Daily Archives: August 6, 2018

Nisab Kambing Qurban

By | Tentang Qurban | No Comments

Nisab Qurban Kambing

Nah sahabat… kalian pasti pada belum tahu kan, adakah nisab dalam ibadah qurban? Jika penasaran langsung saja di baca ulasan berikut ini ya, referensi dari pesantrenvirtual…

Qurban dalam bahasa Arab artinya dekat, ibadah qurban artinya menyembelih hewan sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ibadah qurban disebut juga “udzhiyah” artinya hewan yang disembelih sebagai qurban. Ibadah qurban disinggung oleh al-Qur’an surah al-Kauthar “Maka dirikanlah shalat untuk Tuhanmu dan menyembelihlah”.

Keutamaan qurban dijelaskan oleh sebuah hadist A’isyah, Rasulullah s.a.w. bersabda “Sabaik-baik amal bani adam bagi Allah di hari iedul adha adalah menyembelih qurban. Di hari kiamat hewan-hewan qurban tersebut menyertai bani adam dengan tanduk-tanduknya, tulang-tulang dan bulunya, darah hewan tersebut diterima oleh Allah sebelum menetes ke bumi dan akan membersihkan mereka yang melakukannya” (H.R. Tirmizi, Ibnu Majah). Dalam riwayat Anas bin Malik, Rasulullah menyembelih dua ekor domba putih bertanduk, beliau meletakkan kakinya di dekat leher hewan tersebut lalu membaca basmalah dan bertakbir dan menyembelihnya” (H.R. Tirmizi dll).

Hukum ibadah qurban, Mazhab Hanafi mengatakan wajib dengan dalil hadist Abu Haurairah yang menyebutkan Rasulullah s.a.w. bersabda “Barangsiapa mempunyai kelonggaran (harta), namun ia tidak melaksanakan qurban, maka jangan lah ia mendekati masjidku” (H.R. Ahmad, Ibnu Majah). Ini menunjukkan seuatu perintah yang sangat kuat sehingga lebih tepat untuk dikatakan wajib.

Mayoritas ulama mengatakan hukum qurban sunnah dan dilakukan setiap tahun bagi yang mampu. Mazhab syafi’i mengatakan qurban hukumnya sunnah ‘ain (menjadi tanggungan individu) bagi setiap individu sekali dalam seumur dan sunnah kifayah bagi sebuah keluarga besar, menjadi tanggungan seluruh anggota keluarga, namun kesunnahan tersebut terpenuhi bila salah satu anggota keluarga telah melaksanakannya. Dalil yang melandasi pendapat ini adalah riwayat Umi Salamh, Rasulullah s.a.w. bersabda “Bila kalian melihat hilal dzul hijjah dan kalian menginginkan menjalankan ibadah qurban, maka janganlah memotong bulu dan kuku hewan yang hendak disembelih” (H.R. Muslim dll), hadist ini mengaitkan ibadah qurban dengan keinginan yang artinya bukan kewajiban. Dalam riwayat Ibnu ABbas Rasulullah s.a.w. mengatakan “Tiga perkara bagiku wajib, namun bagi kalian sunnah, yaitu shalat witir, menyembelih qurban dan shalat iedul adha” (H.R. Ahmad dan Hakim).

Qurban disunnahkan kepada yang mampu. Ukuran kemampuan tidak berdasarkan kepada nisab, namun kepada kebutuhan per individu, yaitu apabila seseorang setelah memenuhi kebutuhan sehari-harinya masih memiliki dana lebih dan mencukupi untuk membeli hewan qurban, khususnya di hari raya iedul adha dan tiga hari tasyriq.

Dalam beribadah qurban harus disertai niyat berqurban untuk Allah atas nama dirinya. Berqurban atas nama orang lain menurut mazhab Syafi’i mengatakan tidak sah tanpa seizin orang tersebut, demikian atas nama orang yang telah meninggal tidak sah bila tanpa dasar wasiat. Ulama Maliki mengatakan makruh berqurban atas nama orang lain. Ulama Hanafi dan Hanbali mengatakan sah saja berqurban untuk orang lain yang telah meninggal dan pahalanya dikirimkan kepada almarhum.

