Daily Archives: August 1, 2018

Harga Domba Kurban Tahun 2018

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

HARGA DOMBA KURBAN TAHUN 2018

Kurban diperingati dengan penyembelihan binatang ternak berupa domba, kambing, sapi maupun unta. Mau tahu informas harga domba kurban tahun 2018 ? Update selau di www.aqiqahberkah.com

1 Harga Domba Kurban Th 2018 (1)

Bagaimana dengan persiapan hewan kurban di tahun 2018 ini ? Pesan segera hewan kurban pilihan Anda pada Aqiqah Berkah dan sempurnakan ibadah kurban Anda tahun ini. Aqiqah Berkah menyediakan khusus kambing kurban dan sapi kurban.

Hari Raya Qurban 1437 H tahun 2018 Insya Allah dilaksanakan pada bulan September 2018. Untuk itu segera pesan hewan qurban sekarang juga agar ibadah qurban lebih sempurna. Qurban merupakan penyembelihan hewan ternak bagi manusia untuk menjadi lebih dekat dengan kasih sayang Allah.

Pada artikel kali ini, akan lebih banyak diuraikan mengenai domba kurban tahun 2018, meskipun hingga saat ini Aqiqah Berkah belum menyediakan stock domba. Aqiqah Berkah masih tersedia hewan kurban berupa kambing dengan jenis gibas dan sapi dengan jenis sapi bali, sapi jawa.

Hewan ternak domba dan kambing merupakan spesies yang sama namun berbeda. Domba yang berbentuk tubuh bulat berbeda dengan kambing yang berbentuk ramping. Pada bulu domba yang tebal juga beda dengan bulu kambing yang relatif tipis. Domba lebih banyak menghasilkan daging sehingga sangat sesuai dijadikan hewan sembelihan.

Harga jual antara kambing dan domba sangatlah berbeda. Domba lebih mahal dibandingkan dengan kambing dan domba tidak semudah dijumpai di Indonesia seperti kambing. Ketika Anda akan membeli hewan yang dijadikan sembelihan baik aqiqah maupun qurban, pastikan Anda mengetahui harga pasaran hewan tersebut. Penentuan harga ketika proses jual beli ternak pada umunya didasarkan pada kondisi fisik hewan (berat hewan dan kesehatan).

1 Harga Domba Kurban Th 2018

Mengenai harga domba kurban pada tahun 2018 ini, masih dapat dibilang lumayan tinggi. Berikut ini beberapa gambaran harga domba dari pengamatan beberapa situs penjualan online maupun peternak domba dengan berbagai jenis :

  1. Domba Garut Bakalan Jantan Penggemukan berat 14-18 Kg usia 4-6 bulan harga Rp 1.650.000
  2. DET (bertanduk) Bakalan Jantan Penggemukan berat 13-17 Kg usia 4-6 bulan harga Rp 1.350.000
  3. DET (tidak bertanduk) Bakalan Jantan Penggemukan berat 13-17 Kg usia 4-6 bulan harga Rp 1.150.000
  4. Merino Bakalan Jantan Penggemukan berat 18-22 Kg berat 4-6 bulan harga Rp 1.500.000
  5. Domba Garut Bakalan Betina Kontes berat 14-18 Kg usia 4-6 bulan harga Rp 3.250.000
  6. Domba Garut Bakalan Betina berat 12-15 usia 4-6 bulan harga Rp 1.150.000
  7. DET Bakalan Betina berat 11-14 Kg usia 4-6 bulan harga Rp 950.000
  8. Merino Bakalan Betina berat 13-17 Kg usia 4-6 bulan harga Rp 1.050.000
  9. Domba Kelas C Bibit Breeding Betina Garut berat = Domba Kelas B Bibit Breeding Betina Garut berat 21-25 Kg usia 12-18 bulan harga Rp 2.300.000
  10. Domba Kelas A Bibit Breeding Betina Garut berat 26-30 Kg usia 12-18 bulan harga Rp 2.800.000
  11. Domba Garut Bibit Breeding Jantan Garut minimal usia 12 bulan harga Rp 105.000

Kondisi hewan yang dijual mencerminkan produksi dan kualitas karkas. Semakin bagus kondisi fisik ternak tersebut, maka harga juga semakin tinggi. Ada pula beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jual ternak tersebut. Berikut ini beberapa penentu harga domba ataupun kambing :

1 Harga Domba Kurban Th 2018 (2)

Umur

Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur potong kambing berkorelasi positif dengan keempukkan daging yang dihasilkannya. Artinya, makin tua ternak dipastikan dagingnya lebih liat. Diketahui juga, daging yang berasal dari kambing tua baunya lebih menyengat. Konsumen umumnya lebih suka daging kambing yang empuk. Karena itu, faktor umur cukup memengaruhi harga jual kambing.

