Paket Aqiqah di Balikpapan Peduli

By August 30, 2019 Artikel No Comments

Assaalamualaikum semuanya, terimakasih karena telah berkunjung di website ini. Kali ini akan dijelaskan tentang arti aqiqah secara bahasa dan istilah, hukum aqiqah jika aqiqah tersebut dinazarkan, hukum melaksanakan aqiqah dan qurban, tata cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban, cara aqiqah bagi orang dewasa, cara aqiqah yang benar, dan yang lainnya. Baiklah, silahkan disimak beberapa penjelasan dibawah ini dan semoga dapat bermanfaat.

A. Arti Aqiqah Secara Bahasa dan Istilah

Diartikel yang sudah ada pernah dijelaskan mengenai arti dari aqiqah secara bahasa dan secara istilah. Namun diartikel ini akan dijelaskan kembali mengenai hal tersebut agar ayah dan bunda lebih mengetahui lebih dalam lagi mengenai aqiqah.

Ketika kita mendengar kata aqiqah pasti tidak asing lagi, kata aqiqah ialah kata yang berasal dari bahasa arab, artinya ialah menyembelih atau memotong.

Dan jika dijelaskan secara lengkap yaitu suatu proses penyembelihan dan pemotongan hewan, bisa berupa kambing dan domba yang dilakukan dihari ke-tujuh, empat belas, dan dua puluh satu setelah bayi tersebut dilahirkan.

Tujuan dari penyembelihan tersebut ialah untuk menebus status anak tersebut yang masih tergadai. Karena setiap bayi yang lahir didunia maka dirinya masih tergadai dengan aqiqahnya.

B. Apa Hukum Aqiqah Jika Aqiqah Tersebut Dinazarkan ?

Jawabannya adalah hukum aqiqah tersebut menjadi wajib untuk dilaksanakan. Karena hal apapun yang jika dinazarkan, maka akan menjadi wajib hukumnya.

Jika sudah bernazar, tetapi ada halangan untuk melaksanakannya (misalnya kambing hilang saat akan disembelih), maka jika mampu gantilah kambing tersebut dan laksanakan aqiqah lagi.

Dan jika tidak mampu dan ingin membatalkan nazar tersebut, maka diwajibkan menunaikan kafarah sumpah untuk menggantinya. Kafarah sumpah ialah dengan memberi makan kepada sepuluh orang yang kurang mampu, memberi pakaian kepada sepuluh orang yang kurang mampu, dan memerdekakan seorang hamba sahaya.

Jika tidak dapat menunaikan 3 jenis dari kifarah sumpah, maka perlu untuk menunaikan puasa selama 3 hari untuk mengganti kifarah sumpah yang juga tidak dapat dilaksanakan.

C. Apa Hukum Melaksanakan Aqiqah dan Qurban ?

Hukum dari dilaksanakannya aqiqah ialah sunnah muakkad, artinya sunnah harus dilakukan, namun ada beberapa ulama mengatakan hal tentang hukum aqiqah yaitu sunnah.

Menurut pendapat ulama Imam Malik, Imam Syafi’i beserta pengikutnya, ulama Amdinah, Imam Ahmad, Abu Tsur, Ishaq, dan sebagian besar ulama fiqih dan ijtihad bahwa hukum aqiqah ialah sunnah. Ada juga yang berkata bahwa hukum ialah wajib.

Dan beberapa ulama yang berpendapat bahwa hukum aqiqah wajib, ialah Imam Hasa Al-Bashri, Al-Laits Ibn Sa’ad dan yang lainnya. Sementara hukum qurban ialah sunnah muakkad. Dan dilaksanakan pada hari tasyrik yaitu tanggal 10,11,12,dan 13 Dzulhijjah.

Laksanakan saat sesudah sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah sampai dengan matahari terbenam pada tanggal 13 Dzulhijjah.

