Paket Aqiqah Tulungagung, Mandiri atau Peduli Kami Siap Melayani

Assalamualaikum semuanya, terimakasih kami ucapkan karena sudah berkunjung di website ini. Kali ini akan menjelaskan mengenai aqiqah untuk anak perempuan seharusnya menggunakan kambing jantan atau betina, serta aqiqah untuk anak laki laki seharusnya menggunakan kambing dengan jenis apa, pelaksanaan aqiqah anak sesuai dengan syariat islam, dan yang lainnya. Langsung saja saya jelaskan mengenai hal hal yang sudah saya tulis sebelumnya, silahkan simak penjelasan penjelasan berikut ini.

A. Aqiqah Anak Perempuan Kambingnya Jantan atau Betina

Di dalam aqiqah untuk anak, biasanya hewan yang dipergunakan atau disembelih untuk sembelihan aqiqah adalah hewan kambing atau domba. Tentunya tanpa memandang jenis kelamin dari kambing atau domba tersebut. Hal ini menurut riwayat hadits shahih yang artinya:

Dari Ummu Kurz Al-Karbiyah, bahwa ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai aqiqah. Maka Rasulullah SAW bersabda, “ya, untuk anak laki laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Tidak menyusahkanmu baik kambing itu jantan maupun kambing itu betina”. (HR. Ahmad dan Tirmidzi, yang kemudian di shahihkan oleh Tirmidzi dalam Nailul Authar 5:149)

B. Aqiqah Anak Laki-Laki Kambingnya Jantan atau Betina?

Aqiqah untuk anak laki laki seharusnya menggunakan kambing jantan atau betina itu tidak dipermasalahkan, sama dengan aqiqah nya anak perempuan. Yang membedakan antara aqiqah untuk anak laki laki dan perempuan adalah dalam jumlah kambing tersebut, yaitu jika anak laki laki menggunakan sebanyak 2 ekor kambing sebagai aqiqah nya, maka untuk anak perempuan hanya menggunakan 1 ekor kambing saja untuk meng-aqiqah-i nya. Hal ini sebagaimana dengan sabda Rasulullah SAW, diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi yang kemudian di shahihkan oleh Tirmidzi dalam kitab Nailul Authar 5:149.

C. Waktu Aqiqah Anak Menurut Islam

Waktu pelaksanaan aqiqah untuk anak yang disunahkan atau yang dianjurkan menurut haits hadits adalah pada hari ketujuh dari kelahiran bayi. Jika kedua orang tua bayi belum mampu untuk melaksanakan aqiqah anak pada hari ketujuh, maka laksanakan aqiqah untuk anaknya di hari ke empat belas dari kelahiran bayi. Di hari ke empat belas kedua orang tua bayi masih belum mampu lagi meng-aqiqah-i anak nya , maka aqiqah dilaksakan pada hari ke dua puluh satu dari kelahiran bayi. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Al-Baihaqy dan juga hadits riwayat Imam Ahmas dan Ash-Habus Sunan. Namun, jika pada waktu waktu yang disunah kan tersebut belum mampu melaksanakannya, maka boleh melaksanakan aqiqah kapan saja saat orang tua sudah mampu.Untuk bayi yang meninggal sebelum hari ketujuh dan yang meninggal ketika masih di dalam kandungan ibunya, maka lebih baik disembelihkan aqiqahnya. Dengan syarat si bayi dalam kandungan sudah berusia empat bulan.

D. Apakah Daging Aqiqah Boleh Dimakan Oleh Keluarga?

Berdasarkan hadits dari ‘Aisyah r.a. yang artinya “aqiqah yang sesuai sunnah, untuk anak laki laki 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan seekor kambing. Dimasak utuh tulangnya, tidak dipecah tulangnya, dimakan sendiri, diberikan ke orang lain, dan disedekahkan”

Di dalam kitab Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah disebutkan pula bahwa orang yang beraqiqah dapat membagikan hasil aqiqah tersebut dalam bentuk daging mentah ataupun dalam bentuk masakan daging, tetapi akan lebih baik jika dibagikan dalam keadaan sudah dimasak. Kemudian hasil daging aqiqah tersebut dibagikan atau disedekahkan pada fakir miskin, para tetangga, kerabat, atau teman dekat. Yang berarti keluarga nya pun bisa memakan hasil aqiqah tersebut. Boleh juga mengundang orang miskin atau pun orang kaya untuk memakan hasil hasil masakan aqiqah tersebut di rumahnya.

Jadi, berdasarkan hadits tersebut diatas hukum memakan daging hasil beraqiqah bagi keluarga adalah diperbolehkan.

E. Catering Aqiqah Tulungagung

Aqiqah Tulungagung ialah salah satu cabang kami kini melayani jasa catering untuk pesanan pesanan aqiqah Anda. Untuk biaya ongkos kirim, Anda tidak perlu khawatir karena biaya ongkos kirim akan menjadi gratis untuk Anda yang wilayah pengantarannya cukup dekat dengan kantor kami. Waktu pengirimannya pun tepat waktu, sesuai dengan waktu yang Anda tentukan untuk mengirimkannya. Dengan menu masakan yang beragam, Anda bisa memilih menu masakan itu sesauai dengan selera Anda. Rasa masakan nya juga enak,lezat, dan juga dijamin tidak memiliki bau prengus kambing. Untuk ketentuan syarat syarat aqiqah, Anda tidak perlu ragu lagi karena kami melakukan aqiqah dengan syarat syarat yang syar’i.

F. Aqiqah Nasi Kebuli Tulungagung

Aqiqah kami yang memiliki cabang di daerah Tulungagung kini menyediakan berbagai menu menu masakan yang enak, juga lezat, dan tentunya tidak ada bau preangus dari kambing. Kami menyediakan banyak sekali menu menu masakan yang dapat anda pilih, salah satunya adalah masakan nasi kebuli. Dan masakan nasi kebuli ini akan diantarkan kemana saja sesuai dengan yang Anda amanahkan kepada kami.

G. Cara Pemesanan Paket Aqiqah Tulungagung


Cara pemesanannya cukup mudah, yaitu:

  1. Silahkan Anda hubungi nomor layanan kami yang sudah tertera di website kami, dan tim kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai Aqiqah Berkah.
  2. Silahkan informasikan kepada tim melalui SMS atau email tentang nama anak, tempat tanggal lahir anak, nama ayah & bunda, tanggal permintaan untuk pelaksanaan aqiqah, dan alamat Anda untuk pengiriman laporan aqiqah.
  3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga yang sudah direkomendasikan oleh tim Aqiqah Berkah
  4. Konfirmasi pemesanan Anda kepada tim Aqiqah Berkah jika Anda sudah mentransfer dana tersebut.
  5. Aqiqah akan dilaksanakan sesuai tanggal yang sudah Anda tentukan dan sudah diinformasikan kepda tim kami sebelumnya.
  6. Kurang lebih pada hari ketiga pelaksanaan, tim Aqiqah Berkah akan mengirim laporan aqiqah via pos ke alamat yang sudah ditentukan.
  7. Segera konfirmasi ke tim Aqiqah Berkah jika laporan sudah samapi di Shohibul Aqiqah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.