Ada tiga tipe daging kambing yang dihasilkan dan dikonsumsi sebagai berikut.

  1. Daging anak kambing (umur 8 – 12 minggu)
  2. Daging kambing muda (umur 1 – 2 tahun)
  3. Daging kambing tua (umur 2 – 6 tahun)

Kebiri

Kambing muda siap potong umumnya lebih murah dibandingkan dengan kambing muda kebirian, meski umur keduannya sama. Hal ini disebabkan karena persentase karkas kambing muda akan lebih rendah dibandingkan dengan kambing jantan kebiri.

Jual Kambing Qurban Murah Surabaya

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Jual Kambing Qurban Murah Surabaya

Hai para sahabat semuanya, sebelum pembahas mengarah sesuai topik utama. Mari kita bahas dahulu masalah-masalah seputar kurban. Setelah itu langsung dilanjutkan pembahasan topik utama yakni Jual Kambing Qurban Murah Surabaya. simak guys…

Seputar Masalah Kurban

Pertama, macam-macam kurban. Kurban bisa dilaksanakan dengan menyembelih unta, sapi, kambing ataulembu. Ini sebagaimana firman Allah SWT.”Dan bagi setiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa.” (QS Al-Hajj [22]: 34).

Binatang ternak dalam ayat ini adalah sapi, unta, dan kambing. Satu kambing untuk satu orang, sementara unta atau sapi untuk tujuh orang. Ini sesuai hadist Jabir r.a, berkata, “ Rasulullah SAW menyuruh kami untuk menyembelih unta dan satu unta atau sapi untuk tujuh orang.” (HR Bukhari Muslim).

Kedua, perkara yang wajib dipenuhi:

  1. Unta sudah berusia lima tahun, sapi dua tahun, dan satu tahun untuk Al-Muiz, enam bulan untuk Adh-Dha’ni, hewan yang tidak mencukupi umur demikian maka tidak boleh dijadikan kurban, sebagaimana hadist Rasulullah SAW., “Janganlah kalian menyembelih Musanna kecuali kalian susah, maka sembelihlah jaz’ah dari Adh-Dha’ni.” (HR Jamaah kecuali Al-Bukhari).
  2. Tidak memiliki empat aib yang disebutkan Rasulullah SAW., yakni: pertama, buta; Kedua, sakit; ketiga, pincang atau tidak bisa berjalan; dan keempat, terlalu kurus.

Al-Barra’ bin ‘Azib meriwayatkan bahwa, tatkala ditanya tentang faktor yang harus diperhatikan dalam berkurban, Rasulullah SAW. Mengisyaratkan dengan tangannya sembari bersabda, “Empat: tidak melihat, sakit, tidak bisa berjalan karena kakinya terpotong, dan terlalu kurus,” (HR Malik)

Adapun aib yang lain seperti cacat pada telinga dan tanduk, hukumnya hanya makruh dan tidak dilarang. Binatang kurban sebaiknya adalah yang gemuk, kuat, besar, dan enak dipandang. Semakin baik kurban yang disembelih, tentu Allah SWT semakin suka. Ingat!! Allah SWT Mahabaik dan hanya menerima yang baik-baik.

Ketiga, tempat pemotongan kurban adalah Mina dan boleh juga mekah dan sekitarnya, sebagimana sabdanya, “Setiap tempat di Mekah adalah tempat penyembelihan dan jalan,” (HR Abu Dawud).

Menurut Imam Syafi’i, semua tanah haram adalah tempat sah untuk dijadikan tempat memotong kurban, baik ketika haji ataupun umrah. Menyembelih di mekkah lebih bermanfaat bagi orang miskin, baik ketika hari raya Idul Adha ataupun pada hari tasyrik. Orang yang menyembelih kurban di luar batas haram, di Arafah misalnya, menurut pendapat yang masyur tidak sah.

