Daily Archives: September 17, 2019

Jasa Paket Aqiqah Peduli Balikpapan Paling Mudah

By | Artikel | No Comments

Hallo bapak ibu semuanya yang ada di Balikpapan dan sekitarnya, Nah di Aqiqah Berkah sekarang sudah ada jasa penyaluran aqiqah untuk daerah balikpapan.

Jadi untuk bapak ibu yang ingin menyalurkan aqiqah ketempat yang membutuhkan, maka anda bisa menghubungi team kami di 0813-3568-0602.

Kami akan siap salurkan aqiqah anda ataupun putra putri anda ke berbagai tempat yang perlu disalurkan.

Sebelum pada pembahasan penyaluran aqiqah, kami akan beri sedikit bahasan mengenai makna arti aqiqah dibawah ini.

A. Makna Arti Aqiqah

Aqiqah merupakan suatu ibadah yang sunnah namun sangat dianjurkan sekali untuk dilaksanakan, dan cara melakukannya yaitu dengan menyebelih 1 samapi 2 ekor hewan aqiqah.

Dan orang yang menyembelih hewan aqiqah sendiri yaitu bapak dari anak yang akan diaqiqahi nanti.

Sedangkan hewan yang dimaksud untuk ibadah aqiqah ialah bisa dengan hewan kambing atau bisa juga dengan hewan domba yang berwarna putih.

Dan makna dari aqiqah ialah sebagai bentuk dan wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT serta rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Melaksanakan ibadah aqiqah yaitu sama dengan kita telah jalankan sunnah dari Rosulullah SAW.

Jadi untuk putra putri anda ataupun anda sendiri yang belum diaqiqah dianjurkan untuk segera melaksanakan aqiqah ketika sudah mampu.

Sebab tidak hanya menjalankan sunnah rosul saja, tetapi aqiqah juga dapat membebaskan kita dari status yang tergadai juga dari kekangan jin yang mengganggu kita.

B. Arti Aqiqah Untuk Anak

Setiap bayi yang baru lahir mestinya ia tergadai edngan aqiqahnya, dan setiap bayi yang baru lahir dirinya akan membawa kotoran ataupun penyakit dari dalam kandungan.

Tidak hanya itu biasanya bayi yang baru lahir juga rawan sekali diganggu oleh jin dan mahkluk halus lainnya.

Maka dari itu untuk setiap anak yang sudah lahir diharuskan untuk diaqiqahi oleh kedua orang tuanya, sebab aqiqah anak yang belum bisa mencari nafkah sendiri masih ditanggung oleh kedua orang tuanya.

Beda dengan anak yang sudah dewasa dan sudah bisa cari uang sendiri, untuk mereka yang sudah bisa cari uang sendiri dan ingin beraqiqah sendiri.

Maka hal itu sanga diperbolehkan sekali, karena dengan hal itu maka orang tua sudah tidak menanggung aqiqah anaknya lagi.

C. Arti Aqiqah Dalam Islam

Seperti halnya diatas tadi bahwa aqiqah juga sebagai salah satu ibadah sunnah yang harus dilakukan untuk semua orang tua yang sudah mempunyai anak.

Ada banyak sekali beda pendapat dari para ulama mengenai hal arti aqiqah, salah satunya yaitu pendapat dari Ulama Al-Jauhari yang mengatakan bahwa aqiqah merupakan penyembelihan hewan pada hari ketujuhnya, dan mencukur rambutnya.

Dan pendapat tersebut dilanjutkan dengan Ibnul-Qayyim, dan beliau mengatakan dari penjelasan ini sudah jelas bahwa aqiqah itu disebutkan demikian sebab mengandung 2 unsur diatas tadi dan yang ini lebih utama.

Dari pendapat diatas dapat diambil intinya yaitu arti aqiqah menurut islam yaitu hewan yang disembelih oleh orang tuanya terutama oleh bapak kandungnya karena lahirnya seorang bayi, dan pelaksanaan tersebut juga sebagai bentuk ungkapan rasa syukurnya kepada Allah SWT.

D. Apakah Aqiqah Wajib ?

Didalam islam hukum dari aqiqah disebutkan tidak diwajibkan, dan aqiqah dalam islam yaitu sunnah muakad (sunnah dianjurkan).

Aqiqah akan lebih baik jika dilaksanakan, sebab manfaat dari aqiqah sangat banyak untuk diri putra putri anda ataupun untuk diri anda sendiri.

