Jasa Penyaluran Paket Aqiqah Cikarang Selatan Peduli

By August 30, 2019 Artikel No Comments

Assalamu’alaikum untuk anda semuanya yang berada di Cikarang selatan dan sekitarnya. Pada artikel ini Aqiqah Berkah akan membahas mengenai Aqiqah secara keseluruhan. Untuk semuanya pasti sudah pada penasaran dan ingin segera lebih tau lagi mengenai aqiqah secara lengkap. Oke mari langsung saja kita simak bersama materi tentang Aqiqah dibawah ini.

Pengertian Ibadah Aqiqah

Dan penjelasan mengenai aqiqah secara lengkap yaitu adalah penyampaian rasa syukur pada Allah SWT atas kelahiran anak dengan cara penyembelihan hewan berupa domba putih atau bisa juga berupa kambing.

Aqiqah bisa diartikan sebagai ibadah yang hukumnya Sunnah Mu’akkad dan dilaksanakan menurut anjuran islam yaitu pada hari ketujuh setelah dilahirkannya sang bayi tersebut.

Yang wajib melaksanakan aqiqah adalah orang tua, apabila orang tua pada waktu anak lahir dalam keadaan tidak mampu tidak wajib untuknya melaksanakan.

Hikmah dari melaksanakannya aqiqah adalah sebagai bentuk wujud pendekatan diri kita kepada Allah SWT dan dapat mempererat tali silaturahmi antar manusia.

Aqiqah sebagaimana telah dicontohkan oleh rasulullah yang telah melaksanakan aqiqah cucunya, jadi aqiqah juga sebagai perwujudan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Arti Sunnah Aqiqah

Hukum dari melaksanakannya aqiqah adalah Sunnah Mu’akkad. Orang tua yang yang baru memiliki anak pastinya bahagia dan sangat bersyukur dan untuk mewujudkan rasa syukur dilaksanakanlah aqiqah.

Aqiqah merupakan kewajiban orang tua yang sudah mampu. Untuk orang tua yang belum mampu melaksanakan aqiqah tidak wajib bagi mereka atau boleh melakukan kapan saja selama anak belum baligh.

Menurut islam pelaksanaan aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran anak. syarat aqiqah ialah bagi mereka yang telah mampu, dan untuk anak laki-laki penyembelihannya dilakukan dua ekor kambing dan anak perempuan hanya satu ekor kambing saja.

Syarat kambing aqiqah sehat tidak cacat fisik dan kambing minimal usia satu tahun memasuki dua tahun.

Apakah Belum Aqiqah Boleh Qurban ?

Aqiqah yaitu ibadah yang dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur pada Allah karena telah lahir anak laki-laki atau perempuan.

Menurut berbagai pendapat mengenai hal ini tidak ada hubungannya aqiqah dengan qurban. Yang melaksanakan dan bertanggung jawab dengan aqiqah anak ialah orang tuanya sendiri apabila orang tua tersebut sudah mampu aqiqah untuk anaknya, jika anak tersebut belum diaqiqahi tepat pada waktu idul adha dan ingin melaksanakan ibadah qurban diperbolehkan baginya berquraban.

Belum diaqiqahi karena tidak mampunya orang tua boleh aqiqah diri sendiri. Kesimpulannya jika belum di aqiahi boleh saja melaksanakan ibadah qurban. Tentang apakah boleh qurban sebelum aqiqah itu yang bisa kami bahas.

Apakah Boleh Aqiqah Dengan Sapi ?

Aqiqah yaitu suatu ibadah yang dilaksanakan sebagai penyampaian rasa syukur pada Allah karena lahirnya anak. Ketentuan jumlah hewan aqiqah untuk anak putri dan putra dibedakan yaitu satu ekor untuk anak putri dan dua ekor untuk anak putra.

Sebagian ulama memperbolehkan aqiqah dengan menggunakan sapi karena dagingnya yang banyak dan harga lebih mahal dan sapipun juga hewan persembahan.

Ada juga ulama yang menjelaskan tidak memperbolehkan menggunakan sapi untuk ibadah aqiqah, karena aqiqah juga dapat menghilangkan sifat kehewanan seperti kambing.

Mengapa kambing ? karena kambing memiliki sifat yang tidak pernah mandi sehingga sangat berbau dan sulit menurut. Maka dari itu aqiqah haruslah menggunakan kambing tidak boleh sapi ataupun unta.

Apa Perbedaan Aqiqah Dengan Qurban ?

Perbedaan aqiqah dengan qurban, aqiqah adalah wujud rasa gembira atau syukur pada Allah SWT karena telah lahirnya anak dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan kambing atau domba.

Dilaksanakannya aqiqah yaitu pada hari ketujuh sejak kelahiran anak. dalam pembagian daging di aqiqah dibagikan dalam keadaan sudah dioleh dengan begitu penerima bisa langsung menikmati tanpa harus bingung mengolah dan mengeluarkan biaya untuk mengolahnya.

Qurban adalah bentuk wujud pendekatan diri kepada Allah SWT dengan cara menyembelih atau memotong hewan qurban (sapi, Kambing, Domba, Unta). Seperti arti dari ibadah qurban yakni dekat.

Dan ibadah qurban dilaksanakan dihari raya idul adha atau hari raya qurban. Sedangkan cara membagi daging untuk qurban ialah dibagikan masih dalam keadaan mentah atau belum dimasak.

Apakah Aqiqah Itu Wajib Atau Sunnah ?

Hukum dari dilaksanakannya aqiqah ialah Sunnah Mu’akkad, bagi orang tua yang sudah mampu dianjurkan untuk segera beraqiqah untuk anaknya pada waktu yang sudah dianjurkan.

Sedangkan bagi orang tua yang belum mampu atau belum bisa melaksanakan aqiqah untuk anaknya maka masih boleh melaksanakan aqiqah kapan saja selama anak belum baligh.

Untuk hikmah melaksanakan aqiqah adalah sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT, mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dan mempereat tali silaturahmi antar manusia.

Dilaksankannya aqiqah sesuai dengan anjuran islam dilaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran anak. jadi hukum dari aqiqah adalah sunnah.

Menghidupkan Sunnah Aqiqah Dengan Aqiqah Berkah

Bagi Ayah dan bunda yang sedang mencari layanan atau jasa aqiqah atau jasa penyaluran aqiqah yang terpercaya silahkan pesan saja di Aqiqah Berkah, pesanan anda akan diantar tepat pada waktunya.

Menu masakannya pun beragam pastinya enak, anda bisa memilih menu masakan sesuai keinginan anda. Menyembelihnya dilakukan oleh ahlinya sesuai syariat islam. Kunjungi websitenya untuk mengetahui lebih tentang Aqiqah Berkah di aqiqahberkah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.