Aqiqah Murah dan Amanah Hanya Paket Aqiqah di Bandung Peduli

By August 20, 2019 Artikel No Comments

Assalamu’alaikum Ayah dan Bunda semuanya, gimana kabarnya hari ini? saya doakan semoga baik dan sehat semuanya ya. Nah Pada artikel kali ini kami dari Aqiqah Berkah akan membahas mengenai aqiqah, dari ayah dan bunda pasti ada yang belum mengerti lebih dalam mengenai apa itu aqiqah kan? nah dibawah ini nanti kami akan menjelaskan mengenai aqiqah secara lengkap. Oke langsung saja kita bahas bersama mengenai penjelasan diatas.

Pengertian Aqiqah dan Pelaksanaannya

Pengertian aqiqah ialah penyampaian rasa bahagia dan bersyukur kepada Allah SWT atas kelahiran sang buah hati tercinta. Pelaksaan aqiqah dengan cara menyembelih binatang ternak kambing atau domba pada hari ketujuh setelah hari lahirnya sang buah hati.

Atau jika orang tua belum berkemampuan mengaqiqahi sang anak pada waktu yang dianjurkan, maka bisa melaksanakan aqiqah kapan saja sampai orang tua berkemampuan melaksanakan aqiqah anaknya.

Dan hikmah melaksanakan aqiqah ialah sebagai perwujudan rasa cinta kita semua kepada Allah SWT, Nabi kita Muhammad SAW, dan dapat mempererat tali silaturahmi antar saudara.

Binatang yang disembelih untuk aqiqah harus sesuai dengan syaratnya yaitu yang sehat atau tidak cacat fisik, badan tidak kurus, binatang aqiqah harus minimal berumur satu tahun dan akan memasuki usia dua tahun.

Bagaimana Makna Aqiqah ?

Makna dari aqiqah sebagai bentuk penyampaian rasa syukur kedua orang tua kepada Allah SWT karena kehadirannya sang buah hati tercinta, aqiqah dimaksudkan sebagai pelepasan jin yang mengiringi diri bayi yang baru lahir.

Pelaksanaan aqiqah yaitu pada hari ketujuh setelah lahirnya sang bayi dan dilakukan dengan menyembelih binatang kambing atau domba sebagai syarat binatang aqiqah.

Syarat binatang aqiqah yaitu pastinya binatang sehat, tubuh tidak ada yang cacat, badan tidak kurus, dan minimal biantang berumur satu tahun atau sedang memasuki umur dua tahun. Untuk jenis kambing tidak menjadi masalah dalam persyaratan binatang aqiqah.

Dan dalam membagi daging aqiqah bisa dibagikan dalam betuk daging sudah matang atau sudah dimasak, dengan begitu penerima bisa menikmati tanpa bingung memasak dan mengeluarkan biaya untuk memasak, berarti kita sudah menanggung biaya masak dan akan ada manfaat lebih.

Pengertian Penyembelihan Aqiqah

Adapun cara untuk menyembelih hewan aqiqah adalah yang pertama persiapkan alat yang digunakan seperti pisau dan itu haruslah tajam. Yang berikutnya mempersiapkan hewan aqiqahnya dengan sesuai ketentuan syarat hewan aqiqah.

Hewan yang akan disembelih dihadapakan ke arah kiblat. Membaca basmalah sebelum menyembelih hewannya dan potonglah di urat nadi agar hewan tersebut tidak cepat mengeluarkan darah.

Disunahkan untuk membaca salawat nabi saat memotong, setelah itu membaca takbir. Membagikan sebagian dari daging hewan aqiqah atau qurban kepada fakir miskin, tetangga dan yang membutuhkan.

Untuk membagi daging aqiqah bisa dibagikan dalam bentuk atau keadaan sudah matang dan sudah diolah menjadi masakan agar orang yang menerima aqiqah tidak perlu repot lagi untuk memasaknya.

Bagaimana Hukum Pelaksanaan Aqiqah ?

Hukum aqiqah ialah Sunnah Mu’akkad, dan dari hukum melaksanakan aqiqah ialah wajib untuk orang tua yang sudah berkemampuan untuk melakukan aqiqah anaknya dengan waktu yang sudah dianjurkan untuk beraqiqah.

Untuk orang tua yang belum berkemampuan aqiqah untuk anaknya maka bisa beraqiqah kapan saja saat sudah mampu melakukan aqiqah anaknya. Aqiqah menurut anjuran bisa dilakukan saat hari ketujuh, empat belas, atau dua puluh satu setelah kelahiran anak.

Dilaksankannya aqiqah dengan cara menyembelih hewan kabing dan domba, untuk jenis tidak dipermasalahkan untuk aqiqah, harus sesuai syarat hewan untuk aqiqah yang sehat dan tidak cacat fisik. Begitulah hukum untuk pelaksanaan aqiqah yang saya bahas.

Bagaimana Cara Pembagian Aqiqah ?

Aqiqah dilaksanakan karena sebagai bentuk rasa bersyukur orang tua kepada Allah atas kehadiran sang buah hati tercinta. Pelaksanaan aqiqah dilaksanakan saat hari ke tujuh setelah kelahiran sang bayi.

Dan untuk jumlah hewan aqiqah untuk anak perempuan ialah satu ekor hewan kambing sedangkan dua ekor hewan kambing untuk anak laki-laki. Membagi daging aqiqah sebaiknya dibagikan dalam keadaan matang dan sudah diolah menjadi makanan siap santap, supaya orang yang sudah terima daging aqiqah bisa langsung manyantapnya dan tidak perlu memasaknya terlebih dahulu. Dan apabila daging aqiqah dibagikan dalam keadaan mentah juga diperbolehkan.

Acara Aqiqah Sesuai Sunnah

Oke sekarang kita bahas mengenai acara aqiqah sesuai sunnah, dan yang pertama pada acara aqiqah pastinya pembukaan terlebih dahulu dengan membaca bismillah, dan selanjutnya baisanya membaca ayat-ayat suci Al-qur’an.

Dan acara berikutnya ialah sambutan dari sohibul bait, kemudian perwakilan dari orang tua sang bayi untuk menyampaikan satu atau dua kata penyambutan.

Selanjutnya ialah mencukur rambut dari bayi disertai dengan memberi nama sang bayi. Dan puncak acara yang terakhir ialah menikmati sajian masakan daging aqiqah dan menyiapkan hidangan yang sudah dikemas untuk para tamu.

Berbagai Macam Menu Masakan Aqiqah Beserta Harganya

Oke sekerang kita sudah mencapai pembahasan yang terakhir yaitu berbagai macam menu masakan aqiqah, Nah untuk ayah dan bunda yang akan melaksanakan acara aqiqah untuk putra putrinya, Kini Aqiqah Berkah siap membantu dalam kelancaran acara aqiqah ayah dan bunda, di aqiqah Berkah menghadirkan berbagai macam menu masakan aqiqah seperti, Sate, Gule, Rendang, Krengseng, Daging Lapis, Dendeng ragi, Kambing Guling dan masih ada lagi.


Di aqiqah Berkah juga terdapat dua macam paket masakan aqiqah, yaitu Paket Aqiqah Mandiri dan Paket Aqiqah Peduli. dan untuk ayah dan bunda yang ingin tau mengenai harga masakan di aqiqah berkah, Berikut daftar harga masakan aqiqah berkah:

Daftar Harga Aqiqah Mandiri

daftar harga aqiqah mandiri

Daftar Harga Aqiqah Peduli

daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.