Dalam menyembelih qurban disunnahkan membaca bismillah, membaca sholawat untuk Rasulullah, menghadapkan hewan ke arah kiblat waktu menyembelih, membaca takbir sebelum basmalah dan sesudahnya sarta berdoa ” Ya Allah qurban ini dariMu dan untukMu”.

Wallahu A’lam

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

TELPON / SMS :

0858-5344-4472

Harga Kambing Untuk Aqiqah 2018

By | Berita, Paket Aqiqah, Tentang Aqiqah | No Comments

HARGA KAMBING UNTUK AQIQAH 2018

Informasi harga kambing untuk aqiqah tahun 2018 dapat Anda peroleh dengan menghubungi nomor 085853444472. Anda juga dapat memesan kambing untuk aqiqah 2018 pada kami, Pusat qurban dan aqiqah akan senantiasa membantu dalam kelancaran ibadah aqiqah.

5 Harga Kambing Aqiqah 2018 (1)

Perintah ibadah aqiqah merupakan penyembelihan hewan ternak di hari ketujuh sejak kelahiran anak. Aqiqah merupakan transliterasi dari bahasa arab yang berarti memutus dan melubangi. Ada pula beberapa ulama yang mengatakan bahwa aqiqah adalah nama bagi hewan yang disembelih.

Secara syariat, makna aqiqah adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan. Menurut pendapat mayoritas ulama, aqiqah hukumnya sunnah muakad bagi penanggung nafkah bayi. Rasullullah bersabda :

“Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya”. (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad).

Ketentuan Hewan Aqiqah

Berapa jumlah kambing aqiqah yang harus disembelih ? Sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah, Rasulullah SAW dalam haditsnya memberikan penjelasan bahwa untuk anak atau bayi laki-laki disembelihkan dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan dengan menyembelih seekor kambing. Untuk lebih menyempurnakan aqiqah dan meminimalisir budget, update harga kambing aqiqah murah 2018 atau pesan segera.

Berikut ini adalah sabda Rasulullah yang menjelaskan mengenai ketentuan jumlah kambing aqiqah :

“Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan satu ekor kambing, dan tidak akan membahayakan kamu sekalian apakah (sembelihan itu) jantan atau betina”. (Riwayat Imam Tirmidzi dan Ahmad)

Dari penjelasan hadits diatas dapat memberikan informasi atau pengetahuan pada kita, bahwa kambing sembelihan aqiqah tidak diwajibkan berjenis kelamin jantan. Dan tidak diharamkan pula untuk menyembelih kambing aqiqah berjenis kelamin betina. Maka ketika akan beraqiqah tidak perlu khawatir budget mahal, karena harga kambing aqiqah murah banyak tersedia di outlet-outlet jasa aqiqah seperti pada Aqiqah Berkah.

Untuk update informasi harga kambing aqiqah 2018, berikut ini kisaran harga kambing sementara yang dapat Anda jadikan gambaran :

  1. Kambing kacang betina umur 3-5 bulan berkisar antara Rp 800.000,-
  2. Kambing kacang betina anakan Umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.300.00,-
  3. Kambing kacang betina Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 1.800.000,-
  4. Kambing kacang Betina Umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.300.000,-
  5. Kambing kacang Jantan anakan Umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 1.000.000,-
  6. Kambing kacang jantan anakan umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.600.000,-
  7. Kambing kacang jantan Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 2.300.000,-
  8. Kambing kacang jantan umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.600.000,-

5 Harga Kambing Aqiqah 2018 (2)

Pemesanan kambing aqiqah 2018 dapat dilakukan sekarang juga dengan menghubungi nomor layanan jasa Aqiqah Berkah :

SMS / Telp : 0857 4962 2504

Whatsapp : +6281 335 680 602

Pin BB : 7C0B38CE

Jasa layanan kami sangat recomended buat Anda yang sibuk dengan jurusan kerja namun ingin tetap melaksanakan ibadah aqiqah anak sebagai penebusan. Jasa layanan Aqiqah Berkah akan membantu memenuhi kambing aqiqah maupun paket aqiqah untuk acara Anda.