D. Bagaimana Tata Cara Penyembelihan Hewan Aqiqah dan Qurban ?

Ibadah aqiqah dan ibadah qurban memiliki banyak persamaan, salah satunya adalah cara penyembelihan hewannya, yaitu antara lain:

  1. Haruslah disembelih oleh orang tua dari anak yang diaqiqah, bisa diwakilkan jika yang bersangkutan tidak mampu
  2. Menggunakan pisau yang tajam setajam mungkin, agar hewan tidak terlalu merasakan sakit
  3. Jika mengasah pisau jangan didepan hewan yang nantinya akan disembelih
  4. Hewan yang disembelih posisinya harus dihadapkan kearah kiblat
  5. Sembelih hewan dengan posisi hewan berbaring
  6. Saat menyembelih, bacalah basmalah, takbir, dan nama orang yang beraqiqah atau berqurban
  7. Sembelihlah hewan dengan cepat dan pastikan urat nadi hewan tersebut telah terpotong
  8. Janganlah mematahkan leher hewan tersebut sebelum hewan tersebut benar benar telah mati.

E. Cara Aqiqah Orang Dewasa

Tata cara aqiqah bagi orang yang sudah dewasa adalah sebagai berikut:

  1. Penyembelihan hewan ternak, yaitu dua ekor kambing jika laki laki dan seekor kambing jika perempuan. Dan hewan tersebut sudah cukup usianya, jika menggunakan kambing berusia minimal satu tahun jika menggunakan domba berusia minimal 6 bulan. Dan juga hewan tersebut sehat dan tidak cacat fisiknya
  2. Masaklah daging hasil hewan sembelihan, yang dapat mempermudah orang orang yang menerimanya
  3. Bagikan daging hasil aqiqah tesebut kepada tetangga, sahabat, kerabat, fakir miskin dan yang lainnya. Atau dengan mengundang mereka datang kerumah dan memakan masakan daging aqiqah tersebut

F. Cara Aqiqah Yang Benar

Berikut ialah cara untuk aqiqah yang benar:

  1. Menyembelih 2 ekor kambing apabila anaknya laki laki dan 1 ekor kambing jika anaknya perempuan. Dan jangan lupa untuk niat dan mengucapkan nama anak yang diaqiqahi saat menyembelih kambing
  2. Pencukuran sebagian dari rambut bayi serta pemberian nama yang bagus pada bayi yang diaqiqahi
  3. Memasak daging aqiqah, untuk mempermudah orang yang menerimanya karena tidak perlu memasak lagi dan tinggal memakannya
  4. Pembagian daging aqiqah, dibagikan pada fakir miskin, tetangga, sahabat, kerabat, dan yang lainnya. Boleh juga mengadakan jamuan makan dengan mengundang orang orang sekitar ke rumah dan memakan masakan daging aqiqah.

G. Aqiqah Yang Jujur dan Amanah Hanya Di Aqiqah Berkah Peduli

Oke sekarang kita sudah mencapai pembahasan terakhir, Dan dipembahasan terakhir pada artikel ini ialah tentang aqiqah yang jujur dan amanah.

Sebelumnya untuk ayah dan bunda yang belum tau mengenai Aqiqah Berkah, disini kami akan memberitahu atau memperkanalkan adri Aqiqah Berkah.

Dan Aqiqah Berkah merupakan Jasa layanan Aqiqah Dan Jasa Penyaluran Aqiqah yang terkenal murah harganya, mudah pesannya, ramah pelanannya dan amanah penyalurannya.

Jadi untuk putra putri ayah bunda yang belum diaqiqah, segera laksanakan aqiqah, sebab Aqiqah Berkah akan memudahkan ibadah aqiqah putra putri ayah dan bunda.

Di Aqiqah Berkah juga terdapat 2 macam Paket layanan, yaitu Paket Layanan Aqiqah Berkah Peduli dan Paket Layanan Aqiqah Mandiri. Paket Aqiqah Peduli ialah melayani jasa penyaluran aqiqah untuk anda yang bertempat tinggal diluar jawa.

Sedangkan Paket Aqiqah Mandiri ialah melayani masakan aqiqah di daerah Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Madiun, Ponorogo, Kediri, Biltar, Tulungagung, Trenggalek, dan sekitarnya.

Dengan pelayanan yang ramah dan pengantaran masakan yang tepat waktu. Mari laksanakan Aqiqah anda bersama Aqiqah Berkah dengan menghubugi nomor layanan kami di 0813-3568-0602.

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.