Dan anda juga akan merugi apabila tidak melaksanakannya, sebab tujuan dari dilaksanakaanya aqiqah yaitu membebaskan dan melepaskan diri dari statusnya yang tergadai.

Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan pahala dari aqiqah sebab sudah menjalankan sunnah dari Rosulullah SAW.

Jadi segera laksanakan aqiqah apabila anda sudah bisa melaksanakannya, jangan tunda atau undur waktu aqiqah anda, sebab itu semua demia kebaikan anda juga kebaikan putra putri anda.

E. Apa Faedah Aqiqah ?

Berikut akan kami sebutkan beberapa manfaat dan faedah dari melaksanakan aqiqah:

  1. Anak akan terbebas dan terlepas dari statusnya yang tergadai.
  2. Anak juga akan dihilangkan dari penyakit juga kotoran yang telah ia bawa sejak lahir atau sejak dalam kandungan.
  3. Anak juga tidak akan diganggu oleh jin dan pengaruh dari syetan.
  4. Anak akan banyak mndapatkan doa dari orang-orang sesama umat islam.
  5. Pertumbuhan fisik bayi akan berjalan sesuai dengan waktunya.

F. Apa Hukum Aqiqah ?

Sudah dijelaskan pada paragraf atas tadi bahwa hukum aqiqah yaitu sunnah muakad atau bisa dijelaskan dengan suunah yang dianjurkan.

Namun ada yang menyebutkan bahwa hukum dari aqiqah yaitu ada yang sunnah dan mubah, dan yang berpendapat dengan hukum tersebut ulama Ahlusunnah Waljama’ah.

Dan yang mengatakan bahwa hukum aqiqah ada yang sunnah dan ada yang mubah yaitu Madzab Imam Hanafi, madzhab Imam Malik, Madzhab Imam Syafi’i, dan Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal.

Namun perbedaan pendapat mereka hukum aqiqah ialah tetap sunnah, sebab dalam aturan sunnah aqiqah disebutkan bahwa hukum dari aqiqah yaitu sunnah muakad.

G. Jasa Penyaluran Aqiqah Yang Terpercaya

Dan berikut akan kami beri gambaran dari harga paket Aqiqah Berkah:

Jasa Penyaluran Paket Aqiqah Bekasi Timur Peduli

By | Artikel | No Comments

Hay semuanya sekarang Aqiqah Berkah melayani jasa penyaluran aqiqah. Jadi untuk anda yang aqiqahnya ingin disalurkan ketempat-tempat tertentu maka anda bisa menghubungi team kami.

Maka kami akan siap bantu menyalurkan aqiqah anda. Untuk lebih jelasnya, nanti akan dibahas bagian bawah artikel ini.

Nah pembahasan yang pertama kami akan beri bahasan dengan makna aqiqah, Mari langsung saja.

A. Makna Aqiqah Islam

Aqiqah merupakan ibdah sunnah yang sangat dianjurkan sekali untuk dilaksanakan.

Dan dilaksanakannya aqiqah ialah dengan menyembelih hewan aqiqah dan yang menyembelih hewan aqiqah bisa dilakukan dengan ayah dari anak yang diaqiqah.

Dilaksanakannya aqiqah tersebut juga harus sesuai dengan waktu yang ada pada sunnah aqiqah.

Tetapi jika sang orang tua belum biosa melaksanakan maka bisa melaksanakan diwaktu kapan saja sesuai dengan kemampuan orang tua anak.

Untuk pahalanya sendiri ialah sama saja jika dilakukan kapan saja. Hanya saja waktu yang lebih afda dilakukan pada waktu yang ada pada sunnah aqiqah.

Makna dari aqiqah sendiri juga sebagai bentuk dan wujud rasa cinta serta syukur kita pada Allah SWT juga dengan Nabi Muhammad SAW.

Dari penjelasan tersebut maka aqiqah sangatlah dianjurkan sekali untuk anda ataupun untuk putra putri anda.

B. Bagaimana Aqiqah Setelah Dewasa?

Jaman sekarang ketika ada ibu yang baru melahirkan seorang bayi maka dengan jangka waktu beberapa hari sang ibu disibukkan dengan segera mengaqiqahi sang bayi.

Dan aqiqah tersebut biasanya dengan acara sepasar bayi (dalam istilah jawa) namun ada juga yang dibarengkan dengan acara selapanan bayi (dalam istilah jawa).