Selain menyediakan kambing untuk aqiqah 2018, kami juga menyediakan pula kambing qurban dan sapi qurban. Harga kambing untuk aqiqah 2018 yang ada pada Aqiqah Berkah sangatlah murah. Kambing yang tersedia jenis gibas dengan berat 24-29 Kg, harga kambing aqiqah Rp 1.850.000,- Untuk lebih detailnya bisa langsung menghubungi customer service kami.

11 Sumber Gizi Ibu Hamil

By | Berita | No Comments

11 SUMBER GIZI IBU HAMIL

Kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil wajib dicukupi karena kebutuhan ibu hamil harus bisa menutrisi janin yang ada di dalam kandungannya. Jangan sampai pada masa kehamilan Anda kekurangan nutrisi sebab jika sampai kekurangan nutrisi akan berakibat pada janin yang dikandung.

6 11 Sumber Gizi Ibu Hamil 1 6 11 Sumber Gizi Ibu Hamil

Sumber makanan gizi untuk ibu hamil dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kebutuhan utama nutrisi seperti protein, zat besi dan lainnya. Meskipun nutrisi juga ditemukan dalam minuman namun nutrisi ditemukan dalam makanan. Berikut ini daftar makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber nutrisi bagi ibu hamil :

UBI JALAR

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Ubi jalar juga mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain Vitamin A, ubi jalar juga memiliki kandungan asam folat, tinggi serat serta kandungan vitamin C yang banyak.

IKAN SALMON

Salah satu makanan yang mengandung gizi dan nutrisi adalah ikan salmon yang merupakan sumber protein tinggi. Seperti yang dibahas sebelumnya protein sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Ikan salmon selain mengandung protein tinggi juga mengandung nutrisi berupa omega-3 yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

BIJI GANDUM

Biji gandum juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena tinggi serat dan juga bernutrisi. Di dalam gandum juga terdapat vitamin E, selenium dan juga fitonutrien. Selenium dan fitonutrien merupakan senyawa yang bisa melindungi sel-sel janin supaya dapat berkembang dengan baik dan tidak mudah rusak. Ini sangat berguna bagi ibu hamil.

TELUR

Telur merupakan salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh ibu hamil. Telur juga memiliki nutrisi berupa protein yang cukup bagi ibu hamil. Di dalam satu butir telur selain mengandung protein tinggi namun juga memiliki kalori yang tinggi. Kalori di dalam satu butir telur sebanyak 90 kalori. Sedangkan kalori tersebut merupakan nutrisi yang harus ada serta dipenuhi oleh ibu hamil di setiap trimesternya. Telur juga mempunyai lebih dari 12 vitamin dan juga mineral. Zat yang dibutuhkan ibu hamil seperti kolin juga ada di dalam telur. Omega-3 pun juga ada di dalam telur. Bisa dikatakan bahwa telur merupakan makanan dengan sumber nutrisi lengkap yang dibutuhkan bagi ibu hamil.

SAYURAN HIJAU

Sayur adalah sumber nutrisi lengkap yang harus selalu dipenuhi oleh ibu hamil. Sayuran yang berwarna hijau sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Sayur kaya akan serat dan juga vitamin. Sayur yang harus selalu dikonsumsi oleh ibu hamil seperti bayam, kangkung, brokoli dan juga sawi. Di dalam sayur tersebut terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin K serta folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

DAGING TANPA LEMAK

Daging tanpa lemak juga baik untuk gizi dan nutriai ibu hamil karena memiliki lemak tidak jenuh dan lemak baik yang bermanfaat bagi ibu hamil untuk pembentukan cadangan energi.

BUAH

Buah yang tidak menjadi pantangan bagi ibu hamil sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Di dalam buah mengandung banyak vitamin, mineral serta kandungan serat yang tinggi. Buah juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi ibu hamil dalam menangkal radikal bebas.

