dan semisalnya. Sebabnya tidak sah ibadah taqarrub kepada Allah dengan maksiat kepada-Nya.

29 Syarat Qurban

Kelima, tidak ada hak orang lain pada harta hewan kurban tersebut, maka tidak sah kurban dari hewan yang digadai.

Keenam, menyembelihnya pada waktu yang telah ditentukan oleh syariat. Yaitu setelah shalat Ied sampai terbenamnya matahari dari hari tasyriq terakhir (tanggal 13 Dzulhijjah). Maka waktu menyembelih hewan kurban ada empat hari: hari idul Adha sesudah shalat dan tiga hari sesudahnya yang dikenal dengan ayyam Tasyriq. Maka siapa yang menyembelih sebelum shalat ied selesai atau sesudah matahari di tanggal 13 terbenam, tidak sah kurbannya.

Selain memperhatikan usia hewan sembelihan qurban, anda juga harus melihat dari kondisi hewan tersebut dan kesehataannya sehingga bisa sah menjadi hewan qurban. Hewan qurban yang akan menjadi sembelihan Idul Adha haruslah sempurna atau tidak memiliki kecacatan fisik yang menonjol seperti tidak memiliki kaki atau sakit , atau hewan yang akan menjadi qurban itu terlalu kurus sampai terlihat tulang-tulangnnya.

Bila saudara ingin berqurban namun masih belum tau urutan qurban yang baik dan benar, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu urutannya secara benar. Pada urutan pertama untuk berqurban adalah seekor unta yang dijadikan qurban untuk satu keluarga ataupun satu orang saja.

Pada urutan kedua adalah berqurban dengan 1 ekor sapi untuk satu orang atau orang serumah(keluarga). Sedangkan pada urutan ketiga anda bisa berqurban dengan seekor kambing kibas atau domba. Keempat, Anda dapat berqurban dengan menggunakan kambing jawa, dan kelima anda bisa berqurban unta secara patungan maksimal 7 orang atau 7 rumah. Urutan diatas adalah urutan yang pas namun lebih baik anda memperhatikan hewan yang akan diqurbankan, harusnya memiliki badan yang gemuk dan sehat.

Pembagian Hukum Syar’i III

By | Berita | No Comments

PEMBAGIAN HUKUM SYAR’I III

Pada bagian artikel lainnya telah dijelaskan bahwa pembagian hukum syar’i terbagi menjadi dua yakni hukum taklifi dan hukum wadhi. Ahli fiqih dan ahli ushul fiqih berbeda dalam memaknai hukum syar’i. Simak artikel berikut in untuk lebih jelasnya.

PEMBAGIAN

Antar ahli ushul fiqih (Ushuliyun) dan ahli fiqih (Fuqoha’) berbeda pendapat dalam memahami hukum syar’i. Para ahli ushul fiqih memberi definisi hukum syar’i sebagai kitab (titah) Allah yang berhubungan dengan perbuatan mukallaf yang mengandung tuntutan, kebolehan, boleh pilih atau wadha’ (yaitu mengandung ketentuan tentang ada atau tiaanya sesuatu hukum).

Sedangkan pihak ahli fiqih (Fuqoha’) memberi definisi sebagai efek yang dikehendaki oleh titah Allah tentang perbuatan yang wajib, haram, dan mubah. Apabila melihat definisi yang dikemukakan oleh para ahli di atas, dapat disimpulkan nahwa nash dari pembuat syara’ (Allah dan Rasul-Nya) itulah menurut ahli ushul (Ushuliyun), yang dikatakan hukum syar’i.

Sedangkan menurut ahli fiqih (Fuqoha’) bukan nash itu yang dimaksud dengan hukum syar’i melainkan efek dari isi nash itu sendiri. Misal saja dalam Firman Allah surat An-Nisa ayat 4 :

“Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuuh kerelaan”.

Ahli ushul fiqih mengatakan bahwa firman (perintah memberi maskawin) itulah yang dikatakan hukum syar’i berbeda dengan ahli fiqih yang mengatakan bahwa wajib memberi maskawin yang dikatakan hukum syar’i. (Dikutip dari H. Aliddin Koto, 2004, halaman 38-39).

Pembagian Hukum Syar’i ada dua yakni Hukum Taklifi dan Hukum Wadh’i. Pada artikel berikut ini akan lebih banyak menjelaskan ke dalam hukum wadh’i.

