Paket Aqiqah di Medan Peduli

By September 3, 2019 Artikel No Comments

Assalamu’alaikum, bertemu lagi di website qurban-aqiqah.com. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai aqiqah dan qurban. Ingin melaksanakan ibadah aqiqah tapi takut memilih layanan atau jasa aqiqah yang amanah ? pesan saja di Aqiqah Berkah dijamin amanah pesanan anda sampai tempat tujuan dengan tepat waktu. Yang pastinya menu masakannya juga enak dan murah. Tunggu apa lagi, silahkan kunjungi aqiqahberkah.com untuk keteranganlebih jelasnya.

Pengertian Aqiqah dan Qurban Dengan Singkat

Hallo semuanya, pada pembahasan yang pertama Aqiqah Berkah akan menjelaskan secara singkat mengenai aqiqah dan qurban. Tidak banyak perbedaan dari kedua ibadah tersebut, hanya saja yang membedakan ialah waktu pelaksnaan dan peraturannya saja.

Oke sekarang akan kami jelaskan terlebih dulu mengenai Aqiqah. Secara singkat aqiqah dapat diartikan sebagai ibadah sunnah dengan cara menyembelih dan memotong hewan yang diniatkan khusus untuk ibadah aqiqah. Kemudian qurban artinya ialah dekat.

Jika diartikan secara singkat ialah ibadah sunnah yang dilakukan pada hari raya idul adha/ hari raya qurban dengan menyembelih hewan (kambing, domba, sapi, ataupun unta).

Apa Itu Aqiqah dan Hukumnya ?

Baru saja dijelaskan diparagraf sebelumnya, bahwa pengertian dari Aqiqah yaitu ibadah yang disunnahkan dan dilaksanakan dengan cara menyembelih dan memotong hewan bisa berupa kambing ataupun domba.

Dan dilaksanakannya tersebut bisa dihari ketujuh sesudah dilahirkan bayi, atau di hari keempat belas setelah bayi lahir, atau bisa juga dihari kedua puluh satu setelah bayi dilahirkan.

Namun jika anda belum mempunyai kemampuan untuk mengaqiqahi sang bayi, maka anda bisa mengaqiqahi putra putri anda pada waktu setelah anda sudah mempunyai kemampuan mengaqiqahi putra putri anda.

Dari pengertiannya diatas namanya sudah ibadah sunnah, jadi hukum dari pelaksanaan aqiqah yakni sunnah muakad, atau dapat diartikan sebagai sunnah yang sangat dianjurkan.

Walaupun hukum aqiqah sunnah, anda juga harus atau sangat dianjurkan sekali melaksanakan aqiqah, sebab anda akan merugi jika tidak melaksanakan aqiqah.

Apakah Sebelum Aqiqah Tidak Boleh Qurban ?

Banyak sekali yang mempertanyakan dengan hal apakah sebelum aqiqah tidak boleh berqurban? oke sekarang mari kita bahas bersama. Ada suatu contoh, jika anda ingin melaksanakan ibadah aqiqah namun hari pelaksanaan aqiqah tersebut sudah dekat dengan hari raya idul adha, dan disamping anda juga ingin melaksanakan ibadah qurban dan anda masih bingung untuk melaksanakan ibadah yang mana dulu.

Jika pelaksanaan aqiqah sudah mendekati dengan hari pelaksanaan qurban, maka anda bisa melaksanakan qurban terlebih dahulu. Dan contoh yang kedua ialah jika anda ingin melaksanakan ibadah qurban tetapi anda belum pernah diaqiqahi karena faktor kemampuan maka anda boleh melaksanakan ibadah qurban terlebih dulu.

Dan jika diambil kesimpulan dari dua contoh tersebut ialah apabila anda belum diaqiqah maka anda masih bisa untuk melaksanakan ibadah qurban, sebab hukum dari kedua ibadah tersebut ialah sunnah.

Apakah Kambing Untuk Aqiqah Harus Jantan ?

Untuk paragraf ini kami akan sedikit memberi pengetahuan mengenai boleh tidaknya aqiqah dengan kambing berjenis kelamin jantan. Masih boleh aqiqah dengan kambing betina.

Namun akan lebih afdal jika aqiqah dengan kambing jantan karena alasan lebih afdalnya aqiqah dengan kambing jantan yaitu dagingnya lebih banyak dari pada daging dari kambing berjenis kelamin betina jadi pada waktu pembagian daging aqiqah akan lebih banyak orang yang mendapat daging aqiqah tersebut.

Namun jika dalam aturan aqiqah tidak harus menggunakan kambing jantan, jadi untuk jenis kelamin kambing aqiqah ialah bebas, bisa jantan dan bisa betina. Semua tergantung dengan kemampuan anda semua.

Doa Acara Walimatul Aqiqah

Aqiqah adalah sunah rasul yang mempunyai arti penyembelihan hewan untuk penebusan bayi yang baru lahir. Untuk melaksanakan ibadah aqiqah pasti harus membuat acar sendiri yang mengunda tetangga ataupun kerabat terdekat .

Dan melaksanakan aqiqah tentunya juga ada niat sendiri untuk melaksanakan ibadah aqiqah. Namun langkah pertama aqiqah ialah menyembelih hewan aqiqah bisa berupa kambing ataupun domba. dan berikut ialah doa untuk menyembelih hewan aqiqah yang perlu anda ketahui:

Bismillahi wallahu akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu… (sebutkan nama bayi)

Artinya : “ Dengan menyebut asma Allah. Allah maha besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah qiqahnya…(sebutkan nama bayi)

Pelayanan Baik Yang Ada di Aqiqah Berkah

Untuk Anda yang ingin pesan paket masakan aqiqah maupun paket catering kami akan siap melayani anda dengan sepenuh hati. Untuk anda yang rumahnya berada di sekitar daerah Nganjuk, Jombang, Madiun, Kediri, Tulungagung dan ingin pesan paket masakan aqiqah dan catering di Aqiqah Berkah, maka Aqiqah Berkah siap mengantarkan pesanan kealamat rumah anda dengan tepat waktu.

Dan untuk anda yang beralamat di luar daerah tersebut ataupun diluar jawa Aqiqah Berkah juga melayani dengan jasa penyaluran aqiqah. Kemudian aqiqah tersebut akan salurkan di berbagai tempat yang berhak menerima aqiqah atau juga bis ketempat yang anda amanahkan.

Daftar Harga Aqiqah Mandri

daftar harga aqiqah mandiri

Daftar Harga Aqiqah Peduli

daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.