KACANG ALMOND DAN SUSU TANPA LEMAK

Kacang almond dan susu tanpa lemak merupakan sumber kalsium yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Seperti yang dibahas sebelumnya kalsium sangat bermanfaat pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin, serta pembentukan saraf dan menjaga kesehatan saraf. Susu bisa menghindarkan ibu hamil agar tidak terkena osteoporosis. Oleh sebab itulah kebutuhan akan kalsium harus selalu terpenuhi.

KACANG MERAH

Kacang merah merupakan sumber zat besi yang sangat bermanfaat bagi pembentukan sel-sel darah merah. Sel-sel darah merah sangat bermanfaat untuk mencegah ibu hamil terkena amenia.

TOMAT DAN LOBAK

Di dalam tomat dan lobak terdapat vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan juga vitamin D. Vitamin tersebut merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Manfaatnya sangat besar bagi ibu dan janin misalnya dalam membantu metabolisme ibu hamil dalam mencukupi protein, lemak dan juga karbohidrat.

NASI

Nasi merah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil harus memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-harinya. Agar tidak lemas kebutuhan karbohidrat harus selalu terpenuhi. Yang harus diingat adalah nasi merah lebih baik dibandingkan dengan nasi putih. Nasi putih memiliki kadar glukosa tinggi yang tidak baik bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

6 11 Sumber Gizi Ibu Hamil

*) AKIBAT KEKURANGAN GIZI

Banyak yang bisa diakibatkan karena kekurangan nutrisi. Akibat tersebut sangat fatal bagi ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungannya. Akibat dari kekurangan gizi dan nutrisi adalah sebagai berikut ini :

1) MALNUTRISI

Malnutrisi adalah penyakit kekurangan gizi yang bisa terjadi pada janin dan juga ibu hamil. Akibatnya adalah ibu hamil dan janin bisa sangat rentan terkena berbagai penyakit. Organ janin pun tidak bisa berfungsi secara sempurna akibat malnutrisi.

2) JANIN DENGAN BERAT BADAN RENDAH

Karena kurang dalam mengkonsumsi nutrisi, ibu hamil akan melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Bayi jika berat badannya rendah akibatnya adalah janin harus berada di inkubator untuk meningkatkan berat badannya.

3) ANAK MEMILIKI IQ YANG RENDAH

Karena kekurangan nutrisi selama kehamilan, janin yang akan dilahirkan oleh ibu hamil akan memiliki IQ yang rendah. Hal itu dikarenakan nutrisi yang bermanfaat untuk perkembangan saraf pusat dan kecerdasan otak janin tidak terpenuhi.

4) DOWN SINDROME

Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan anak dilahirkan dengan keterbelakangan mental.

5) ANAK TUMBUH DENGAN LAMBAT

Karena selama kehamilan nutrisi tidak terjaga, janin selama ada di dalam kandungan dan setelah dilahirkan akan tumbuh dengan melambat. Selain itu bayi juga akan memiliki penglihatan buruk, kesulitan dalam belajar serta memiliki anemia.

6) IBU HAMIL AKAN KEKURANGAN ENERGI

Jika ibu hamil kurang dalam mencukupi asupan nutrisi akibatnya adalah ibu hamil akan merasa lemas dan tidak berenergi.

7) ANEMIA DAN TRANSFUSI DARAH

Jika kekurangan nutrisi berupa zat besi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah. Bisa mengakibatkan ibu dan janin yang dikandung mengalami anemia. Akibatnya adalah setelah persalinan ibu hamil harus melakukan transfusi darah untuk memperbaiki sel darah merah yang keluar saat masa persalinan. Janin yang dikandung pun juga akan anemia.

Itulah beberapa efek atau akibat dari kekurangan nutrisi bagi ibu hamil. Dan untuk menghindari hal itu semua sebaiknya mulai dari sekarang ibu hamil mulai memperhatikan kebutuhan gizi nutrisinya.

Harga Kambing Qurban Semarang

By | Tentang Qurban | No Comments

Harga Kambing Qurban Semarang

kambing qurban semarang

Hello sahabat Aqiqah Berkah… kami disini akan mengulas dari pertanyaan sahabat mengenai qurban. Berikut ini pertanyaan dan penjelasannya….

