Salurkan Aqiqah Putra Putri Anda Melalui Paket Aqiqah Cipondoh Peduli

By September 12, 2019 Artikel No Comments

Assalamu’alaikum yang ada di daerah Cipondoh dan sekitarnya, selamat datang di artikel kami yaitu di artikel Aqiqah Berkah. Nah apa kabar semua nih yang ada di daerah cipondoh dan sekitarnya.

Kami doakan semoga sehat dan selalu diberi kelancaran rezeki semua. Di artikel ini nanti kami akan membahas mengenai layanan penyaluran aqiqah yang ada di Aqiqah Berkah.

Namun sebelum kepembahasan kami akan memberi pengetahuan tentang aqiqah terlebih dahulu, mari kita simak bersama dibawah ini.

Apa Arti Aqiqah ?

Arti dari aqiqah ialah memotong dan menyembelih. Jika aqiqah diartikan secara panjang yaitu menjadi penyembelihan dan pemotongan hewan aqiqah yang dilaksanakan sesuai dengan hari dan waktu yang disunnahkan aqiqah.

Pemilihan hewan untuk aqiqah sendiri juga harus sesuai dengan ketentuan yang ada di aqiqah, misalnya seperti kambing harus sehat atau tidak mempunyai cacat atau penyakit dibadannya, kemudia hewan juga harus cukup umur.

Ketika kita melaksanakan ibdaha aqiqah maka sama dengan kita telah melaksanakan sunnah rosul. dan kemudian daging tersebut nanti akan dibagikan kepada orang atau mesyarakat yang membutuhkan.

Ibadah aqiqah juga sebagai penebus status kita yang masih tergadai, serta menghilangkan penyakit atau kotoran yang telah dibawa sejak dalam kandungan.

Apakah Aqiqah Ada Batas Umur ?

Aqiqah adalah ibadah yang memiliki hukum Sunnah Mu’akkad, aqiqah dilaksanakan sebagai perwujudan rasa bahagia atau syukur pada Allah SWT karena dengan kelahiran anak.

Apabila aqiqah dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran bayi sesuai anjuran islam ayah dan bunda masih dengan keadaan belum mampu mengaqiqahi putra putrinya maka masih diperbolehkan mengaqiqahi kapanpun selama ayah dan bunda sudah berkemampuan.

Bila orang tua mampu ketika anak tersebut lahir maka diwajibkan untuk melaksanakan pada hari yang sudah ditentukan untuk pelaksanaan aqiqah. Jadi tidak ada batasan umur untuk pelaksanaan ibadah aqiqah. Atau boleh mengaqiqahi diri sendiri jika ketika dewasa belum diaqiqahi.

Apakah Boleh Aqiqah Dengan Kambing Betina ?

Aqiqah ialah sarana untuk menyampaikan wujud rasa bahagia setiap orang tua pada Allah atas kelahiran bayi. Ketentuan jenis kambing untuk aqiqah tidak dipermasalahkan.

Kebanyakan aqiqah menggunakan kambing jantan, karena jenis kambing jantan memiliki lebih banyak daging dibanding dengan jenis betina. Hargapun demikian untuk kambing jenis jantan harganya juga lebih mahal.

Namun meskipun kambing jantan lebih mahal dari kembing betina kita juga akan dapat berbagi kebahagiaan kepada orang banyak dengan membagikan daging aqiqah.

Apakah Aqiqah Wajib Kambing Jantan ?

Ada banyak sekali yang masih bertanya mengenai kewajiban aqiqah menggunakan kambing jantan. Sebenarya didalam ketentuan aqiqah tidak ada yang menjelaskan tentang wajib dan tidaknya aqiqah menggunakan kambing jantan.

Aqiqah bisa menggunakan kambing jantan ataupun kambing betina, jadi tidak ada kewajiban aqiqah harus menggunakan kewajiban. Memang ada orang yang berpendapat bahwa aqiqah harus wajib dengan kambing jantan dan tidak boleh menggunakan kambing betina.

Namun dari pendapat tersebut mungkin ia lebih menggunakan kambing jantan sebab daging dari kambing jantan lebih banyak dari pada daging dari kambing betina.

Dari beberapa ulama juga berpendapat bahwa lebih baik aqiqah dengan kambing jantan dari pada kambing betina sebab akan lebih banyak orang yang dibagi atau akan kebagian daging aqiqah dengan rata dan banyak.

Apakah Aqiqah Itu Ada ?

pertanyaan mengenai apakah aqiqah itu ada ialah, sebenarnya aqiqah itu ada dan aqiqah itu sangat dianjurkan sekali untuk dilaksanakan bagi setiap orang tua yang baru saja melahirkan bayi.

Hukum dari pelaksanaan aqiqah yaitu sunnah muakad atau bisa diartikan sebagai sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Aqiqah juga dapat menyambung dan memperbaiki silaturahmi kepada sesama umat islam.

Dan aqiqah ialah suatu prosesi yang dilakukan dengan penyembelihan hewan aqiqah dan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang disunnahkan aqiqah.

Hewan yang disembelih pada saat aqiqah ialah hewan kambing dan hewan domba saja, untuk jenis kelaminnya pun bisa jantan ataupun bisa betina.

Menu Masak Kambing Aqiqah

Untuk menu masakan kambing pada saat aqiqah ialah sangat bermacam-macam, namun biasanya masakan kambing aqiqah menyesuaikan dengan masakan masing-masing daerahnya.

Jadi akan ada banyak variasi masakan aqiqahan untuk setiap daerahnya, namun yang biasa digunakan untuk acara aqiqah pada umumnya ialah menu sate dan gule, dan biasanya yang ingin acara aqiqahannya terlihat mewah ia menggunakan menu masakan kambing guling.

Jadi untuk anda yang akan melaksanakan aqiqah tidak usah bingung untuk membuat menu masakannya, sebab di acara aqiqah kita bebas untuk memasak kambing dengan jenis masakan apapun.

Dan sebelum dimasak anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa kambing pada saat hidup sehat dan memenuhi syariat islam.

Aqiqah Berkah Peduli, Jasa Penyaluran Aqiqah Yang Sudah Di Percaya Di Banyak Kalangan Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published.