Paket Aqiqah Daerah Gresik Peduli

By September 9, 2019 Artikel No Comments

Apa kabar masyarakat daerah gresik dan sekitarnya, semoga hari ini anda semua dalam lindungan Allah SWT Aminn. Di artikel ini nanti akan kami jelaskan mengenai paket aqiqah yang ada didaerah gresik dan sekitarnya.

Namun sebelum kita membahas mengenai paket aqiqah tersebut kami akan memberi sedikit pengetahuan terlebih dahulu, dan pengetahuan tersebut ada dibawah ini.

Pengertian Aqiqah Menurut Istilah Brainly

Menurut istilah brainly aqiqah dapat diartikan sebagai ibadah sunnah yang dimana dialam acara tersebut terdapat prosesi pencukuran rambut dan pemberian nama yang baik untuk bayi yang baru saja berusia 7 hri, 14 hari dan 21 hari.

Sebelum acara tersebut hewan aqiqah disembelih menggunakan pisau yang tajam oleh ahli sembelih hewan dengan membaca niat untuk aqiqah.

Sebenarnya pengertian aqiqah menurut apapun ialah sama saja, yang mebedakan hanyalah bahas dan cara penyampainnya saja namun inti dari penjelasan aqiqah tersebut ialah sama.

Makna Aqiqah Secara Bahasa

Pengertian aqiqah secara bahasa berasal dari kata ‘aqqu yang mempunyai arti potong. Untuk penjelasan arti potong dalam aqiqah ada dua yaitu potong rambut dan potong hewan aqiqah.

Jadi artinya melaksanakan aqiqah untuk bayi dengan cara menyembelih hewan aqiqah. Dan hewan tersebut bisa dengan jenis hewan kambing dan hewan jenis domba berwarna putih, hanya dua hewan tersebut yang bisa digunakan untuk aqiqah, sebab dalam aturan aqiqah hany tertulis dua hewan tersebut.

Makna dari aqiqah ialah sebagai bentuk/ wujud rasa bersuyukur dan rasa cinta kita pada Allah SWT dan juga kepada Nabi Muhammad SAW.

Acara Aqiqah Anak Perempuan

Sebelum melaksanakan acara aqiqah sebaiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu untuk bahannya serta undangannya, yang harus disiapkan pertama yaitu pemilihan hewan aqiqah yang sesuai dengan syariat islam.

Kemudian didalam acara tersebut biasanya jika anak yang diaqiqahi perempuan dekorasinya bernuansa warna pink atau warna yang disukai oleh anak perempuan, semua tergantung keinginan dari orang tuanya.

Didalam acara aqiqah terdapat susunan acara yang isinya yaitu Pembukaan, Pembacaan ayat suci al-qur’an, kata sambutan dari ayah dari anak putri tersebut, dan yang selanjutnya yaitu pencukuran sebagian dari rambut sang bayi serta pemberian nama, dimana nama tersebut memliki arti yang baik dan bagus untuk sang bayi, selanjutnya tausiyah dan terakhir menyantap makanan dan pulang.

Dalam acara aqiqahan anda juga bisa mengundang anak yatim dan fakir miskin agar mereka turut ikut dengan kebahagiaan kita semua.

Acara Aqiqah Anak Laki Laki

Untuk acara aqiqah anak laki-laki dan perempuan ialah sama saja dan tidak perbedaanya, hanya saja yang membedakan ialah pada jumlah hewan aqiqah yang disembelih pada saat prosesi aqiqah.

Dan pada saat proses sembelih aqiqah ialah untuk anak perempuan harus menyembelih 1 ekor kambing, dan untuk anak laki-laki harus menyembelih 2 ekor kambing.

Untuk jenis kelamin hewan aqiqah pun bebas, yaitu bisa betina dan bisa juga jantan, namun biasanya dalam acara aqiqahan banyak orang yang menggunakan kambing jantan dengan alasan dagingnya yang banyak dan bisa juga untuk dibagikan kebanyak orang.

Untuk susunan acara aqiqahan anaka laki-laki ialah sama dengan acara aqiqahan anak perempuan.

Doa Aqiqah dan Artinya

Dibawah ini ialah doa pada proses aqiqah:

Allohumma haadzihii ‘aqiqotu… .bin/binti… .fataqobbalhaa

Artinya : “ Ya Allah, ini merupakan aqiqah dari… .bin/binti… .terimalah ya Allah.”

Do’a saat menyembelih hewan

Bismillahi wallahu Akbar. Allahumma minka wa laka, Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu… .(sebutkan nama bayi)

Artinya : “Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya… .(sebutkan nama bayi).”

Pembagian Daging Aqiqah Sebaiknya

Pada saat membagi daging aqiqah sebaiknya harus dengan keadaan daging sudah matang agar dapat memudahkan sang penerima daging dapat langsung menikmati daging aqiqah tersebut.

Memang cara pembagian daging aqiqah sangatlah beda dengan cara pembagian daging qurban walaupun dari keduanya hampir memiliki kesamaan dalam peraturannya.

Pembagian daging qurban ialah dengan keadaan daging mentah, sebab orang yang menerima aqiqah bisa memasak dari daing tersebut sesuai dengan selera penerima daging qurban.

Tujuan dari dibagikannya daging aqiqah dalam bentuk sudah matang yaitu ketika kita membagi daging tersebut pada fakir miskin dan anak yatim serta anak jalanan mereka sudah tidak perlu memikirkan untuk memasak daging tersebut menjadi olahan daging apapun.

Menu Aqiqah Yang Ada Di Aqiqah Berkah

Berbagai menu telah tersedia di Aqiqah Berkah antara lain yaitu Kambing guling, gule, sate, rendang, daging lapis, dendeng ragi, krengseng, dan juga tersedia nasi kotak dengan berbagai lauk pendampingnya.

Aqiqah Berkah tidak hanya melayani makasan untuk acara Aqiqah saja, namun Aqiqah Berkah juga melayani masakan untuk acara tasyakuran, pernikahan, gathering ataupun acara lainnya.

Dan berikut ialah gambar daftar hara yang ada di Aqiqah Berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.