Dapatkah seorang suami membayar qurban isterinya yang telah meninggal dunia? Kalau tidak dapat, bagaimana caranya menurut tuntunan agama Islam? Mohon penjelasan.

Pertanyaan saudara tersebut di atas masih perlu mendapat penjelasan, sebab pertanyaan itu masih bersifat umum. Pertanyaan itu bisa berkaitan dengan membayar qurban yang telah dinadzarkan oleh seorang isteri dan bisa juga berkaitan dengan membayar qurban yang bukan nadzar tetapi qurban biasa sebagaimana dilakukan oleh orang-orang pada umumnya. Membayar qurban yang dinadzarkan oleh seorang isteri itu misalnya, seorang isteri pada saat masih hidup bernadzar akan menyembelih qurban, akan tetapi sebelum qurban itu ditunaikan ia sudah terlebih dahulu meninggal dunia.

Membayar qurban biasa misalnya seorang isteri berniat untuk menunaikan qurban, yakni menyembelih seekor kambing, namun sebelum niatnya itu dilakukan ia sudah terlebih dahulu meninggal dunia.

Perlu saudara ketahui bahwa nadzar itu apabila belum ditunaikan sama saja dengan hutang yang belum dibayar. Jika hutang itu harus dibayar dan pembayaran hutang itu diambil dari harta yang ditinggalkannya, maka demikian pula dengan nadzar.

Mempersamakan nadzar dengan hutang ini didasarkan pada hadis Nabi saw yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dari Ibnu Abbas:
Artinya: “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra.: Sesungguhnya seorang perempuan datang kepada Nabi saw seraya berkata: ‘Sesungguhnya ibuku telah bernadzar untuk menunaikan haji, tetapi sebelum sempat menunaikan nadzar hajinya itu, ia terlebih dahulu meninggal dunia. Apakah saya harus menunaikan haji itu untuknya?’ Nabi saw menjawab: ‘Ya, kerjakanlah haji itu untuk ibumu. Bukankah kalau ibumu mempunyai hutang engkau wajib membayarnya? Tunaikan hak-hak Allah, sesungguhnya Allah lebih berhak untuk ditunaikan hak-hak-Nya.” [HR. al-Bukhari dari Ibnu Abbas, lihat Shahih al-Bukhari, Juz III: 22-23]

Hadis tersebut dengan tegas mempersamakan nadzar dengan hutang dari segi keduanya sama-sama harus dibayar, bahkan nadzar itu merupakan hutang kepada Allah yang pemenuhannya harus lebih diutamakan. Mengenai hal yang sama terdapat pula dalam hadis-hadis yang lain, misalnya hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas:
Artinya: “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ia berkata: Seorang perempuan berlayar di laut, lalu ia bernadzar akan menunaikan puasa sebulan, kemudian ia meninggal dunia sebelum menunaikan puasa itu. Saudara perempuan dari perempuan yang meninggal itu datang menghadap Nabi saw dan memberitahukan kejadian itu kepada Nabi saw, kemudian Nabi saw memerintahkan kepada saudara perempuan dari perempuan yang meninggal dunia itu untuk menunaikan puasa untuk perempuan yang meninggal dunia itu.” [HR. Ahmad dari Ibnu Abbas, Musnad Ahmad, Juz V: 3138, hadis no 3137]

Hadis yang lebih umum lagi, yang menjelaskan hal yang sama adalah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Ibnu Abbas:
Artinya: “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas: Sesungguhnya Saad bin Ubadah telah meminta fatwa kepada Rasulullah saw, nadzar ibunya yang telah meninggal dan belum sempat ditunaikannya. Rasulullah saw menjawab (memberi fatwa): ‘Tunaikanlah nadzar itu untuk ibumu’.” [HR. Ibnu Majjah dari Ibnu Abbas, Sunan Ibnu Majjah, I: 688, hadis no 2132]

Berdasarkan hadis-hadis tersebut di atas, jelaslah bahwa nadzar yang belum sempat ditunaikan karena terlebih dahulu meninggal dunia, harus ditunaikan oleh keluarganya. Demikian pula halnya dengan pertanyaan yang saudara penanya kemukakan. Jika qurban itu merupakan nadzar dari seorang isteri yang saudara penanya kemukakan, maka qurban itu harus ditunaikan oleh keluarganya atau suaminya dengan mengambil harta peninggalan isteri tersebut.

