Jasa Layanan Aqiqah Terbaik Hanya di Paket Aqiqah di Grogol

By September 10, 2019 Artikel No Comments

Selamat datang diartikel Aqiqah Berkah untuk anda semua, Dan pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang makna aqiqahan, acara aqiqah di rumah, susunan acara dalam aqiqah, cara mengundng aqiqah lewat WA, doa aqiqah cukur rambut, pembagian daging aqiqah yang benar. dan berikut ialah penjelasannya.

A. Makna Aqiqahan

Aqiqah memiliki makna sebagai penebus anak dari status tergadainya dan jika tidak diaqiqahi, maka amalan amalan anak tersebut tidak akan sampai kepada orang tuanya.

Selain untuk penebus, aqiqah juga untuk melaksanakan sunnah Nabi SAW, Serta sebagai bentuk dan wujud rasa syukur dan juga rasa cinta kita kepada Allah SWT.

Dilaksanakannya ibadah aqiqah yaitu dengan cara penyembelihan dan pemotongan hewan aqiqah dengan jenis hewan kambing ataupun hewan domba yang berwarna putih.

Pelaksanaan aqiqah akan lebih afdal jika dilaksanakan menurut sunnah yang ditentukan, tetpai jika diwaktu yang lebih afdal tersebut tidak bisa melaksanakannya maka dapat melaksanakan dihari lainnya sesuai dengan waktu yang anda mampu.

B. Acara Aqiqah di Rumah

Jika Anda ingin melaksanakan aqiqah di rumah, maka persiapkan hal hal berikut ini agar nantinya saat acara aqiqah berlangsung tidak perlu bingung lagi.

  1. Yang paling penting tentunya adalah kambing yang disembelih untuk aqiqah. Dan kambing tersebut harus berjumlah 2 ekor apabila anak yang diaqiqahi tersebut ialah laki laki, jika perempuan hanya cukup 1 ekor kambing saja.
  2. Alat cukur rambut, yaitu gunting, tempat untuk meletakkaan rambut yang sudah dicukur (bisa mangkok atau yang lainnya), dan nampan untuk menaruh gunting dan tempat untuk menyimpan rambut.
  3. Sound system, jika mengundang banyak orang dan juga untuk memutar lagu lagu sebelum acara dimulai.
  4. Undangan, buat daftar siapa yang akan hadir diacara terlebih dahulu lalu buatlah undangan sebanyak orang yang ada pada daftar tersebut.
  5. Souvenir dan menu makanan, yang nantinya akan dibagikan kepada para tamu yang sudah hadir.

C. Susunan Acara Dalam Aqiqah

Susunan susunan dalam acara aqiqah adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan. Yang biasanya dlakukan oleh pembawa acara dengan diawali kalimat basmalah
  2. Membaca Ayat Suci Al-Qur’an serta diikuti dengan membaca doa tahlil yang dipimpin oleh Ustadz
  3. Kata sambutan dari orang tua anak (yang mengadakan acara aqiqahan tersebut)
  4. Pencukuran rambur bayi diikuti dengan pemberian nama untuk bayi, usahakan untuk memberi nama yang memiliki arti baik untuk si bayi agar kelak si bayi tersebut dapat berperilaku sesuai dengan nama yang diberikan
  5. Tausiyah yang dilakukan oleh Ustadz yang diundang
  6. Doa doa dari para tamu yang hadir diikuti dengan doa penutup yang dipimpin oleh Ustadz
  7. Persilahkan para tamu untuk menyantap hidangan yang sudah disiapkan.

D. Cara Mengundang Acara Aqiqah Lewat Wa

Pada zaman yang sudah serba canggih sekarang, untuk mengundang para tamu untuk hadir dalam acara aqiqah tentu bukanlah hal yang sulit dilakukan, contohnya adalah mengundang para tamu melalui aplikasi WhatsApp.

Mengundang para tamu melalui WA ini tentunya akan menghemat biaya sekaligus menghemat tenaga. Undangan ini nantinya bisa dikirim dalam grup WA ataupun Personal Chat.

Untuk membuat kalimat undangan, tentunya gunakanlah bahasa yang sopan. Jangan lupa awali dengan salam diikuti dengan kalimat pembuka dan juga tujuan Anda mengundang mereka.

Sertakan juga hari, waktu, dan tempat pelaksanaan acara aqiqah tersebut, agar orang yang diundang tidak merasa bingung. Kemudian kalimat penutup berisi dengan ucapan terimakasih kepada para orang yang sudah diundang. Ditutup oleh ucapan salam diikuti dengan nama Anda sebagai orang yang mengadakan acara aqiqah tersebut.

E. Doa Aqiqah Cukur Rambut

Disaat prosesi acara aqiqah yang menjadi puncak dari acara aqiqahan yaitu pada saat prosesi pencukuran rambut, dan berikut ialah doa untuk mencukur rambut bayi:

“Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillahirobbil’alaamin. Allahumma nurus samaawaati wanuurusy syamsi walqomari, Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rosulullahi Shollallau ‘alaihi wasallah walhamdulillahi rabbil ‘alamiin.”

Artinya: “dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian Rasulullah SAW, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam”.

F. Pembagian Daging Aqiqah yang Benar

Sebelum kita semua membagikan daging aqiqah kepada masyarakat, alngkah baiknya jika daging aqiqah dimasak terlebih dahulu, sebab jika daging aqiqah dimasak terlebih dahulu maka akan memudahkan masyarakat yang menerima aqiqah untuk langsung menikamtinya.

Daging aqiqah tersebut dapat dibagika ketempat-tempat yang berhak menerima aqiqah, namun jika ingin memberi daging aqiqah kepada kerabat jauh itu juga msih diperbolehkan.

Dimasaknya daging aqiqah tersebut supaya kita kita juga akan meringankan orang yang menerima untuk tidak lagi membeli bahan masakan untuk memasak daging aaqiqah.

Dan karena memasak daging tersebut bisa membutuhkan banyak biaya untuk membeli bahan bahan masakan dan bumbu bumbu masakan. Yang belum tentu para orang yang menerima daging tersebut mampu membeli bahan dan bumbu masakan sekaligus memasak daging aqiqah tersebut.

G. Aqiqah Murah, Menunya Lezat, Harganya Merakyat Hanya Di Aqiqah Berkah

Berikut kami beri gambaran dari harga masakan Aqiqah Berkah baik Paket Mandiri dan Paket Peduli:

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.