Berbagi Ke Sesama Melalui Paket Aqiqah Jogja Peduli

By August 21, 2019 Artikel No Comments

Haloo sahabat aqiqah, terimakasih karena sudah berkunjung di website ini. Dalam konten kali ini akan membahas mengenai penjelasan aqiqah secara bahasa dan istilah, acara aqiqah apa saja, review acara aqiqah, kapan acara aqiqah, bagaimana doa aqiqah yang benar menurut Islam, Kemudia bagaimana doa saat memotong hewan aqiqah. Mari kita bahas bersama mengenai materi di atas.

A. Pengertian Aqiqah Secara Bahasa dan Istilah

Menurut bahasa, aqiqah yaitu memotong dan jika dartikan aqiqah ialah menyembelih. Selain itu, kata aqiqah dapat diartikan sebagai rambut bayi yang baru saja dilahirkan.

Dan apabila menurut istilah, aqiqah memiliki arti yaitu proses menyembelih hewan ternak kambing atau domba yang ditujukan pada bayi yang baru saja lahir bersamaan dengan pencukuran rambut sang bayi serta memberi nama untuk sang bayi.

Aqiqah bisa dilakukan saat hari ketujuh setelah hari lahirnya sang bayi, dengan syarat apabila saat hari tersebut kedua orang tua sudah mempunyai berkemampuan untuk melaksanakan aqiqah putra dan putri.

Apabila kedua orang tua masih juga belum mempunyai kemampuan untuk beraqiqah, maka aqiqah bisa dilakukan dihari ke empat belas setelah hari dilahirkannya sang bayi dan bisa juga dihari ke dua puluh satu setelah sang bayi.

Dan apabila saat hari tersebut kedua orang tua masih belum memiliki kemampuan untuk mengaqiqahi sang bayi, maka aqiqah bisa diganti sampai kedua orang tua sudah berkemampuan mengaqiqahi putra atau putrinya.

B. Acara Aqiqah Apa Saja ?

Acara aqiqah yang sering dilaksanakan oleh keluarga adalah acara aqiqahan anak diawali oleh pembukaan dengan ucapan salam dan bacaan Basmalah yang dilakukan dan dipimpin oleh Pembawa Acara.

Dan yang selanjutnya ialah membaca Ayat-ayat Suci Al-Qur’an, tepatnya ialah pada surah Lukman dari ayat ke 13 sampai ayat ke 18 dan dibacakan oleh ayah dari anak yang diaqiqahi.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah atau perwakilan dari orang tua sang bayi dengan menyampaikan maksud dan tujuan dari diselenggarakannya acara aqiqah tersebut dan juga untuk mengucapkan banyak terimakasih kepada para tamu undangan yang telah hadir di acara aqiqah buah hatinya tersebut.

Kemudian rambut bayi dicukur dan diikuti dengan pemberian nama untuk anak yang diaqiqahi tersebut. Dilanjutkan dengan tausiyah atau pengajian dari Ustadz yang sudah diundang keacara diikuti dengan do’a penutup kemudia tamu undangan dipersilahkan untuk memakan makanan yang sudah disiapkan.

C. Review Acara Aqiqah

Maksud dari review acara aqiqah adalah hampir sama dengan penjelasan acara aqiqah diatas, jadi seperti susunan pada acara aqiqah. Yaitu:

  1. Pembukaan, yang dilakukan oleh pembawa acara dengan menucapkan salam dan juga bacaan Basmalah
  2. Membaca Ayat-ayat Suci Al-Qur’an oleh Ayah dari bayi yang diaqiqahi
  3. Sambutan sambutan dari pelaksana aqiqah yang menyampaikan maksud dan tujuannya mengundang para tamu dan juga berterimakasih atas kehadiran para tamu
  4. Pemcukuran rambut si bayi yang diikuti dengan pengesahan nama untuk si bayi
  5. Pengajian yang disampaikan oleh Ustadz yang sudah diundang ke acara
  6. Do’a bersama sekaligus do’a penutup acara yang dipimpin oleh Ustadz
  7. Memperbolehkan para tamu undangan untuk mencicipi hidangan masakan hewan aqiqah.