Untuk melengkapi jawaban ini, perlu juga kami kemukakan mengenai pembagian nadzar ditinjau dari segi harus ditunaikan/dilaksanakan atau tidaknya, atau dengan kata lain nadzar yang sah dan nadzar yang tidak sah. Dari segi ini, nadzar itu ada dua macam, yaitu pertama, nadzar untuk berbuat kebajikan atau melaksanakan hal yang baik yang diperintahkan oleh Allah. Kedua, nadzar untuk berbuat kejahatan atau melaksanakan hal yang tidak baik yang dilarang oleh Allah, atau juga hal-hal yang sangat memberatkan, menimbulkan kemadharatan.

Bernadzar untuk berbuat kebajikan, menaati Allah atau menunaikan perintah Allah, harus dilaksanakan, artinya nadzar tersebut hukumnya sah. Sebaliknya, nadzar untuk mengerjakan maksiat atau melakukan perbuatan yang dilarang Allah, harus ditinggalkan atau tidak boleh dilaksanakan, artinya nadzar tersebut hukumnya tidak sah. Demikian ini didasarkan pada hadis Nabi saw riwayat al-Bukhari dari Siti Aisyah:
Artinya: “Aisyah ra. berkata: Nabi saw bersabda: Barangsiapa bernadzar akan menaati Allah (menunaikan yang baik yang diperintahkan oleh Allah) hendaklah ia tunaikan, dan barangsiapa bernadzar akan mengerjakan maksiat (perbuatan buruk yang dilarang oleh Allah) maka janganlah ia kerjakan.” [HR. al-Bukhari dari Aisyah, Shahih al-Bukhari, Juz VIII: 177; bandingkan Sunan Ibnu Majjah, I: 687, hadis no 2126]

Hadis di atas dengan jelas menjelaskan bahwa nadzar yang baik harus dilaksanakan sedang nadzar yang buruk tidak boleh dilaksanakan. Dalam kaitannya dengan masalah yang ditanyakan oleh penanya, yaitu qurban, maka kalau itu merupakan nadzar, maka ia termasuk nadzar yang baik yang harus dilaksanakan.

Apabila qurban yang ditanyakan itu bukan qurban yang dinadzarkan oleh seorang isteri tersebut, maka hal itu tidak perlu dibayar/ditunaikan. Jika seseorang telah berniat/nermaksud akan menunaikan qurban, tetapi ia tidak menadzarkannya, atau akan melakukan sesuatu kebajikan kemudian ia meninggal dunia sebelum menunaikan qurban atau kebajikan yang diniatkannya itu, maka orang itu tidak dituntut lagi untuk menunaikan qurban atau perbuatan kebajikan tersebut. Demikian pula keluarga atau ahli warisnya tidak dituntut untuk menunaikan qurban atau perbuatan kebajikan itu sebagai gantinya.

Dengan demikian, jika yang saudara penanya maksud itu membayar qurban yang bukan nadzar (bukan dimaksudkan sebagai nadzar oleh isteri tersebut), melainkan hanya membayar qurban yang biasa sebagai suatu amal kebajikan, maka suaminya atau keluarganya tidak diharuskan untuk membayarnya.

Terima kasih sudah menyimak artikelnya ya. Selanjutnya ulasan mengenai harga kambing yang ada di semarang. Yukkk sama-sama di baca…

Aqiqah Berkah merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produk dan jasa penyediaan kambing dan sapi kurban beserta jasa pemotongan, pengolahan, pengantaran, dan penyaluran serta menerima pesanan paket nasi box untuk kebutuhan aqiqah, qurban atau kebutuhan lainnya. Didirikan sejak tahun 2008 dan di dukung oleh tenaga-tenaga profesional di bidangnya dan berakhlakuk karimah islami.

