Saling Berbagi Dengan Paket Aqiqah Cibinong Peduli

By August 24, 2019 Artikel No Comments

Assalamu’alaikum, berjumpa dengan website qurban-aqiqah.com. Pada artikel kali ini kami akan dijelaskan mulai dari pengertian aqiqah menurut bahasa, arti penting dari aqiqah, dan apakah aqiqah bisa dicicil.Mari untuk semuanya kita langsung saja simak dan bahas bersama mengenai materi-materi diatas.

Arti Aqiqah Menurut Bahasa

Yang pertama ialah mengenai arti dari Aqiqah yaitu memotong hewan. Dilakukannya aqiqah ialah dengan cara menyembelih atau memotong hewan (bisa kambing atau domba) yang ditujukan untuk aqiqah entah hewan tersebut betina atau jantan.

Bagi setiap orang tua yang baru saja melahirkan bayi perempuan atau laki-laki pasti sangat merasa bahagia sekali.

Nah untuk rasa bersyukur kita karena telah diberi anugerah terindah yaitu kehadiaran bayi baru, maka kita dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah yang sesuai dengan sunnahnya, dengan menyebelih 1 ekor kambing untuk perempuan dan 2 ekor kambing untuk laki-laki.

Waktu pelaksanaan aqiqah yang sesuai sunnah adalah di waktu 7 hari, 14 hari dan 21 hari setelah bayi dilahirkan. dan apabila disalah satu waktu tersebut orang tua belum mengaqiqahi bayinya, maka waktu aqiqah bisa diganti di hari kapan saja sampai orang tua sudah mampu mengaqiqahi anaknya.

Arti Penting Aqiqah

Selanjutnya ialah membahas mengenai arti penting dari aqiqah yaitu sebagai pengungkapan rasa bersyukur semua orang tua kepada Allah SWT karena sudah dilahirkannya bayi perempuan ataupun laki-laki.

Sebagai wujud rasa bersyukur orang tua maka dianjurkan dengan menyembelih hewan kambing atau domba yang ditujukan khusus untuk Aqiqah anak.

Dengan begitu kita juga sama dengan menjalankan sunnah rosul dan rasa cinta kita kepada rosiul. Untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama juga bisa dengan cara Aqiqah. Hukum dari dilaksanakannya aqiqah ialah sunnah mu’akkad.

Dan berikut ialah hikmah melaksanakan aqiqah:

  1. Aqiqah dijadikan sebagai pembebasan anak dari setan yang mengekangnya sehingga kebaikan anak tersebut mendapat keselamatan
  2. Menjalankan sunnah rosul
  3. Sebagai bentuk rasa pendekatan diri kita kepada Allah SWT dan memnyampaikan rasa Syukur orang tua kepada Allah SWT karena karena sudah dilahirkan bayi yang sholeh dan sholekhah
  4. Sebagai ungkapan rasa bahagia untuk melaksanakan syariat islam dalam menyambut lahirnya anak
  5. Dapat mempererat tali persaudaraan antar umat islam.

Dari berbagai hikmah diatas kesimpulnnya ialah aqiqah merupakan sunnah rosul yang harus dilaksanakan bagi setiap bayi yang baru lahir ke dunia dan menjadikan penyampaian rasa syukur atas karunia yang di berikan oleh Allah SWT karena sudah dilahirkannya seorang bayi yang sholeh dan sholekah, Dan jugamenjadi penyempurnaan bagi bayi.

Apakah Aqiqah Bisa Dicicil ?

Aqiqah merupakan nungkapan rasa syukur setiap orang tua kepada Allah SWT atas dikaruniai bayi perempuan atau laki-laki. Dengan ras bersyukurnya maka diajurkan untuk melakukan penyembelihan hewan kambing mapun domba.

Dilakukannya aqiqah ialah dengan cara penyembelihan hewan aqiqah berupa kambing atau domba baik betina ataupun jantan.Ketetuan hewan aqiqah untuk anak perempuan adalah seerkor hewan aqiqah sedangkan untuk laki-laki dua ekor hewan aqiqah.

Jika pada waktu yang ditentukan anda hanya bisa menyembelihkan satu ekor kambing untuk anak laki-laki anda diperbolehkan menyembelih apa yang anda mampu saja saat itu.