HUKUM WADH’I

Yang dimaksud dengan hukum wadh’i adalah titah Allah yang menjadikan sesuatu sebab bagi adanya sesuatu yang lain atau sebagai syarat bagi sesuatu yang lain atau juga sebagai penghalang (man’) bagi adanya sesuatu yang lain tersebut. Oleh karena itu, ulama membagi hukum wadh’i ini kepada beberapa hal diantaranya : sebab, syarat dan mani’. Namun sebagian ulama memasukkan sah dan batal, azimah dan rukhshah.

1. SEBAB

Yang dimaksud dengan sebab adalah sesgala sesuatu yang dijadikan oleh syar’i sebagai alasan bagi ada dan tidak adanya hukum. Adanya sesuatu menyebabkan adanya hukum dan tidak adanya sesuatu itu melazimkan tidak adanya hukum. Adanya sesuatu menyebabkan adanya hukum dan tidak adanya sesuatu itu melazimkan tidak adanya hukum.

Ulama membagi sebab ini kepada dua bagian :

  1. Sebab yang diluar kemampuan mukalaf. Misal, keadaan terpaksa menjadi sebab bolehnya memakan bangkai dan tergelincir atau tenggelamnya matahari sebagai sebab wajibnya sholat.
  2. Sebab yang berada dalam kesanggupan mukalafi. Sebab ini dibagi dua yakni :

1) Yang termasuk ke dalam hukum taklifi, seperti menyaksikan bulan dan itu menjadikan wajib melaksanakan puasa (QS Al-Baqarah (2) : 185). Begitu juga keadaan sedang dalam perjalanan menjadi sebab boleh tidaknya berpuasa di bulan Ramadhan (QS Al-Baqarah (2) : 185).
2) Yang termasuk dalam hukum wadh’i seperti perkawinan menjadi sebab hak warisan antara suami istri dan menjadi sebab haramnya mengawini mertua dan lain sebagainya.

2. SYARAT

Yang dimaksud dengan syarat adalah sesuatu yang tergantung adanya hukum dengan adanya sesuatu tersebut dan tidak adanya sesuatu itu mengakibatkan tidak ada pula hukum. Namun, dengan adanya sesuatu itu tidak mesti pula adanya hukum.

Misal, wajib zakat barang perdagangan apabila usaha perdagangan itu sudah berjalan satu tahun bila syarat berlakunya satu tahun itu belum terpenuhi, zakat itu belum wajib. Namun, dengan adanya syarat berjalan, satu tahun itu saja belumlah tentu wajib zakat, karena masih tergantung kepada sampai atau tidaknya dagangan tersebut senisab.

3. MANI’

Yang dimaksud dengan mani’ adalah segala sesuatu yang dengan adanya dapat menjadikan hukum atau dapat membatalkan sebab hukum. Dari definisi diatas dapat diketahui bahwa mani’ itu terbagi kepada dua macam :

a. Mani’terhadap hukum. Misal perbedaan agama antara pewaris dengan yang akan diwarisi adlaah mani’ (penghalang) hukum pusaka mempusakai sekalipun sebab untuk saling mempusakai sudah ada, yaitu perkawinan. Begitu juga najis yang terdapat di tubuh atau di pakaian orang yang sedang sholat. Dalam contoh ini tidak terdapat salah satu syarat sah sholat, yaitu suci dari najis. Oleh sebab itu tidak ada hukum sahnya sholat. Hal ini disebut mani’ hukum.

b. Mani’ terhadap sebab hukum. Misalnya, seseorang yang memiliki harta senisab wajib mengeluarkan zakatnya. Namun, karena ia mempunyai hutang yang jumlahnya sampai mengurangi nisab zakat ia tidak wajib membayar zakat, karena harta miliknya tidak cukup senisab lagi. Memiliki harta senisab itu adalah menjadi sebab wajibnya zakat. Namun, keadaannya mempunyai banyak hutang tersebut menjadikan penghalang sebab adanya hukum wajib zakat. Dengan demikian, mani’ dalam contoh ini adalah mengahalani sebab hukum zakat. Hal ini disebut mani’ sebab.