Maka kami layanan qurban online terpanggil untuk membantu san memudahkan bagi anda yang belum berqurban. Sekarang tunggu apalagi..

Segera pesan layanan qurban online sekarang juga. Kami akan menyediakan kambing dan sapi yang murah memenuhi syar’i, penyembelihan secara islami, mudah praktis, dan nyaman dengan pilihan harga yang bervariasi.

Tujuan Aqiqah Berkah yaitu membuat semua orang bisa berkurban menjalankan sunnah Rasulullah SAW. Di Aqiqah Berkah harga jual kambing murah di bandingkan dengan jasa layananqurban lainnya dan terjangkau untuk seluruh umat.

Harga kambing di Kota Tangerang tahun 2018, antara lain :

  1. Harga Kambing Gibas
    Kambing gibas juga sering disebut juga kambing gimbal. Secara umum, kambing gibas memiliki bulu berwarna putih. Adapun harga dari kambing gibas ini mulai berkisar dari harga Rp.600.000,- hingga Rp.2.400.000,- di tahun 2018 ini. Adapun harga kambing gibas memiliki harga yang terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.
  2. Harga Kambing Kacang (Jawa)
    Kambing jawa juga sering disebut pula kambing kacang. Harga dari jenis kambing ini sangat bervariasi hal ini didasarkan pada jenis umur, kondisi fisik, kesehatan dan jenis kelamin. Adapun harga dari kambing kacang atau kambing jawa ini mulai berkisar dari harga Rp.800.000,- hingga Rp.2.600.000,- di tahun 2018 ini.
  3. Harga Kambing Etawa
    Kambing etawa juga sering disebut pula Jamnapari. Kambing etawa berasal dari India. Kambing ini merupakan jenis kambing yang memiliki 2 fungsi yaitu kambing pedaging dan kambing penghasil susu. Adapun harga dari kambing etawa ini mulai berkisar dari harga Rp.1.700.000,- hingga Rp.5.000.000,- di tahun 2018 ini.
  4. Harga Kambing Peranakan Etawa (PE)
    Jenis kambing peranakan etawa merupakan hasil persilangan antara kambing jawa (lokal) dengan kambing etawa. Adapun untuk harga kambing jenis PE ini mulai berkisar dari harga Rp.1.000.000,- hingga Rp.3.200.000,- di tahun 2018 ini.

Harga kambing qurban dan sapi qurban tersebut dapat anda dapatkan melalui penawaran Paket Qurban 2018 Aqiqah Berkah. Berikut Paket Qurban 2018 yang telah kami sediakan :

  1. Paket Qurban Peduli Syar’i
    Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan dari kota semarang dan sekitarnya.
  2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
    Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban.
    Adapun area atau tempat untuk pendistribusian daging (Paket Qurban Peduli Syar’i) dan pengantaran hewan qurban (Paket Qurban Mandiri Syar’i) yang dapat kami sediakan meliputi kabupaten dan kota :
    (a) Jombang
    (b) Mojokerto
    (c) Nganjuk
    (d) Kediri
    (e) Tulungagung
    (f) Ngawi
    (g) Magetan
    (h) Ponorogo
    (i) Madiun

Nilai tambah hewan qurban Aqiqah Berkah
– Syarat hewan qurban sesuai syar’i
– Umur hewan telah mencukupi (Nishab)
– Dipelihara secara baik dan tidak ber-aib
– Ternak berasal dari daerah bebas penyakit menular
– Ternak berasal dari penampungan yang jelas
– Ternak mendapatkan perlakuan yang layak

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ada di wilayah Bandung dan sekitarnya yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

TELPON / SMS :

0858-5344-4472

 

Aqiqah Berkah Siap Membantu Anda Dalam Pelaksanaan Qurban dan Aqiqah Anda

8 Gizi dan Nutrisi Ibu Hamil

By | Berita | No Comments

8 GIZI DAN NUTRISI IBU HAMIL

Gizi dan nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung. Jangan sampai ibu hamil kekurangan gizi dan nutrisi karena akan berakibat pada resiko kesehatan janin yang dikandung.