D. Kapan Acara Aqiqah ?

Nah untuk ayah dan bunda pasti bertanya mengenai kapan acara aqiqah dilaksanakan, nah menurut sunnah, aqiqah bisa dilaksanakan di hari ketujuh, empat belas, dan dua puluh satu dari kelahiran atau kehadiran sang bayi, dan apabila di hari tersebut bayi belum di aqiqahi, maka hari aqiqah bisa diganti kapan saja sampai orang tua bisa mengaqiqahi sang anak meskipun anak tersebut sudah tumbuh dewasa.

Dan apabila anak tersebut sudah dewasa bahkan sudah berkeluarga maka anak tersebut bisa mengaqiqahi dirinya sendiri dengan syarat dia sudah bisa mencari nafkah sendiri. Perhitungan hari ketujuh ini dihitung dari waktu kelahiran si bayi.

Jika bayi lahir pada jarak waktu anatara pagi sampai sore, maka perhitungannya dimulai dari hari tersebut. Dan jika bayi lahir pada jarak waktu antara sore sampai malam, maka perhitungannya dimulai dari hari esoknya.

E. Doa Aqiqah Menurut Islam

Dalam aqiqah anak, haruslah memanjatkan doa doa untuk anak agar saat pertumbuhan anak terbebas dari gangguan serta godaan syaitan. Atau agar anak selalu dalam perlindungan Allah swt.. Berikut ini adalah doa doa yang bisa dipanjatkan saat acara aqiqah anak:

“U’iidzuka bi kalimaatillahittammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Artinya: “Saya perlindungan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap godaan syaitan, serta dari setiap pandangan yang penuh dengan kebencian”

“Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami’is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmadati wa bidawami ‘inayatika wa ri’ayatika an-nafidzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huquqi rububiyyatika al-karimati nadabtana ilaihi fima bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj’alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur’ani wa la taj’alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyani.”

Artinya: “Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

F. Doa Saat Memotong Kambing Aqiqah

Pada saat melaksanakan penyembelihan hewan diharuskan dengan menyebut asma Allah, begitu saat penyembelihan binatang untuk aqiqah, juga harus menyebut asma Allah. SWT.

Dan ketika menyembelih binatang aqiqah juga diiringi dengan do’a menyembelih hewan aqiqah Dan doa tersebut ialah: “Bismillah Allahu Akbar. Allahumma minka wa laka, hadzihi ‘aqiiqotu fulaan” dan arti dari ayat tersebut ialah “dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah fulan” Kata fulan dalam doa tersebut ditujukan untuk orang yang diaqiqahi.

Dan ketika doa tersebut dibaca saat menyembelih, kata fulan tersebut diganti dengan nama anak yang diaqiqahi. Doa ini berdasarkan perkataan dari ‘Aisyah r.a. yang hadits nya diriwayatkan oleh Al-Baihaqy dan dishahihkan oleh Ibnus Sakan.

G. Menu Aqiqah Berkah Yogyakarta Peduli Beserta Daftar Harganya

Aqiqah Berkah Yogyakarta menyediakan beragam menu menu masakan aqiqah, mulai dari sate, gule, krengsengan, dendeng ragi, rendang, kambing guling, daging lapis, nasi kebuli, nasi kotak, dan masih banyak menu menu lezat yang lainnya.

Selain menu masakan yang sudah disebutkan, Anda juga bisa memesan menu masakan lain yang sesuai dengan selera Anda. Rasa masakannya sudah terjamin lezat dan tentunya tidak ada bau prengus kambing, karena masakan tersebut dimasak oleh juru masak yang sudah berpengalaman. Berikut ini adalah daftar harganya:

1. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

2. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.