Keempat, waktu penyembelihan hewan kurban adalah pada hari raya, sejak selesai shalat atau ketika matahari setinggi tombak, hingga akhir hari tasyriq. Rasulullah SAW. Menyembelih kurban pada hari raya. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Semua hari tasyriq adalah hari penyembelihan.” Tidak boleh kurban tamattu’ dan qiran mendahului hari raya karena Rasululllah SAW tidak menyembelihnya sebelum hari raya. Beliau bersabda, “Lihatlah saya dalam ibadah kalian.” Juga tidak boleh menyembelih setelah hari tasyriq karena bukan hari penyembelihan. Yang dianjurkan adalah selama empat hari tersebut, siang maupun malam. Namun, sebaiknya kurban disembelih siang hari.

Kelima, sunnah dalam menyembelih unta kurban adalah menyilangkan kaki depannya. Namun, kalau sulit, boleh disembelih dalam keadaan berdiri. Untuk selain unta, dianjurkan dibaringkan ke samping. Perbedaan antara memotong dengan menyembelih adalah memotong berarti mengiris bagian bawah leher deket dada, sedangkan menyembelih adalah mengiris bagian atas leher dekat kepala. Yang jelas, baik menyembelih ataupun memotong, disunnahkan mengalirkan darah dengan mengiris urat nadi leher. Ini sebagaimana sabda Nabi, “Makanlah hewan yang darahnya ditumpahkan atas nama Allah SWT., jangan yang dibunuh dengan kuku atau gigi.” (HR Bukhari Muslim).

Wajib menyebut nama Allah SWT tatkala menyembelih. Hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah SWT tidak boleh dimakan, sebagaimana firman-Nya, “Dan janganlah kamu memakan dari apa (daging hewan) yang (ketika disembelih) tidak disebut nama Allah, perbuatan itu benar-benar suatu kefasikan. Sesungguhnya, setan-setan akan membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu. Dan jika kamu menuruti mereka, tentu kamu telah menjadi orang musyrik,” (QS Al-An’am [6]: 121)

Keenam, cara pembagian hewan kurban telah dijelaskan dalam Al-Quran dan Sunnah: “Maka makanlah sebagiannya darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” (HR Al-hajj [22]: 28). Dalam hadist disebutkan bahwa, sewaktu haji, Rasulullah SAW membagikan satu potong pada setiap orang, kemudian dikumpulkan dan dimasak. Semuanya makan daging dan kuahnya. (HR Muslim).

Disunnahkan untuk menikmati hewan qurban dan membagikannya kepada orang lain. Tidak boleh menyembelih kurban lalu ditinggalkan begitu saja tidak dibagi-bagikan sehingga bisa dimanfaatkan orang lain. Ini merupakan pemborosan dan menghambur-hamburkan harta. Anjuran Allah SWT untuk memberi makan hanya terlaksana dengan membagi-bagikan kepada orang yang membutuhkan.

Orang yang berkurban hendaknya memerhatikan keenam perkara ini agar kurbannya bagi yang tamattu’ dan qiran, atau berpuasa bagi yang tidak mampu, bukanlah denda bagi yang naik haji atau melakukan hal merugikan yang tidak bermanfaat, tetapi sebagai kesempurnaan ibadah dan mensyukuri kebaikan Allah SWT. Allah mensyariatkan kurban bagi Hamba-Nya supaya hamba tersebut mendekatkan diri kepada-Nya, menambah pahala, mengangkat derajat, dan memberi makan makhluk-Nya. Kurban merupakan salah satu cara mensyukuri nikmat Allah SWT atau melakukan gantinya. Jadi, darah yang mengalir adalah darah tanda syukur, bukan darah paksaan karena jamaah haji berikut orang-orang yang membutuhkan menikmati daging tersebut.

Banyak orang yang tidak memerhatikan dan tidak memperhitungkan hikmah ini. Mereka pun berusaha untuk tidak melaksanakan kewajiban kurban, bahkan ada yang naik haji sendirian supaya tidak melaksanakan kurban atau puasa, seakan ia tidak menginginkan pahala haji tamttu’ atau pahala puasa.