8Gizi & NutrisiIbu Hamil (1)

Gizi atau nutrisi ibu hamil kondisinya sama dengan pengaturan gizi mengenai pola makan yang sehat. Namun yang membedakan adalah ibu hamil harus lebih hati-hati dalam memilih makanan karena mengingat juga kesehatan janin yang sedang dikandungnya. Seiring dengan usia kehamilan yang kian bertambah, maka bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil.

Nutrisi dan gizi yang baik ketika hamil, akan sangat membantu ibu hamil dan janin dalam menjalani hari-hari kehamilannya. Tentu saja ibu hamil dan janin akan tetap sehat. Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat seperti kebutuhan akan kalsium, zat besi serta asam folat. Ibu hamil haruslah di beri dorongan agar mengkonsumsi makanan yang baik dan bergizi, ditambah kontrol terhadap kenaikan berat badannya selama kehamilan berlangsung. Kenaikan berat badan yang ideal untuk ibu hamil berkisar antar 12-15 kilogram.

Agar perkembangan janin berjalan dengan baik dan sehat serta ibu hamil dapat menjalani hari-hari kehamilannya dengan sehat, maka ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi sebagai berikut:

Kalori

Selama masa kehamilan, konsumsi kalori haruslah bertambah dikisaran 300-400 kkal perharinya. Kalori yang dikonsumsi haruslah berasal dari sumber makanan yang bervariasi, dimana pola makan 4 sehat 5 sempurna harus sebagai acuannya. Sebaiknya, 55% kalori di peroleh dari umbi-umbian serta nasi sebagi sumber karbohidrat, lemak baik nabati maupun hewani sebanyak 35%, 10% dari protein dan sayuran serta buahan bisa melengkapi.

Asam Folat

Selama trimester pertama janin akan membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram per harinya. Apabila janin mengalami kekurangan akan asam folat, maka hal ini akan membuat perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan dapat membuat janin terlahir dengan kelainan seperti mengalami anenchephaly (tanpa batok kepala), mengalami bibir sumbing dan menderita spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung). Asam folat yang bisa di dapat pada buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.

8Gizi & NutrisiIbu Hamil

Protein

Protein dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging dan tahu.

Kalsium

Kalsium berfungsi dalam pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan adanya kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik, selain kalsium, susu memiliki kandungan vitamin lain yang dibutuhkan ibu hamil, seerti vitamin A, Vitamin D, Vitamin B2 vitamin B3 dan vitamin C. Selain dari susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik juga.

Vitamin A

Vitamin A sangat bermanfaat bagi pemeliharaan fungsi mata, pertumbuhan tulang dan kulit. Vitamin A juga dapat menjadi imunitas dan pertumbuhan janin. Akan tetapu, Anda jangan sampai berlebih dalam mengkonsumsi vitamin A karena akan membuat janin terganggu pertumbuhannya.

Zat Besi

Zat besi berfungsi dalam pembentukan darah terutama membentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Kebutuahan akan zat besi sebanyak 30 mg per hari. Zat besi dapat diperoleh pada hati, daging atau ikan.

Vitamin C

Ibu hami, tubuhnya akan memerlukan vitamin c untuk menyerap zat besi. Selain itu vitamin c juga sangat baik untuk kesehatan gusi dan gigi.

Vitamin D

Vitamin D dapat menyerap kalsium sehingga sangat bermanfaat untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Vitamin D dapat di dapat dari sumber makanan, susu, kuning telur atau hati ikan.

Hal yang penting untuk mengetahui kecukupan gizi dan nutrisi selama kehamilan adalah melalui perkembangan berat badan selama kehamilan. Apa yang terjadi jika selama kehamilan ibu mengalami kekurangan asupan gizi ? Akibat kekurangan gizi dapat menjadikan bayi terlahir secara prematur dan mengakibatkan keguguran, adanya kelainan syaraf, janin berkembang tidak normal bahkan hingga menyebabkan kematian janin.

Jadi, Anda perlu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi, tetapi gizi yang berkualitas dengan komposisi yang berimbang dan cukup itu sangat penting.