Dan untuk aqiqah dilakukan tidak pada hari ketujuh juga diperbolahkanuntuk melakukan kapan saja selama mampu melaksanakannya. Dan jika mampu haruslah menyembelih dua ekor kambing untuk anak laki-laki.

Apakah Boleh Aqiqah Setelah Dewasa ?

Dipembahasan berikutnya ialah mengenai Aqiqah setelah dewasa. Aqiqah yang baik dan menurut sunnah dilaksanakan di hari ke 7, 14, dan 21setelah kelahiran bayi.

Dan Suunah muakad ialah hukum dari dilaksanakannya aqiqah untuk anak. Seperti yang dijelaskan barusan bahwa waktu yang disunnahkan aqiqah ada 3 hari dan harus memilih salah satu, diantara 3 hari tersebut adalah dihari ke 7, 14, dan 21 setelah hari dilahirkan sang bayi.

Dan apabila disalah satu hari yang disunnahkan aqiqah tersebut, orang tua masih belum bisa mengaqiqahi bayinya, maka hari untuk aqiqah bisa digantikan dihari kapan saja sampai orang tua sudah mampu mengaqiqahi anaknya.

Namun jika anak tersebut sudah tumbuh atau beranjak dewasa dan belum juga diaqiqahi, maka masih bisa melakukan aqiqah. Untuk anak yang sudah dewasa ataupun sudah berkeluarga dan belum diaqiqahi oleh kedua orang tuanya, maka bisa mengaqiqahi dirinya sendiri asalkan sudah bisa mencari nafkah sendiri.

Dan kesimpulannya ialah boleh saja aqiqah setelah dewasa, karena waktu untuk aqiqah tidak ada batas habisnya.

Apa Gunanya Aqiqah ?

Berikutnya adalah mengenai pembahasan tentang Apa gunanya dari aqiqah? Nah untuk ayah dan bunda nih khususnya, memang benar aqiqah hukumnya adalah sunnah, namun sunnahnya sangat dianjurkan sekali untuk dilaksanakan.

Dan Kegunaan Aqiqah sang bayi ataupun anak yang sudah besar anatara lain ialah:

  1. Yang pertama Mendapat pahala karena sudah bisa melaksanakan sunnah rosul, dengan itu artinya kita menunjukan bahwa kita mencintai Nabi Muhammad SAW
  2. Selanjutnya ialah mendoakan sang bayi karena saat pelaksanaan aqiqah disertai dengan doa untuk bayi
  3. Berikutnya dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT
  4. Kemudian menghilangkan kotoran dan penyakit dari diri sang bayi
  5. Selanjutnya dapat meningkatkan rasa cinta sesama umat muslim
  6. Dan yang terakhir dapat melepaskan bayi dari kekangan jin yang telah mendampinginya sejak lahir.

Diantara kegunaan aqiqah diatas masih banyak lagi kegunaan lain yang bisa diperoleh dengan melakukan ibadah aqiqah.

Apakah Aqiqah Itu Wajib Bagi Umat Islam ?

Hukum aqiqah merupakan sunnah mu’akkad. Dilakukan aqiqah ialah pada saat hari ke-7, ke-14, dan ke-21 setelah bayi dilahirkan, Dan apabila aqiqah belum mampu dilaksanakan di salah satu hari tersebut mak tidak akan mendapat dosa.

walaupun ulama banyak yang menjelasakan apabila aqiqah dilaksanakan dan bayi tersebut sudah besar maka waktunya untuk aqiqah sudah habis.

Untuk anak yang belum diaqiqah pada hari tersebut, maka hari untuk aqiqah anak bisa digati dihari kapan saja sampai orang tua sudah bisa mengaqiqahi anaknya sendiri.

Dan jika orang tua tidak bisa mengaqiqahkan anaknya dan anaknya sudah bisa mencari nagkah sendiri maka diperbolehkan untuk anak tersebut mengaqiqahi dirinya sendiri.

Mendapat Pahala dengan Berbagi Melalui Aqiqah Berkah Peduli

Berbagi aqiqah melalui Aqiqah berkah yang utama pasti dengan harga yang terjangkau dan mudah. Kambingnya dari kambing yang berkualitas dan dariternak sendiri pastinya sesuai dengan syari’at islam.

Tidak diragukan lagi menyembelihnya pun dilakukan oleh ahlinya dan dimasak oleh koki profesional yang telah dipercaya selama 10 tahun. Tunggu apa lagi, silahkan kunjungi websitenya aqiqahberkah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.