Berikut Harga Kambing Tahun 2018 :

Harga Kambing Kacang (jawa)
Kambing jawa (lokal). Untuk ras ini, paling banyak di Indonesia dan paling mudah untuk di cari, terutama di daerah jawa timur dan jawa tengah. Adapun untuk masalah harga, jenis kambing jawa atau kambing kacang sangat bervariasi di lihat dari umur, kondisi fisik, kesehatan, dan jenis kelamin. Untuk kisaran harganya mulai dari harga 800 ribu sampai 2,5 juta rupiah. Berikut daftar Harga Kambing Kacang (Jawa)

a) Kambing betina anakan umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 800.000,-
b) Kambing betina anakan Umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.300.00,-
c) Kambing betina Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 1.800.000,-
d) Kambing Betina Umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.300.000,-
e) Kambing Jantan anakan Umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 1.000.000,-
f) Kambing jantan anakan umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.600.000,-
g) Kambing jantan Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 2.300.000,-
h) Kambing jantan umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.600.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga Kambing Etawa
Kambing Etawa merupakan jenis kambing pedaging, penghasil susu, dan sebagai kambing kontes. Sedangkan untuk populasi dan perkembangannya tidak kalah saing dengan kambing lokal atau kambing jawa (kacang). Keunggulan dari kambing Etawa adalah memiliki postur tubuh yang lebih besar serta menghasilkan daging yang sangat banyak. Untuk harga kambing Etawa memiliki harga yang cukup jauh di atas kambing lokal. Berikut harga kambing etawa :
a) Etawa betina anakan Umur 3 – 5 bulan = Rp 1.700.000,-
b) Etawa Betina nakan Umur 6 – 7 bulan = Rp 2.200.000,-
c) Etawa Betina Umur 8 – 12 bulan = Rp Rp 3.000.000,-
d) Etawa Betina Dewasa Umur 1 – 2 tahun = Rp 3.500.000,-
e) Etawa Jantan Anakan Umur 3 – 5 bulan = Rp 2.000.000,-
f) Etawa jantan Anakan Umur 6 – 7 bulan = Rp 3.000.000,-
h) Etawa Jantan Umur 8 – 12 bulan = Rp 4.000.000,-
i) Etawa Jantan Umur 1 – 2 tahun = Rp 5.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga Kambing Peranakan Etawa (PE)
Kambing peranakan Etawa (PE) adalah kambing hasil dari kawin silang antara kambing etawa dan jawa (lokal). Untuk kualitasnya tidak kalah dengan kambing lain dan termasuk kambing yang mempunyai keunggulan, keunggulan yang sangat menonjol dari Peranakan etawa ini adalah tingkat adaptasinya yang sangat tinggi, berikut harganya.
a) PE Betina Anakan Berumur 3 – 5 bulan = Rp 1.000.000,-
b) PE Betina anakan Berumur 6 – 7 Bulan = Rp 1.500.000,-
c) PE betina Berumur 8 – 12 bulan = Rp 2.000.000,-
d) PE betina Berumur 1 – 2 tahun = Rp 2.500.000,-
e) PE Jantan Anakan Berumur 3 – 5 Bulan = Rp 1.400.000,-
f) PE Jantan Anakan Berumur 6 – 7 bulan = Rp 1.800.000,-
g) PE Jantan Berumur 8 – 12 bulan = Rp 2.500.000,-
h) Pe Jantan Berumur 1 – 2 tahun = Rp 3.200.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga Kambing Gibas
Kambing gibas adalah salah satu jenis kambing yang memiliki ciri-ciri khusus seperti bulunya yang panjang dan gimbal, sehingga kambing jenis ini sering juga disebut kambing gimbal. Pada umumnya, warna bulu kambing gibas yakni putih dan tubuhnya cukup besar. Untuk harga kambing gibas memiliki harga yang paling rendah jika di banding dengan harga kambing lain. Berikut harga kambing gibas.
a) Kambing Gibas Betina Anakan Berumur 3 – 5 Bulan = Rp 600.000,-
b) Kambing Gibas Betina Anakan Berumur 6 – 7 Bulan = Rp 1.200.000,-
c) Kambing Gibas Betina Berumur 8 – 12 Bulan = Rp 1.600.000,-
d) Gibas Jantan Anakan Jantan berumur 3 – 5 Bulan = Rp 1.000.000,-
e) Gibas Jantan Anakan Jantan berumur 6 – 7 Bulan = Rp 1.200.000,-
f) Gibas Jantan Umur 8 – 12 Bulan = Rp 2.100.000,-
g) Gibas jantan Umur 1 – 2 Tahun = Rp 2.400.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Itulah harga kambing terbaru 2018. Berikut ini harga kambing dan sapi yang ada di Aqiqah Berkah.