Akan tetapi ada juga yang sekarang ketika anak sudah beranjak dewasa sang orang tua baru mengaqiqahinya.

Bahkan ada juga untuk bapak atau ibu yang sudah berkeluarga sekalipun baru melaksanakan aqiqah dengan biayanya sendiri.

Nah dari pembahasan diatas muncullah pertanyaan dari beberapa orang mengenai Aqiqah Setelah Dewasa.

Melaksanakan aqiqah ketika anak masih bayi, sudah tumbuh dewasa ataupun sudah berkeluarga sekalipun masih diperbolehkan, sebab waktu pelaksanaannya aqiqah yaitu bebas.

Dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan kemampuan anda, Namun waktu yang lebih baik dilakukan ialah pada saat bayi berusia 7 hari atau tepat pada hari sepasarnya.

Akan tetapi jaman sekarang banyak orang yang beraqiqah ketika mereka sudah tumbuh dewasa atau bahkan ketika mereka sudah mempunyai keluarga sendiri sekalipun.

C. Acara Aqiqah Yang Benar

  1. Pemilihan hewan kambing terlebih dahulu dan mengecek apakah kambing tersebut sudah sesuai dengan syarat aqiqah apa belum.
  2. Sembelihan kambing dilakukan oleh bapak dari anak yang akan diaqiqah.
  3. Masak daging hewan aqiqah yang disembelih tadi untuk makanan hidangan tamu undangan jika melaksanakan acara aqiqah sendiri dirumah.
  4. Pada acara aqiqah, hal yang paling ditunggu yaitu pada saat prosesi pencukuran rambut serta pemberian nama bayi.
  5. Menikmati hidangan daging aqiqah yang sudah dimasak tadi
  6. Bagikan daging aqiqah kepada para tamu atau bisa juga kepada fakir miskin atau yang lainnya.

D. Menu Aqiqah Sederhana

Kesederhanaan dari menu aqiqah ialah tergantung dari mereka yang melaksanakan atau dari yang punya acara aqiqah tersebut.

Dari setiap orang pastilah beda jika membikin menu masakan aqiqahnya ingin seperti apa. Ada yang ingin menunya sederhana dan ada juga yang ingin menu masakannya terlihat mewah namun tetap sederhana.

Oke disini kami akan sedikit memberi referensi mengenai menu aqiqah yang sederhana ataupun menu aqiqah yang terlihat mewah.

Biasanya menu aqiqah yang sederhana ialah kebanyakan dengan menu sate dan gule saja atau bisa juga ditambah dengan krengseng, tetapi itu semua tergantu selera dari setiap orang.

Dan jika ingin menu yang sederhana namun terlihat mewah, biasanya banyak orang yang menggunakan menu kambing guling.

Nah dari referensi barusan, semuanya ialah tergantung dari selera masing-masing orang.

E. Makna Tergadai Aqiqah

Pengertian aqiqah sendiri tadi sudah dijelaskan pada bagian atas paragraf ini, namun mungkin dari anda semua masih ada yang belum mengerti betul.

Pengertian dari aqiqah yaitu suatu ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan bagi ibu yang baru saja melahirkan bayi.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya aqiqah tersebut ialah untuk melepaskan dan membebaskan sibayi tersebut dari statusnya yang tergadai.

Karena setiap bayi atau anak yang baru lahir didunia maka ia akan tergadai dan untuk membebaskannya yaitu dengan mengaqiqahinya sesuai dengan peraturan yang ada di aqiqah.

Dengan diaqiqahinya sang bayi tersebut maka sang bayi juga akan dihilangkan dari kotoran juga penyakit yang telah dibawanya ketika dalam kandungan.

F. Makna Kata Aqiqah

Banyak yang sudah menjelaskan mengenai makna dari kata aqiqah, dan makna dari kata aqiqah sendiri yaitu sembelihan atau pemotongan.

Kata tersebut juga asalnya dari kata bahsa arab. Jadi kata makna dari kata aqiqah yaitu kita harus menyembelih dan memotong hewan untuk dtujukan pada aqiqah anak.

Dan sembelihan tersebut juga harus dilakukan oleh bapak kandung dari bayi yang akan diaqiqah.

Pada saat prosesi tersebut sanga bapak bayi juga akan membacakan doa khusus untuk aqiqah bayinya.

G. Paket Aqiqah Peduli dengan harga terjangkau

A. Paket Aqiqah Peduli

B. Paket Aqiqah Mandiri