Harga Kambing Qurban di Malang

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Harga Kambing Qurban Malang

Halo sahabat Aqiqah Berkah yang di rahmati oleh Allah SWT. Gimana kabarnya hari ini?baik apa engga?pasti baik kan.:-) Nah kali ini kami mau mengulas mengenai Harga Kambing Qurban Malang. Kalau bahas masalah jual kambing sih, Aqiqah Berkah pati solusinya. 😉 tapi sebelumnya kita ulas dulu mengenai cara menentukan harga jual kambing terlebih dahulu. yukkk di baca sahabat…

Cara Menentukan harga Jual

Penetapan harga tidak hanya ditentukan dari selisih antara harga beli dan harga jual, tetapi juga sangat ditentukan oleh biaya-biaya lain yang dapat menutup biaya sehingga kita dapat memperoleh keuntungan.Contohnya seandainya kita ingin menjual kambing untuk keperluan kurban. Seekor kambing dibeli dengan harga Rp. 800 ribu, kemudian dijual lagi dengan harga Rp. 850 ribu. Tampaknya kita akan memperoleh keuntungan sebesar Rp. 50 ribu. Keuntungan yang kita peroleh ini disebut dengan laba kotor. Laba kotor belum mencerminkan keuntungan yang sebenernya karena kita harus memperhitungkan semua biaya yang kita keluarkan untuk memperoleh kambing tersebut dan melakukan penjualan.

Penentuan harga ketika proses jual beli ternak, umumnya didasarkan pada kondisi fisik (bobot dan kesehatan) ternak. Karena kondisi fisik mencerminkan produksi dan kualitas karkas. Semakin bagus kondisi fisik si ternak, maka harga semakin tinggi. Ada beberapa hal juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jual ternak. Berikut pertimbangan yang dimaksud.

  1. Umur
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur potong kambing berkorelasi positif dengan keempukkan daging yang dihasilkannya. Artinya, makin tua ternak dipastikan dagingnya lebih liat. Diketahui juga, daging yang berasal dari kambing tua baunya lebih menyengat. Konsumen umumnya lebih suka daging kambing yang empuk. Karena itu, faktor umur cukup memengaruhi harga jual kambing.
    Ada tiga tipe daging kambing yang dihasilkan dan dikonsumsi sebagai berikut.
    – Daging anak kambing (umur 8 – 12 minggu)
    – Daging kambing muda (umur 1 – 2 tahun)
    – Daging kambing tua (umur 2 – 6 tahun)
  2. Kebiri
    Kambing muda siap potong umumnya lebih murah dibandingkan dengan kambing muda kebirian, meski umur keduannya sama. Hal ini disebabkan karena persentase karkas kambing muda akan lebih rendah dibandingkan dengan kambing jantan kebiri.

Daftar Harga Kambing dan Sapi Qurban di Malang

Untuk sobat semua yang tinggal di Malang dan ingin membeli kambing untuk berqurban kami memberikan referensi harga kambing qurban berikut ini:

A. Kambing qurban 2018 (Ready Stock)
– Jenis : Kambing / Domba Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Harga Sapi qurban 2018 (Ready Stock)
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga kambing qurban dan sapi qurban tersebut dapat anda dapatkan melalui penawaran Paket Qurban 2018 Aqiqah Berkah. Berikut Paket Qurban 2018 yang telah kami sediakan :

  1. Paket Qurban Peduli Syar’i
    Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan dari kota semarang dan sekitarnya.
  2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
    Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban.

Adapun area atau tempat untuk pendistribusian daging (Paket Qurban Peduli Syar’i) dan pengantaran hewan qurban (Paket Qurban Mandiri Syar’i) yang dapat kami sediakan meliputi kabupaten dan kota :
(a) Jombang
(b) Mojokerto
(c) Nganjuk
(d) Kediri
(e) Tulungagung
(f) Ngawi
(g) Magetan
(h) Ponorogo
(i) Madiun

Nilai tambah hewan qurban Aqiqah Berkah
– Syarat hewan qurban sesuai syar’i
– Umur hewan telah mencukupi (Nishab)
– Dipelihara secara baik dan tidak ber-aib
– Ternak berasal dari daerah bebas penyakit menular
– Ternak berasal dari penampungan yang jelas
– Ternak mendapatkan perlakuan yang layak

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ada di wilayah Malang dan sekitarnya yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

TELPON / SMS :

0858-5344-4472