Terima kasih untuk semua customer Aqiqah berkah yang mempercayakan kami sebagai pusat layanan qurban dan aqiqah terbaik sampai saat ini.

Aqiqah Berkah merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produk dan jasa penyediaan kambing dan sapi kurban beserta jasa pemotongan, pengolahan, pengantaran, dan penyaluran serta menerima pesanan paket nasi box untuk kebutuhan aqiqah, qurban atau kebutuhan lainnya. Didirikan sejak tahun 2008 dan di dukung oleh tenaga-tenaga profesional di bidangnya dan berakhlakuk karimah islami.

Maka kami layanan qurban online terpanggil untuk membantu san memudahkan bagi anda yang belum berqurban. Sekarang tunggu apalagi..

Segera pesan layanan qurban online sekarang juga. Kami akan menyediakan kambing dan sapi yang murah memenuhi syar’i, penyembelihan secara islami, mudah praktis, dan nyaman dengan pilihan harga yang bervariasi.

Tujuan Aqiqah Berkah yaitu membuat semua orang bisa berkurban menjalankan sunnah Rasulullah SAW. Di Aqiqah Berkah harga jual kambing murah di bandingkan dengan jasa layananqurban lainnya dan terjangkau untuk seluruh umat.

Keunggulan layanan qurban online ini sebagai berikut:
1. Kambing berkualitas tinggi dan telah memenuhi syarat untuk qurban
2. Kambing disembelih oleh ahlinya sesuai syariat Islam (wajib dan sunnah) jika memilih qurban online.
3. Kambing dapat dilihat dan dipilih langsung di kandang
4. Kami melayani Qurban untuk daerah Sekarisidenan Kediri
5. GRATIS ongkos kirim untuk Nganjuk, madiun, kediri dan sekitarnya
6. Kambing sehat, baik/sesuai syariah
7. Pembayaran setelah barang sampai / transfer.
8. Siap menyalurkan kepada yang berhak: pondok pesantren, panti asuhan dan fakir miskin.

Daftar Harga Kambing dan Sapi Qurban di Surabaya

Untuk sobat semua yang tinggal di Surabaya dan ingin membeli kambing untuk berqurban kami memberikan referensi harga kambing qurban berikut ini:

A. Kambing qurban 2018 (Ready Stock)
– Jenis : Kambing / Domba Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Harga Sapi qurban 2018 (Ready Stock)
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga kambing qurban dan sapi qurban tersebut dapat anda dapatkan melalui penawaran Paket Qurban 2018 Aqiqah Berkah. Berikut Paket Qurban 2018 yang telah kami sediakan :

  1. Paket Qurban Peduli Syar’i
    Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan dari kota semarang dan sekitarnya.
  2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
    Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban.
    Adapun area atau tempat untuk pendistribusian daging (Paket Qurban Peduli Syar’i) dan pengantaran hewan qurban (Paket Qurban Mandiri Syar’i) yang dapat kami sediakan meliputi kabupaten dan kota :
    (a) Jombang
    (b) Mojokerto
    (c) Nganjuk
    (d) Kediri
    (e) Tulungagung
    (f) Ngawi
    (g) Magetan
    (h) Ponorogo
    (i) Madiun

Nilai tambah hewan qurban Aqiqah Berkah
– Syarat hewan qurban sesuai syar’i
– Umur hewan telah mencukupi (Nishab)
– Dipelihara secara baik dan tidak ber-aib
– Ternak berasal dari daerah bebas penyakit menular
– Ternak berasal dari penampungan yang jelas
– Ternak mendapatkan perlakuan yang layak

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ada di wilayah Surabaya dan sekitarnya yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

Syarat Kurban

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

SYARAT KURBAN

Syarat Kurban terbagi menjadi dua bagian yakni syarat sunat dan syarat syah. Banyak pula diantara umat Islam yang memang berharap untuk dapat ikut serta dalam berqurban di saat Hari Rya Idul Adha. Ketahuilah syarat kurban baik sunat maupun syah dalam artikel berikut ini. Semoga bermanfaat 🙂

Spark- (1)

Syarat ibadah kurban terbagi menjadi dua bagian, yaitu syarat sunat dan syarat syah. Rincian penjelasannya adalah sebagai berikut:

Adapun syarat sunat adalah sebagai berikut :

  1. Mampu. Qurban disunatkan bagi kaum muslimin yang mampu, yaitu orang yang mampu membeli hewan Qurban. Bahkan menurut madzab Hanabilah sekalipun dengan berhutang dalam membeli hewan Qurban sekiranya ia dapat membayar hutang maka terkategori mampu untuk berQurban.
  2. Merdeka. Qurban tidak disunahkan bagi hamba sahaya.

