Harga Paket Aqiqah 2 Ekor Kambing Yang Murah Dan Terjangkau

By September 5, 2019 Artikel No Comments

Assalamu’alaikum semuanya, ketemu lagi nih dengan Aqiqah Berkah, disini nanti kami akan menjelaskan mengenai harga paket aqiqah yang murah dan mudah.

Namun sebelum menjelaskan mengenai hal tersebut kami akan terlebih dahulu menjelaskan mengenai materi aqiqah beserta dengan penjelasan dan tata caranya sekalipun. Baik mari langsung saja kita pada pembahasan awal dibawah ini.

Cara Melaksanakan Aqiqah

Cara pelaksanaan aqiqah ialah diawali dengan pemilihan hewan aqiqah sehat, cukup umur dan sesuai dengan syariat islam, dan hewan tersebut bisa berupa kambing atau domba yang sudah cukup umur dan sehat.

Kemudian hewan tersebut disembelih dan dipotong yang nantinya akan diolah menjadi masakan dan makanan hidangan aqiqah. Kemudian setelah itu didalam acara aqiqah akan ada susunan acaranya yang dimulai dari pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci al-qur’an, pencukuran rambut serta pemberian nama, dan terakhir ialah menikmati hidangan masakan aqiqah dan penutup acara.

Pelaksanaan aqiqah tersebut bisa dilakukan di hari ke-7 setelah dil;ahirkan bayi, hari ke-14 setelah bayi dilahirkan ataupun hari ke-21 setelah kelahiran bayi.

Apabila orang tua sudah berkemampuan melaksanakan aqiqah maka sangat disunnahkan sekali mengaqiqahi bayi tepat pada salah satu hari tersebut.

Dan jika orang tua belum mampu melaksanakan aqiqah dihari tersebut maka bisa diganti dihari selanjutya ataupun dihari bebas sesuai dengan kemampuan orang tua.

Bagaimana Aqiqah Itu ?

Sebelumnya sudah pernah dijelaskan bahwa melaksanakan aqiqah ialah bukti dari rasa syukur orang tua kepada Allah SWT karena telah dilahirkannya bayi laki-laki atau bayi perempuan yang nantinya akan menjadi anak-anak yang sholeh dan sholekah dan bisa mengangkat derajat orang tua yang telah mengandung dan merawatnya.

Aqiqah sangatlah penting untuk anak yang sudah lahir kedunia, sebab setiap anak yang lahir kedunia dirinya masih terkekang oleh gangguan jin dan status yang masih tergadai.

Sebagai penebus statusnya yang tergadai maka anak tersebut harus diaqiqah terlebih dahulu. Untuk mengaqiqahinya ialah 1 ekor saja untuk anak putri dan 2 ekor untuk anak putra.

Bagaimana Tata Cara Ibadah Aqiqah ?

Tata cara pelaksanaan aqiqah sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan. Pertama kita melakukan sembelihan kambing atau domba, sebelumnya kambing dan domba tersebut sudah dipilih sesuai syariat islam.

Dalam penyembelihan tersebut juga ada tata caranya sendiri, yaitu pertama baringkan hewan dengan menghadap arah kiblat sama seperti arah kita sholat, kemudian injak leher hewan tersebut dan selanjutnya sembelih dan potong tepat pada urat nadi yang ada dileher hewan.

Lalu biarkan hewan tersebut terbaring sambil menunggu darah dari leher hewan mengalir sambil memastikannya hewan tersebut sudah mati.

Pisahkan kulit hewan dari dagingnya lalu potong daging kecil-kecil kemudian masak. Setelah itu pada acara aqiqah yaitu puncak acaranya ialah pencukuran dan pemberian nama.

Doa Aqiqah

Setiap pelaksanaan aqiqah sebelumnya pasti pada proses penyembelihan, dan proses tersebutlah yang paling penting, dan berikut ialah niat dari sembelih hewan aqiqah:

Bismillahi wallahu akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu… (sebutkan nama bayi)

Artinya : “ Dengan menyebut asma Allah. Allah maha besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah qiqahnya…(sebutkan nama bayi)

Cara Menyembelih Aqiqah

Aqiqah merupakan penyampaian rasa bahagia atau syukur pada Allah SWT atas lahirnya anak. Bagi orang tua yang mampu diwaktu anak lahir diwajibkan untuk menjalankan ibadah untuk anaknya.

Jika orang tua belum mampu mengaqiqahkan anaknya tidak wajib baginya menjalankannya. Adapun cara menyembelih aqiqah diantaranya kambing sesuai dengan ketentuan yaitu sehat atau tidak cacat fisik.

Penyembelih hewan aqiqah beragama isalam. Menggunakan alat yang tajam, seperti pisau yang tajam dan tidak mengasah pisau didepan hewan yang akan disembelih.

Hewan yang akan disembelih dihadapkan ke arah kiblat. Membaca do’a aqiqah, setelah itu menyembelihnya dengan cepat. Membaringkan hewan aqiqah dan memastikan jika hewan sudah mati.

Cara Pembagian Daging Aqiqah Dengan Benar

Aqiqah adalah penyampaian rasa syukur pada Allah SWT karena telah lahirnya anak. Ketentuan untuk kambingnya kebanyakan dengan menggunakan kambing jantan.

Pembagian daging aqiqah berbeda dengan pembagian daging qurban yang biasanya mentah. Untuk aqiqah dibagikan dalam keadaan sudah matang, karena agar si penerima bisa langsung memakannya tanpa perlu bingung memasaknya dan menguarkan biaya untuk memasak. Beda dengan qurban yang dibagikan dalam keadaan mentah.

Menu Aqiqah Dan Catering Aqiqah Berkah Yang Enak, Murah, dan Lezat

Untuk ayah bunda yang ingin mencari menu masakan aqiqah dan catering, kami menyediakan variasi menu masakan tersebut. Antar lain ialah, Kambing guling, Rendang, Sate, Dendeng ragi, Daging lapis, Krengseng, Gule dan masih ada lagi lainnya.

Harga masakan Aqiqah Berkah juga terbilang sangat murah sekali dan pastinya rasa dari masakan tersebut ialah enak dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.