Sementara Syarat Syahnya Qurban adalah sebagai berikut :

  1. Hewan Qurban tidak cacat (tidak buta, tidak pincang, tidak sakit yang menjadikannya kurus dan dagingnya rusak, tidak terpotong telinganya, tidak berekor kecuali sejak dari lahir dll).
  2. Cukup umur, yakni genap satu tahun bila Qurban berupa seekor domba (kibas) atau telah tanggal gigi depannya dengan syarat tanggalnya gigi depan setelah mencapai umur enam bulan.Sementara untuk kambing kacang telah berumur dua tahun, sapi/kerbau dua tahun dan unta telah genap berumur lima tahun.
  3. Qurban dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, yakni setelah sholat Idul Adha sampai 3 hari setelah sholat Idul Adha (hari tasyriq).

Pelaksanaan ibadah kurban akan syah hukumnya jika dilaksanakan dengan menyembelih hewan ternak berupa unta, sapi, kambing maupun domba. Banyak pula ulama yang menyebutkan, syarat hewan qurban selain tersebut tadi tidak layak dan tidak sah.

Udhiyyah atau berkurban termasuk salah satu syi’ar Islam yang agung dan termasuk bentuk ketaatan yang paling utama. Ia adalah syi’ar keikhlasan dalam beribadah kepada Allah semata, dan realisasi ketundukan kepada perintah dan larangan-Nya. Karenanya setiap muslim yang memiliki kelapangan rizki hendaknya melaksanakan perintah berqurban.

Mengenai usia hewan yang boleh dijadikan qurban adalah di usia yang telah mencapai umur tertentu. Sapi qurban haruslah yang memiliki umur diatas 5 tahun. Sedangkan kambing yang diperbolehkan untuk diqurbankan itu sudah berumur minimal 1 tahun. Meskipun ada beberapa pendapat yang menyatakan kalau kambing jenis domba itu umur 6 bulan saja bisa untuk dijadikan qurban namun banyak ulama yang menyatakan kalau domba juga harus memiliki umur 1 tahun penuh.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan, sedangkan ia tidak berkurban, janganlah dekat-dekat musholla kami.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan al-Hakim, namun hadits ini mauquf)

SYARAT KURBAN

SYARAT KURBAN

Diantara urusan kurban yang harus diketahui oleh seorang mudhahhi adalah syarat-syaratnya. Apa yang harus dipenuhi oleh pengorban dari ibadah qurbannya:

Pertama, hewan sembelihan qurban merupakan hewan ternak berupa unta, sapi, kambing dan domba.

Kedua, usia hewan qurban sudah mencapai umur minimal yang ditentukan syari’at. Yakni sudah musinnah, kecuali bagi domba boleh jadza’ahnya.

Ketiga, Hewan qurban terbebas dari aib atau cacat.

Keempat, Hewan tersebut benar-benar dimiliki oleh orang yang berkurban atau yang diizikan dikurbankan atas namanya oleh syariat atau oleh orang yang memilikinya. Tidak sah kurban orang yang tidak memilikinya secara sah seperti hewan kurban yang dicuri, dikuasai dengan cara batil, dan semisalnya. Sebabnya tidak sah ibadah taqarrub kepada Allah dengan maksiat kepada-Nya.

Kelima, tidak ada hak orang lain pada harta hewan kurban tersebut, maka tidak sah kurban dari hewan yang digadai.

Keenam, menyembelihnya pada waktu yang telah ditentukan oleh syariat. Yaitu setelah shalat Ied sampai terbenamnya matahari dari hari tasyriq terakhir (tanggal 13 Dzulhijjah). Maka waktu menyembelih hewan kurban ada empat hari:

  1. Hari idul Adha sesudah shalat dan
  2. Tiga hari sesudahnya yang dikenal dengan ayyam Tasyriq. Maka siapa yang menyembelih sebelum shalat ied selesai atau sesudah matahari di tanggal 13 terbenam, tidak sah kurbannya.

Harga Seekor Kambing Tahun 2018

By | Berita, Paket Aqiqah, Paket Qurban | No Comments

HARGA SEEKOR KAMBING 2018

Update selalu harga kambing terbaru 2018 !! Persiapkan segera kambing aqiqah untuk putera puteri maupun kambing untuk qurban tahun 2018. Pesan kambing 2018 di nomor 085853444472.

Harga Kambing 2018

Anda masih khawatir kemahalan membeli seekor kambing untuk aqiqah maupun qurban ? Cek segera harga seekor kambing 2018 disini. Insya Allah kami selalu update harga kambing dipasaran untuk wilayah Jawa Timur. Selain memperoleh informasi harga terupdate kambing 2018, keuntungan lainnya adalah tambahan pengetahuan mengenai tata cara beternak kambing, memelihara kambing, memilih kambing aqiqah, memilih kambing qurban hingga menjadikan kambing sebuah paket catering murah.

Kambing merupakan binatang ternak yang menjadi favorit masyarakat, baik hasilnya nanti akan diolah menjadi sate atau bahkan untuk sembelihan aqiqah atau qurban. Harga kambing di pasaran saat ini sangat tergantung dengan penetapan harga kisaran dari pemerintah dan prediksi harga jual rata-rata dari tahun sebelumnya.

Kebutuhan masyarakat akan daging kambing yang semakin meningkat setiap tahunnya, ini membuat para peternak kambing dan pebisnis untuk memulai berbisnis kambing agar dapat meraup keuntungan yang sangat besar. Hal itu dilakukan dengan cara berternak kambing atau menjadi agen penjual kambing. Untuk menjadi pebisnis kambing atau peternak kambing, anda memerlukan ketelatenan dan kesabaran.

Kini, dengan mulai banyaknya bermunculan bisnis usaha jasa layanan aqiqah dan qurban, menjadi peluang besar para pemasok dan peternak kambing khususnya yang ada di wilayah Pulau Jawa. Peluang usaha yang satu ini mampu merambah hingga menjadi rumah makan bahkan paket catering murah diberbagai daerah. Ilmu utamanya adalah pada cara beternak kambing dan cara mengolah menjadi masakan yang mengundang konsumen untuk balik lagi.

Harga Kambing 2018 (1)

Harga seekor kambing 2018 saat ini mulai mengalami pasang surut harga tergantung dengan jenis kambing yang dipilih. Pada jasa layanan Aqiqah Berkah, kambing yang banyak digemari untuk aqiqah maupun untuk qurban adalah jenis kelamin jantan dengan jenis kambing gibas. Kambing yang tersedia pada Aqiqah Berkah memiliki berat hidup rata-rata dari 24 hingga 29 Kg. Harga seekor kambing dapat mencapai harga mulai dari Rp 1.850.000,- tergantung pilihan kambing.

Untuk informasi dan pemesanan kambing aqiqah maupun kambing qurban tahun 2018, hubungi contact person kami :

SMS / Telp : 0858 5344 4472

Whatsapp : +62858 5344 4472

Pin BB : 7C0B38CE

Berdasarkan pada pengamatan beberapa penjual kambing dan situs penjualan kambing online, harga seekor kambing 2018 dijual dengan harga Rp 800.000,- hingga Rp 2.600.000,-. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan permintaan pasar pada kambing. Berikut ini harga rata-rata kambing yang kami peroleh berdasarkan pengamatan pada beberapa situs penjualan kambing online :

  1. Kambing kacang betina umur 3-5 bulan berkisar antara Rp 800.000,-
  2. Kambing kacang betina anakan Umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.300.00,-
  3. Kambing kacang betina Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 1.800.000,-
  4. Kambing kacang betina Umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.300.000,-
  5. Kambing kacang jantan anakan Umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 1.000.000,-
  6. Kambing kacang jantan anakan umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.600.000,-
  7. Kambing kacang jantan Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 2.300.000,-
  8. Kambing kacang jantan umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.600.000,-

Informasi daftar harga kambing 2018 diatas dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli kambing aqiqah maupun kambing qurban. Pastikan bahwa kambing yang menjadi pilihan Anda merupakan kambing yang sehat, cukuo umur, gemuk dan dari jenis kambing yang menghasilkan daging. Amatilah kambing pilihan Anda agar tidak merugikan Anda ketika membeli untuk tujuan ibadah.